Hide Menu

Emang Beda? Iya Beda, Simak 5 Perbedaan Tempered Glass 9D dan 9H yang Harus Anda Tahu!

Supaya Anda Gak Salah Pasang Tempered Glass, Mending Baca Dulu Perbedaan 9D dan 9H di Sini

Artikel Perbedaan Tempered Glass 9D dan 9H ini diposting diperbarui
Pembaca
Like
Perbedaan Tempered Glass 9D dan 9H 2024
© freepik.com

Apa Itu Tempered Glass 9D dan 9H?

Apa Itu Tempered Glass 9D dan 9H?
freepik.com

Setelah terjawab perbedaan tempered glass 5D, 6D, dan 9D, kini muncul lagi pertanyaan tentang perbedaan tempered glass 9D dan 9H. Sebelum membahas lebih jauh perbedaan antara tempered glass 9D dan 9H, sebaiknya Anda tahu dulu apa itu tempered glass jenis 9D dan 9H. Udah tahu belum? Pasti belum tahu ‘kan?

Tempered glass 9D merupakan salah satu jenis anti gores yang terbuat dari kaca dengan tingkat kekerasan 9H hingga 10H. Selain itu, tempered glass 9D ini sudah dilapisi dengan anti gores yang jauh lebih kuat daripada 9H.

Sedangkan tempered glass 9H merupakan anti gores kaca dengan kekerasan maksimal 9H, yang mengacu pada Mohs Hardness Scale. Biasanya, skala ini dipakai untuk mengukur kekerasan pada benda padat mulai dari 1 sampai 10.

Meski keduanya memiliki tingkat kekerasan yang berbeda, keduanya mampu menangkal debu, kotoran, minyak, dan bekas sidik jari. Kebanyakan tempered glass 9D dan 9H ini digunakan oleh HP iPhone, seperti iPhone XR dan iPhone 11 entah itu dari merk Ringke, Spigen, Nilkin ataupun Rhinoshield.

Di sisi lain, tempered glass itu ada juga yang jenisnya anti spy, ceramic (keramik), anti radiasi (blue light), amfilm, rhinoshield, anti glare, dan matte. Nah, pasti Anda sudah mulai bingung ‘kan dengan banyaknya jenis-jenis tempered glass ini? Biar gak bingung, tim Hapedia akan membahas perbedaan tempered glass 9D vs 9H di artikel ini.

Selain itu, artikel ini gak hanya akan membahas perbedaan kedua jenis tempered glass itu aja. Akan  ada rekomendasi tempered glass 9D dan 9H dengan kualitas terbagus beserta gambarnya. Tunggu apa lagi? Baca artikel ini sampai selesai. Let’s go!

D. P. Rachmadani
Writer
Content Writer

Seseorang yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Senang mendengar cerita siapa saja, dan suka dengan kucing.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Hapedia. Meski Hapedia terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Hapedia. Silakan baca kebijakan editorial Hapedia untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Perbedaan Tempered Glass 9D dan 9H - Terbaru 2024

TG atau tempered glass berfungsi untuk melindungi layar dari benturan dan goresan yang berasal dari benda tajam. Menggunakan tempered glass juga menjadi cara untuk layar ponsel jadi awet. Dengan begitu, jelas peran penting yang dimiliki oleh tempered glass bagi handphone itu sangat penting (Melvin Wijaya, 2020).

Karena ada banyak banget jenis tempered glass, sebaiknya Anda mulai membaca perbedaan tempered glass 9D dan 9H melalui artikel ini agar tidak salah beli. Untuk lebih jelasnya, simak baik-baik setiap poin penting kelebihan dan kekurangan di bawah ini. Yuk, cek!

1
Bahan Tempered Glass

Keduanya Sama-Sama Berkualitas

Bahan Tempered Glass

2
Ketebalan Tempered Glass

Semakin Tebal, Maka Layar Asli HP Akan Lebih Aman

Ketebalan Tempered Glass

3
Ketahanan Tempered Glass

Pilih yang Tahan Bentur dan Gores, Ya!

Ketahanan Tempered Glass

4
Proses Pemasangan

Yang Terpenting Rapi dan Presisi

Proses Pemasangan

5
Harga Tempered Glass

Kualitas Akan Mempengaruhi Harga Jual

Harga Tempered Glass

Anda bisa percaya Hapedia. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Hapedia meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Keduanya Sama-Sama Berkualitas
© freepik.com
1
Keduanya Sama-Sama Berkualitas

Bahan Tempered Glass

Rekomendasi kami

Cara pertama untuk membedakan tempered glass 9D vs 9H yaitu dari bahan. 9D dan 9H sama-sama terbuat dari bahan kaca, hanya saja tempered glass 9H menggunakan kaca dengan kualitas terbaik dan tinggi.

Sedangkan tempered glass 9D terbuat dari bahan kaca dengan kualitas yang standar. Selain itu, 9D menggunakan bahan yang dapat menangkal anti radiasi atau blue light, sehingga dapat menjaga kesehatan mata pengguna.

Semakin Tebal, Maka Layar Asli HP Akan Lebih Aman
© freepik.com
2
Semakin Tebal, Maka Layar Asli HP Akan Lebih Aman

Ketebalan Tempered Glass

Perbedaan selanjutnya antara anti gores kaca 9D dengan 9H ada dari segi ketebalannya. Rata-rata ketebalan tempered glass 9D sekitar 0,33 mm sampai 0,5 mm, sedangkan tempered glass 9H kebalikannya, yaitu lebih tipis sekitar 0,15 mm sampai 0,33 mm.

Semakin tebal ukuran tempered glass, maka akan semakin baik juga perlindungan yang diberikan untuk layar ponsel. Sebab, tempered glass yang tebal gak akan mudah pecah atau rusak meski terbentur atau jatuh.

Pilih yang Tahan Bentur dan Gores, Ya!
© freepik.com
3
Pilih yang Tahan Bentur dan Gores, Ya!

Ketahanan Tempered Glass

Rekomendasi kami

Kemudian, perbedaan antara anti gores kaca 9H dan 9D terletak pada ketahanan. Kelebihan yang dimiliki oleh tempered glass 9D yaitu pada ketahanannya. 9D memiliki ketahanan yang sangat bagus terhadap benturan dan goresan dari benda-benda tajam jika dibandingkan 9H.

Jadi, misalnya Anda pasang tempered glass 9D pada ponsel, Hapeholic sudah tidak perlu khawatir lagi atas keamanannya meski tergores benda tajam ataupun jatuh.

Yang Terpenting Rapi dan Presisi
© freepik.com
4
Yang Terpenting Rapi dan Presisi

Proses Pemasangan

Anda juga bisa membedakannya dari cara pemasangan produk tempered glass pada handphone. Sebab, tempered glass jenis 9D harus dipasangkan oleh ahlinya, artinya dipasangkan oleh seseorang yang sudah sering memasangkan tempered glass dengan jenis 9D.

Tempered glass 9D ini sangat tebal dan gak akan mudah untuk memasangnya. Berbeda jauh dengan tempered glass 9H yang benar-benar gampang untuk memasangnya dengan cara manual. Tapi, tetap perhatikan kerapian dan presisinya, ya!

Kualitas Akan Mempengaruhi Harga Jual
© freepik.com
5
Kualitas Akan Mempengaruhi Harga Jual

Harga Tempered Glass

Rekomendasi kami

Terakhir, Anda bisa membedakannya dari harga tempered glass 9D dengan 9H. Memang benar harga tempered glass 9D lebih mahal daripada tempered glass jenis 9H. Kendati demikian, harga yang ditawarkan sudah disesuaikan dengan kualitas dan ketahanan tempered glass.

Tanya Jawab Seputar Perbedaan Tempered Glass 9D dan 9H

Menarik ‘kan pembahasan artikel tentang perbedaan tempered glass 9D dan 9H ini? Untuk menambah informasi tentang tempered glass, sebaiknya Hapeholic luangkan waktu untuk membaca pertanyaan dan jawaban di bawah. Yuk, baca!

Apa arti 9H pada tempered glass?

Arti 9H pada tempered glass adalah screen protector yang dibuat secara khusus dengan tingkat kekerasan bahan hingga 9/10 untuk handphone, tablet, dan produk elektronik lainnya yang butuh perlindungan layar.

Tempered glass 5D itu apa?

Tempered glass 5D adalah aksesoris ponsel yang berfungsi untuk melindungi layar dengan ketebalan sekitar 0,33 mm-0,40 mm. Tujuannya agar layar ponsel tidak pecah atau rusak ketika terbentur atau tergores benda tajam.

Anti gores yang bagus apa?

Berikut ini beberapa merk produk anti gores dengan kualitas yang terbaik, yaitu:

  1. Hippo Tempered Glass
  2. Zagg InvisibleSHIELD
  3. Nillkin Tempered Glass
  4. Loca Tempered Glass
  5. Optimuz Tempered Glass
  6. Mocolo Tempered Glass
  7. Baseus Tempered Glass
  8. Spigen Tempered Glass
  9. Maxfeel Tempered Glass
  10. Otterbox Tempered Glass

Bagusan tempered glass apa anti gores?

Sebagian orang lebih memilih menggunakan tempered glass karena mampu menahan goresan dan minyak daripada anti gores yang terbuat dari plastik dan tidak tahan akan goresan benda tajam.

Kesimpulan: Perbedaan Tempered Glass 9D dan 9H

Demikianlah pembahasan tentang perbedaan tempered glass 9D dan 9H. Tim Hapedia membagikan 5 cara untuk membedakannya, dari bahan tempered glass, ketebalan tempered glass, ketahanan tempered glass, proses pemasangan, dan harga tempered glass.

Perbedaan ini berlaku untuk semua nama-nama brand yang mengeluarkan tempered glass jenis 9D dan 9H. Karena Hapeholic sudah tahu perbedaannya, kini Anda bisa menentukan lebih aman menggunakan tempered glass yang mana untuk melindungi layar handphone.

Selain itu, Anda juga bisa langsung beli tempered glass dengan sekali klik link yang sudah tim Hapedia sediakan di atas. Pilih tempered glass yang sesuai dengan tipe HP Anda dan pastikan tidak salah, ya. Akhir kata, semoga  pembahasan kali ini bermanfaat dan happy shopping!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Hapedia adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Hapedia mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo