Hide Menu

Inilah 5 Perbedaan Tempered Glass Asli dan Palsu yang Harus Anda Tahu Sebelum Membelinya!

Harga, Ketebalan, Fitur Anti-shattered, Oleophobic Coating, dan Proses Pemasangan Menjadi Pembeda Tempered Glass Asli dan Palsu

Artikel Perbedaan Tempered Glass Asli dan Palsu ini diposting diperbarui
Pembaca
Like
Perbedaan Tempered Glass Asli dan Palsu 2024
© freepik.com

Tempered Glass Itu Apa?

Tempered Glass Itu Apa?
freepik.com

Seperti yang Anda tahu, layar ponsel memiliki peran yang sangat penting. Dengan begitu, banyak sekali orang-orang yang berbondong-bondong menggunakan aksesoris untuk melindungi layar.

Saat ini, ada banyak sekali jenis pelindung layar yang tersebar di pasaran, salah satunya tempered glass. Hal ini juga yang membuat banyak masyarakat bertanya-tanya apa yang dimaksud tempered glass? Arti tempered glass itu apa?

Tempered glass adalah salah satu pelindung layar yang terbuat dari kaca dengan kualitas terbaik. Pelindung layar kaca ini memiliki beberapa jenis, yaitu tempered glass 3D, 5D, 6D, 9D, 10D, anti spy, blue ray atau anti radiasi, gorilla glass, matte, Nillkin 7D, dan anti glare. Selain itu, anti gores kaca ini ada yang berwarna hitam dan bening.

Karena banyaknya permintaan perlindungan layar membuat beberapa oknum memutuskan untuk membuat tempered glass tiruan atau palsu. Meski tempered glass di pasaran ada yang asli dan palsu, tapi masih banyak yang gak tahu perbedaan tempered glass asli dan palsu.

Bahaya ‘kan kalau gak tau perbedaannya? Sebelum membeli tempered glass, sebaiknya Anda membaca artikel ini terlebih dahulu. Selain itu, artikel ini juga merekomendasikan produk tempered glass beserta gambarnya.Penasaran apa saja perbedaannya? Baca selengkapnya di artikel ini, ya!

D. P. Rachmadani
Writer
Content Writer

Seseorang yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Senang mendengar cerita siapa saja, dan suka dengan kucing.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Hapedia. Meski Hapedia terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Hapedia. Silakan baca kebijakan editorial Hapedia untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Perbedaan Tempered Glass Asli dan Palsu - Terbaru 2024

Menurut hasil penelitian oleh Irvan Abraham Salihi pada tahun 2022, ia menyatakan bahwa penjualan tempered glass atau TG bisa saja naik dan turun. Hal ini disebabkan karena stok tempered glass berkualitas yang kurang banyak.

Karena stok tempered glass yang gak banyak, para peniru membuat tempered glass yang mirip dengan yang asli. Meski terlihat mirip, tempered glass asli dan palsu ini memiliki kualitas yang sangat jauh berbeda. Simak baik-baik perbedaan tempered glass asli dan palsu di bawah ini. Let’s go!

1
Harga

Sesuai dengan Bahan dan Kualitasnya

Harga

2
Ketebalan

Kalau Terlalu Tebal, Responsif Jadi Berkurang

Ketebalan

3
Fitur Anti-Shattered

Bagian yang Sulit Dibuktikan dan Harus Menunggu Sampai Jatuh

Fitur Anti-Shattered

4
Oleophobic Coating

Coba Pakai Cara Ini untuk Membuktikannya

Oleophobic Coating

5
Proses Pemasangan

Pas dan Presisi Itu Jadi Ciri Keasliannya

Proses Pemasangan

Anda bisa percaya Hapedia. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Hapedia meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Sesuai dengan Bahan dan Kualitasnya
© freepik.com
1
Sesuai dengan Bahan dan Kualitasnya

Harga

Rekomendasi kami

Cara pertama untuk membedakan tempered glass yang ori vs fake adalah dari segi harga. Di pasaran, ada banyak sekali jenis tempered glass dengan harga yang berbeda-beda mulai dari yang murah sampai yang mahal. 

Jika Anda mendapatkan harga tempered glass dengan harga murah, maka Anda patut untuk mencurigainya. Sebab, anti gores kaca yang asli pasti dijual dengan harga yang mahal.

Tempered glass mahal itu karena adanya faktor dari bahan dan ketahanannya yang tinggi. Sedangkan tempered glass yang dijual dengan harga murah terbuat dari bahan yang kualitasnya kurang bagus.

Kalau Terlalu Tebal, Responsif Jadi Berkurang
© freepik.com
2
Kalau Terlalu Tebal, Responsif Jadi Berkurang

Ketebalan

Rekomendasi kami

Perbedaan tempered glass asli dan palsu selanjutnya dari tingkat ketebalan. Perlindungan layar HP berbahan kaca yang asli memiliki tingkat ketebalan yang agak tipis, sehingga responsif layar ponsel tetap terjaga.

Selain itu, HP Anda tidak akan terlihat seperti menggunakan pelindung anti gores. Tempered glass yang ada di pasaran memiliki ketebalan sekitar 0,3 mm. Sebab, tempered glass yang terlalu tebal justru salah satu ciri pelindung layar tersebut palsu.

Produk yang terlalu tebal memiliki tingkat responsif yang sangat kurang, sehingga ketika digunakan ponsel seperti lemot atau ngelag. Jadi, ketika Anda membeli tempered glass, lebih baik cek terlebih dahulu sensitivitasnya dengan cara meletakkannya di layar ponsel Anda.

Bagian yang Sulit Dibuktikan dan Harus Menunggu Sampai Jatuh
© freepik.com
3
Bagian yang Sulit Dibuktikan dan Harus Menunggu Sampai Jatuh

Fitur Anti-Shattered

Rekomendasi kami

Tempered glass yang asli dan palsu memiliki perbedaan pada fitur, salah satunya fitur anti-shattered. Perbedaan pada fitur ini menjadi salah satu yang sulit untuk dibuktikan. Anti-shattered berfungsi untuk mencegah lapisan tempered glass supaya ketika terjatuh anti gores kaca ini gak pecah dan akan tetap menempel walaupun retak.

Untuk membuktikan fitur ini, setidaknya Anda harus menunggu sampai handphone terjatuh. Jika anti gores kaca Anda pecah tapi tidak terlepas, itu tandanya asli. Namun, kalau anti goresnya lepas itu tandanya tempered glass yang Anda beli palsu.

Coba Pakai Cara Ini untuk Membuktikannya
© freepik.com
4
Coba Pakai Cara Ini untuk Membuktikannya

Oleophobic Coating

Rekomendasi kami

Produk tempered glass biasanya dilapisi dengan oleophobic coating. Lapisan ini berfungsi untuk melindungi layar ponsel dari debu, bekas sidik jari, dan minyak. Untuk mengetes lapisan oleophobic coating, Anda bisa meneteskan air pada permukaan tempered glass.

Jika tetesan air tersebut masih menggumpal dan tidak menyebar ke sisi lain, tandanya lapisan tersebut masih berfungsi dengan baik. Namun, kalau tetesan airnya menyebar dan tidak menggumpal artinya lapisan tersebut sudah hilang.

Selain itu, oleophobic coating pada tempered glass yang asli akan bertahan lama, tapi tempered glass yang palsu justru kebalikannya tidak dapat bertahan lama.

Pas dan Presisi Itu Jadi Ciri Keasliannya
© freepik.com
5
Pas dan Presisi Itu Jadi Ciri Keasliannya

Proses Pemasangan

Rekomendasi kami

Untuk mengetahui perbedaan antara tempered glass yang asli dan palsu bisa Anda ketahui saat memilih tempered glass sesuai merk dan tipe HP yang Anda miliki. Ketika Anda pasang anti gores kaca tersebut gak pas atau tidak menutup layar HP dengan sempurna atau tidak presisi, itu tandanya tempered glassnya palsu.

Berbeda dengan yang asli, ketika dipasang akan sangat mudah karena bentuknya sudah sama atau presisi. Ini karena anti gores kaca yang asli dibuat oleh yang profesional dan ahli dalam bidangnya.

Tanya Jawab Seputar Perbedaan Tempered Glass Asli dan Palsu

Gimana, menarik ‘kan membahas tentang perbedaan tempered glass asli dan palsu? Supaya pengetahuan Anda seputar tempered glass lebih luas, sebaiknya Hapeholic meluangkan waktu untuk membaca beberapa pertanyaan dan jawaban yang berkaitan dengan tempered glass di bawah ini. Check it out!

Tempered glass yang bagus merk apa?

Berikut ini beberapa merek tempered glass yang bagus beserta rekomendasi produknya:

  1. Uneed Hybrid Pro Anti Break Screen Protector
  2. Spigen AlignMaster Full Cover
  3. Copper Tempered Glass Full Glue Anti Glare
  4. Glass Pro Premium Tempered Glass Full Cover

Apa bedanya tempered glass dan anti gores?

Perbedaan tempered glass dan anti gores terdapat pada ketebalannya. Anti gores terbuat dari plastik dengan ketebalan 0,1mm, sedangkan tempered glass terbuat dari bahan kaca berkualitas dengan ketebalan 0,3mm sampai 0,5mm.

Berapa bulan sekali ganti tempered glass?

Anda bisa mengganti tempered glass setelah pemakaian 2 sampai 3 bulan.

Kesimpulan: Perbedaan Tempered Glass Asli dan Palsu

Demikianlah pembahasan perbedaan tempered glass asli dan palsu. Hapedia harus tahu 5 perbedaannya dari harga, ketebalan, fitur anti-shattered, oleophobic coating, dan proses pemasangan. Mengetahui kelima perbedaan ini akan mempermudah untuk membedakan tempered glass yang asli dan palsu saat sedang membelinya.

Kalau Hapedia sampai salah beli tempered glass akan merugikan Anda juga. Biar gak salah beli, mending Anda beli dengan klik link produk yang sudah tim Hapedia sediakan di atas. Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda dan happy shopping!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Hapedia adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Hapedia mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo