Hide Menu

Jangan Sampai Keliru, Inilah 6 Perbedaan Earphone dan AirPods yang Mudah Anda Ingat!

Bentuk, Warna, Merk, Fitur, Daya Tahan, dan Harga Menjadi Pembeda antara Earphone dan AirPods. Baca Selengkapnya di Sini!

Artikel Perbedaan Earphone dan AirPods ini diposting diperbarui
1 Pembaca
Like
Perbedaan Earphone dan AirPods 2024
© freepik.com

Pengertian AirPods dan Earphone

Pengertian AirPods dan Earphone
freepik.com

Saat ini, di Indonesia perbedaan earphone dan AirPods sedang marak-maraknya menjadi perbincangan banyak orang, lho. Earphone merupakan perangkat audio yang didesain dengan ukuran lebih kecil daripada headset atau headphone.

Tujuannya agar perangkat audio tersebut lebih mudah dimasukkan ke telinga. Selain itu, earphone memiliki dua speaker mini yang diberi nama driver. Speaker tersebut merupakan fitur yang dapat menghasilkan suara stereo.

AirPods juga merupakan perangkat audio yang dipasang pada telinga dengan efek audio yang lebih tajam. Perangkat audio ini diluncurkan oleh Apple pada tahun 2016 dengan menerapkan konsep true wireless.

Sebenarnya fungsi kedua perangkat ini sama, yaitu mendengarkan musik dan menerima panggilan telepon. Earphone dan AirPods nggak hanya bisa disambungkan ke HP saja, tapi komputer dan laptop pun bisaIni juga berlaku untuk perangkat audio lain seperti handsfree, headset, dan headphone.

Meski memiliki fungsi yang sama, tapi earphone dan AirPods ini juga memiliki difference yang terbilang cukup jauh, lho. Sudah tahu apa aja perbedaannya? Baca artikel ini sampai selesai untuk dapatkan jawabannya beserta rekomendasikan produk terbaik sekaligus gambarnya. Yuk, simak!

D. P. Rachmadani
Writer
Content Writer

Seseorang yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Senang mendengar cerita siapa saja, dan suka dengan kucing.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Hapedia. Meski Hapedia terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Hapedia. Silakan baca kebijakan editorial Hapedia untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

6 Perbedaan Earphone dan AirPods - Terbaru 2024

Seperti yang sudah tim Hapedia jelaskan bahwa fungsi perangkat audio seperti headset, headphone, handsfree, earphone, TWS, dan AirPods adalah untuk mendengarkan musik dan menerima panggilan telepon. Gak cuma itu, semua model perangkat audio tersebut juga dapat Anda pairing ke komputer dan HP sebagai alat komunikasi (Christian V.G. Rumampuk et al, 2018).

Walaupun punya fungsi yang sama, tapi perbedaan antara earphone dan AirPods sangat kentara. Untuk itu, sebaiknya Hapeholic simak baik-baik setiap poin di bawah dan pastikan tidak ada yang terlewat untuk mengetahui perbedaanya. Let’s go!

1
Bentuk

Beberapa Bagian Bedanya Cukup Terlihat, Lho!

Bentuk

2
Warna

Lebih Menarik yang Banyak Warnanya Gak Sih?

Warna

3
Merk

Setiap Merek Meluncurkan Produk Berkualitas

Merk

4
Fitur

Aktivitas Lebih Leluasa dengan atau Tanpa Konektivitas Kabel?

Fitur

5
Daya Tahan

Kalau Mau Pemakaian Lebih Lama, Pake Earphone Aja!

Daya Tahan

6
Harga

Lebih Baik Sesuaikan Budget

Harga

Anda bisa percaya Hapedia. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Hapedia meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Beberapa Bagian Bedanya Cukup Terlihat, Lho!
© freepik.com
1
Beberapa Bagian Bedanya Cukup Terlihat, Lho!

Bentuk

Rekomendasi kami

Seperti kebanyakan orang tahu, bahwa AirPods dan earphone memiliki perbedaan yang cukup signifikan pada bagian ini. Simak perbedaan AirPods dan earphone melalui tabel di bawah ini:

 AirPodsEarphone
BentukWirelessWired
CasingAda casingTidak ada tempat casing
Buds

AirPods generasi ke-2 dan ke-3 tanpa silikon

AirPods Pro generasi ke-2 dengan silikon

Sebagian ada yang menggunakan silikon, sebagian tidak

Meski ada beberapa perbedaan antara kedua perangkat audio ini, tapi AirPods dan earphone memiliki design yang sama-sama in-ear. Artinya, Anda harus memasukkannya ke dalam telinga untuk mendengar suara yang muncul. Selain itu, earphone memiliki bentuk yang sama seperti EarPods yang diluncurkan oleh Apple pada tahun 2012 lalu.

Lebih Menarik yang Banyak Warnanya Gak Sih?
© freepik.com
2
Lebih Menarik yang Banyak Warnanya Gak Sih?

Warna

Rekomendasi kami

Perbedaan selanjutnya antara AirPods vs earphone terletak pada warna. Perusahaan Apple sudah mengeluarkan AirPods sampai generasi ke-3 dan semuanya memiliki warna yang sama, yaitu putih.

Sementara itu, ada banyak brand-brand ternama yang meluncurkan earphone dengan warna-warna yang lebih beragam dan menarik. Contohnya, QKZ AK 6 meluncurkan earphone dengan 8 pilihan warna dari hitam, transparan, merah, kuning, hijau, biru merah, dan colorful.

Setiap Merek Meluncurkan Produk Berkualitas
© freepik.com
3
Setiap Merek Meluncurkan Produk Berkualitas

Merk

Rekomendasi kami

Siapa sih yang gak kenal dengan AirPods? Perangkat audio ini berasal dari salah satu perusahaan smartphone terbesar, yaitu Apple. Perusahaan ini membuat AirPods khusus hanya untuk HP iPhone. Jadi, perangkat audio ini tidak akan bisa pairing ke handphone lain selain iPhone.

Seperti yang sudah tim Hapedia jelaskan sebelumnya, ada banyak sekali brand-brand smartphone yang meluncurkan perangkat audio dengan kualitas terbaik. Beberapa brand tersebut yaitu Sony, Xiaomi, Samsung, Oppo, Anker, dan Robot.

Aktivitas Lebih Leluasa dengan atau Tanpa Konektivitas Kabel?
© freepik.com
4
Aktivitas Lebih Leluasa dengan atau Tanpa Konektivitas Kabel?

Fitur

Rekomendasi kami

Perbedaan yang sangat terlihat selanjutnya yaitu pada fitur konektivitas. AirPods bisa tersambung dengan iPhone hanya dengan menyalakan fitur Bluetooth yang ada pada AirPods dan smartphone. Selain itu, fitur Bluetooth ini akan memudahkan para penggunanya untuk melakukan aktivitas karena tanpa kabel dan perangkatnya pun mudah tersambung.

Namun, tidak dengan earphone yang mana tipe konektivitasnya harus menggunakan kabel. Jadi, jika Anda ingin menggunakan perangkat audio yang satu ini, Anda harus mencolokkan kabel jack earphone ke handphone. Justru, konektivitas menggunakan kabel ini akan sangat mengganggu aktivitas pengguna, apalagi kalau mobilitas pengguna cukup tinggi.

Kalau Mau Pemakaian Lebih Lama, Pake Earphone Aja!
© freepik.com
5
Kalau Mau Pemakaian Lebih Lama, Pake Earphone Aja!

Daya Tahan

Rekomendasi kami

AirPods hadir dengan case yang berfungsi untuk pengisian daya, tidak seperti earphone yang gak bisa dicas. Sebab, earphone ini menggunakan mode play and plug. Jadi, para pengguna akan lebih mudah untuk mencolokkannya ke ponsel kapan saja sesuai keinginan Anda. Selain itu, keuntungan lain dari earphone adalah Anda gak perlu khawatir kehabisan baterai saat perangkat audio sedang digunakan.

Kalau AirPods kebalikan dari earphone. Perangkat AirPods ini menggunakan baterai yang bisa digunakan sekitar 5 jam selama penggunaan. Hal ini berarti jika baterai AirPods melemah, maka Anda harus charge dengan case sampai penuh hingga bisa digunakan kembali.

Lebih Baik Sesuaikan Budget
© freepik.com
6
Lebih Baik Sesuaikan Budget

Harga

Rekomendasi kami

Cara membedakan AirPods vs earphone yang terakhir adalah dari segi harganya. Biasanya, earphone dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau. Anda bisa memiliki perangkat audio ini dari harga puluhan ribu sampai ratusan ribu saja. 

Sedangkan harga AirPods mulai dari Rp 2,5 jutaan sampai Rp 3,5 jutaan. Gak hanya itu, jika terjadi kerusakan pada AirPods, maka Anda harus memperbaikinya. Biaya servisnya juga gak murah karena setiap komponennya terjual terpisah.

Tanya Jawab Seputar Perbedaan Earphone dan AirPods

Cukup menarik ‘kan mengetahui tentang perbedaan earphone dan AirPods? Oleh karena itu, untuk menambah wawasan Hapeholic tentang perbedaan kedua perangkat audio ini, luangkan sedikit waktu untuk membaca pertanyaan dan jawaban yang sudah tim Hapedia rangkum di bawah. Check it out!

Apa perbedaan AirPods dan earphone?

Perbedaan antara AirPods vs earphone yaitu AirPods bisa dicas menggunakan case, sedangkan earphone tidak bisa karena tidak memiliki case. Selain itu, earphone menggunakan mode plug and play. Sehingga, para pengguna tinggal colok atau lepas kapan saja sesuai keinginan Anda.

AirPods itu untuk apa?

AirPods memiliki fungsi untuk mendengarkan musik, mendengarkan dan merespon pesan, dan melakukan dan menjawab panggilan telepon.

Apakah iPhone bisa pake earphone?

HP iPhone, iPad, dan iPod bisa menggunakan jenis earphone dengan ukuran plug 3,5 mm.

Kesimpulan: Perbedaan Earphone dan AirPods

Itu dia pembahasan tentang perbedaan earphone dan AirPods. Tim Hapedia membagikan 6 cara untuk membedakannya, mulai dari bentuk, warna, merk, fitur, daya tahan, dan terakhir harga. Nah, kini saatnya Anda memilih mau pakai earphone atau AirPods. Manapun itu, pastikan sesuai dengan aktivitas dan budget Anda.

Hapeholic bisa membeli earphone atau AirPods dengan klik link yang sudah tim Hapedia sediakan di atas. Eits, jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini ke semua bestie-bestie Anda biar gak keliru lagi antara earphone dan AirPods. Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Hapedia adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Hapedia mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo