Hide Menu

Samsung A30 dan A50 Bagus Mana, Ya? Kenali 5 Perbedaannya dan Tentukan Mana yang Terbaik!

Sebelum Anda Menentukan Lebih Bagus yang Mana, Sebaiknya Baca 6 Perbedaannya di Artikel Ini

Artikel Samsung A30 dan A50 Bagus Mana ini diposting diperbarui
1 Pembaca
Like
Samsung A30 dan A50 Bagus Mana 2024
© freepik.com

Munculnya Samsung Seri A

Munculnya Samsung Seri A
freepik.com

Pada tahun 2019, Samsung mulai fokus untuk menyederhanakan produk yang dirilis dan dijual di Indonesia. Saat itu, tersebar kabar bahwa Samsung seri J sudah tidak ada lagi di pasaran dan ganti dengan Samsung Galaxy seri A.

Pada tahun tersebut juga Samsung launching dua seri sekaligus, yaitu Galaxy A30 dan Galaxy A50. Kedua smartphone ini hadir dan banyak dipakai oleh generasi milenial yang sering membagikan aktivitasnya di media sosial pun semakin hits saat itu.

Samsung A30 dan A50 memiliki kesamaan pada ukuran layar, kapasitas baterai 4000 mAh, dan design keduanya pun mirip. Selain itu, kedua HP ini memiliki layar dengan teknologi AMOLED yang mana teknologi ini jauh lebih modern daripada IPS LCD.

Namun, dibalik beberapa kesamaan tersebut, Samsung Galaxy A30 dan A50 memiliki perbedaan yang cukup signifikan dan bisa Anda compare. Hal ini yang akhirnya menimbulkan pertanyaan Samsung A30 dan A50 bagus mana?

Untuk mengetahui mana yang lebih bagus, alangkah baiknya Anda mengetahui kelebihan dan kekurangan antara Samsung A30 vs A50. Mulai penasaran dengan perbedaannya? Kalau gitu, baca artikel ini sampai selesai untuk mendapatkan jawabannya. Yuk, simak sekarang!

D. P. Rachmadani
Writer
Content Writer

Seseorang yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Senang mendengar cerita siapa saja, dan suka dengan kucing.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Hapedia. Meski Hapedia terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Hapedia. Silakan baca kebijakan editorial Hapedia untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Samsung A30 dan A50 Bagus Mana - Terbaru 2024

Samsung merupakan salah satu produsen HP terbesar di dunia yang memiliki reputasi yang luar biasa. Brand ini juga menciptakan produk dengan kualitas terbaik, bervariasi, dan membanderol produk smartphone dengan harga terjangkau. Salah satu produk yang masyarakat suka dan puas dengan kualitasnya yaitu Samsung Seri A (Emmanuel Adhiseno W dan Diana Triwardhani, 2024).

Itulah mengapa banyak orang membandingkan seri yang sama. Gak usah berlama-lama lagi, simak setiap poin di bawah baik-baik untuk mengetahui jawaban atas Samsung A30 dan A50 bagus mana. Yuk, baca!

1
Kamera Belakang Smartphone

Memiliki Fitur Kamera yang Sama

Kamera Belakang Smartphone

2
Kamera Depan Handphone

Suka Selfie? Coba Fitur HDR Aja!

Kamera Depan Handphone

3
Chipset Smartphone

Jenis Chip Sama, Hanya Tipenya Aja yang Beda

Chipset Smartphone

4
Fingerprint

Hanya Beda Peletakan Sensornya Saja

Fingerprint

5
Harga dan Spesifikasi

Keduanya Berada di Kelas Menengah

Harga dan Spesifikasi

Anda bisa percaya Hapedia. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Hapedia meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Memiliki Fitur Kamera yang Sama
© freepik.com
1
Memiliki Fitur Kamera yang Sama

Kamera Belakang Smartphone

Rekomendasi kami

Karena keduanya memiliki jumlah kamera yang berbeda, perbedaan pertama Samsung Galaxy A30 dan A50 ada pada kamera belakang smartphone. Samsung A30 memiliki 2 kamera belakang. Kamera belakang pertama memiliki resolusi 16 MP dan kamera ultrawide dengan resolusi 5 MP.

Sedangkan Samsung A50 punya tiga kamera belakang kombinasi. Kamera utama dengan resolusi 25 MP, kamera ultrawide 8 MP, dan kamera terakhir memiliki resolusi dengan sensor 5MP. Kamera ini akan memberikan efek bokeh atau depth of field.

Selain itu, kamera A50 sudah lengkapi dengan fitur slow-motion dan hyperlapse. Tapi, fitur ini tidak akan Anda temui di Samsung A30.

Meskipun kedua tipe HP Samsung ini memiliki jumlah kamera yang berbeda, tapi keduanya sama-sama memiliki fitur LED flash, panorama, dan HDR. Bahkan, Samsung Galaxy A30 dan A50 juga mampu merekam video dengan size resolusi video 1080p dengan 30 fps.

Suka Selfie? Coba Fitur HDR Aja!
© freepik.com
2
Suka Selfie? Coba Fitur HDR Aja!

Kamera Depan Handphone

Selain jumlah kamera belakang yang berbeda, ternyata ada perbedaan lain pada kamera depan Samsung A30 versus Samsung A50. Perbedaannya yaitu kamera depan dari Samsung A30 memiliki resolusi 16 MP. Sedangkan, A50 memiliki resolusi 25 MP.

Di sisi lain, kedua smartphone ini memiliki kesamaan, yaitu keberadaan kamera depan yang disebut dengan Infinity-U Display atau notch. Gak cuma itu kesamaannya, A30 dan A50 juga mampu merekam video dengan kamera depan 1080p dengan 30 fps.

Jika Anda lihat dari spesifikasi Samsung A30 vs A50, justru A50 telah menyediakan resolusi kamera depan jauh lebih baik dan kamera HP ini sudah memiliki fitur HDR, lho. Jadi, buat Anda yang suka selfie atau suka foto-foto objek lain bisa menggunakan Samsung Galaxy A50.

Jenis Chip Sama, Hanya Tipenya Aja yang Beda
© freepik.com
3
Jenis Chip Sama, Hanya Tipenya Aja yang Beda

Chipset Smartphone

Rekomendasi kami

Samsung A30 vs Samsung A50 sama-sama menggunakan chipset Exynos yang mana chip ini dikembangkan oleh Samsung. Walaupun menggunakan chipset yang sama, tapi tipe Exynos yang ditawarkan berbeda seri dan teknologi.

Samsung A50 menggunakan Exynos 9610 Octa dengan fabrikasi 10 nm, sehingga menghasilkan kinerja yang sangat kencang tapi cukup mengirit dayaSelain itu, A50 memiliki prosesor kencang dengan 4 core Cortex-A73 1,8 GHz dan prosesor hemat daya sebanyak 4 core Cortex-A53 dengan kecepatan 1,6GHz. A50 juga punya pengelola grafis yang bagus, yaitu GPU Mali-G72 MP3.

Sedangkan Samsung A30 menggunakan Exynos 7904 Octa dengan fabrikasi 14 nm. Di dalam chipset tersebut ada prosesor octa-core yang sudah dikombinasi dengan dual core Cortex-A73 berkecepatan 1,8 GHz dan prosesor untuk hemat daya Cortex-A53 dengan kecepatan 1,6GHz sebanyak 6 core. Sementara pengelola grafis Samsung A30 yaitu GPU Mali-G71.

Hanya Beda Peletakan Sensornya Saja
© freepik.com
4
Hanya Beda Peletakan Sensornya Saja

Fingerprint

Perbedaan selanjutnya bisa Anda lihat dari posisi fingerprint. Tampak jelas sensor fingerprint Samsung A30 ada pada bagian belakang HP. Sedangkan Samsung A50 tidak memiliki sensor fingerprint pada bagian belakang ponsel. Seperti yang Anda tahu, posisi sensor fingerprint yang ada di belakang ponsel sudah sangat umum sekali, ya ‘kan?

Faktanya, sensor fingerprint A50 terletak pada permukaan layar atau under display fingerprint. Ini menjadi salah satu faktor A50 lebih unggul dan lebih clean daripada A30. Selain itu, Samsung A50 juga memiliki sensor gyro, tidak seperti A30 yang tidak memiliki sensor tersebut.

Keduanya Berada di Kelas Menengah
© freepik.com
5
Keduanya Berada di Kelas Menengah

Harga dan Spesifikasi

Rekomendasi kami

Faktanya, spesifikasi dan harga Samsung A30 dan A50 memiliki hubungan yang rekat. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ada beberapa perbedaan spesifikasi Samsung A30 vs A50 dari ponsel kelas menengah merek Samsung.

Faktanya, Samsung Galaxy tipe A30 memiliki RAM 4 dan memori internalnya 64 GB yang dijual dengan harga Rp 1,9 jutaan. Sedangkan, Galaxy A50 dijual dengan harga Rp 4,8 jutaan yang mana tipe ini memiliki RAM 4 GB dan memori internal 64 GB.

Tidak hanya kapasitas memori saja yang berbeda, tapi Samsung Galaxy A30 dan Samsung Galaxy A50 juga memiliki pilihan warna yang berbeda, lho. Beberapa warna HP Samsung Galaxy A30 yaitu blue, black, dan white. Sedangkan pilihan warna Samsung Galaxy A50 yaitu hitam, putih, biru, dan coral

Tanya Jawab Seputar Samsung A30 dan A50 Bagus Mana

Berikut beberapa pertanyaan yang sering muncul dan sering banyak orang tanyakan seputar Samsung Galaxy A30 dan A50. Silakan baca biar makin paham!

Samsung Galaxy A30 keluaran tahun berapa?

Samsung Galaxy A30 rilis pada 29 Maret 2019 dengan RAM 4 GB dan penyimpanan 64 GB.

Hp Samsung A50 keluar tahun berapa?

Samsung A50 lauching pada tahun 2019 dengan prosesor Exynos 9610 dan operating system Android 9.0.

HP Samsung Galaxy A50 RAMnya berapa?

Samsung Galaxy A50 memiliki kapasitas RAM 4GB dan penyimpanan 64 GB.

A50 merek hp apa?

A50 merupakan salah satu seri yang diluncurkan oleh Samsung dengan memori internal 64 GB.

Kesimpulan: Samsung A30 dan A50 Bagus Mana

Demikianlah pembahasan tentang Samsung A30 dan A50 bagus mana. Tim Hapedia sudah membagikan 5 perbedaan keduanya yang ada pada kamera belakang, kamera depan, chipset smartphone, fingerprint, serta harga dan spesifikasi. Jika butuh perbandingan, Anda juga bisa melihat hasil compare kedua HP tersebut di GSMArena.

Lalu, apalagi yang para Hapedia tunggu? Segera check out produk rekomendasi pilihan Anda dan buktikan perbedaannya. Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat dan selamat berbelanja!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Hapedia adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Hapedia mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo