Hide Menu

Apa yang Bikin Power Bank Overheat? Inilah 4 Penyebab Powerbank Panas yang Harus Anda Tahu

Faktor Lingkungan, Pengisian Daya yang Berlebih, Kualitas Power Bank, dan Penggunaan yang Berlebih Jadi Penyebabnya

Artikel Penyebab Powerbank Panas ini diposting diperbarui
Pembaca
Like
Penyebab Powerbank Panas 2024
© freepik.com

Komponen Penting Power Bank

Komponen Penting Power Bank
freepik.com

Seperti yang sudah tim Hapedia bahas pada artikel ciri-ciri power bank rusak, salah satunya adalah power bank yang panas. Tahukah Anda apa penyebab powerbank panas? Namun, sebelum membahas penyebab dari naiknya suhu power bank, alangkah baiknya Anda mengetahui komponen-komponen dari power bank dulu.

Salah satu komponen penting dalam power bank adalah baterai. Supaya power bank lebih aman digunakan, power bank dilengkapi dengan keamanan tambahan dan komponen lain yang canggih, seperti sensor arus dan juga suhu.

Biasanya, para produsen power bank menggunakan baterai dengan jenis lithium-ion atau lithium-polymer.Kedua jenis baterai ini terbuat dari dua jenis bahan, yaitu cathode dan anode. Bahan-bahan ini dipisahkan oleh cairan yang dapat mengalirkan listrik.

Sayangnya, komponen partikel pada baterai lithium ini sangat rentan, terutama pada suhu panas. Jika bagian anode atau cathode terkena suhu panas yang berlebih justru akan menimbulkan reaksi lebih yang akan membuat komponen-komponen power bank menjadi lebih panas.

Akan tetapi, masih banyak para produsen power bank yang tidak memberikan alat untuk mencegah power bank overheat. Dengan alasan bahwa alat tersebut akan menambah harga jual power bank jadi lebih mahal.

Anda semakin penasaran dengan penyebab suhu power bank yang meningkat? Daripada Hapeholic menebak saja, lebih baik Anda baca artikel ini sampai selesai. Dengan begitu, Anda akan menemukan jawaban dari penyebab suhu power bank meningkat. Gak usah lama-lama, yuk, baca!

D. P. Rachmadani
Writer
Content Writer

Seseorang yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Senang mendengar cerita siapa saja, dan suka dengan kucing.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Hapedia. Meski Hapedia terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Hapedia. Silakan baca kebijakan editorial Hapedia untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

4 Penyebab Powerbank Panas - Terbaru 2024

Menurut hasil penelitian oleh Andi Hardianto pada tahun 2014, ia menyatakan bahwa komponen elektronika di dalam power bank salah satunya adalah baterai. Selain itu, Andi juga menyatakan untuk menghindari pengisian daya yang berlebih dan suhu lingkungan yang terlalu panas karena bisa membuat power bank jadi panas.

Supaya semakin jelas, lebih baik Hapeholic simak baik-baik setiap poin di bawah ini. Pastikan Anda tidak melewatkan satu poin pun, ya. Check it out!

1
Faktor Lingkungan

Hindari Tempat Cas yang Panas

Faktor Lingkungan

2
Pengisian Daya yang Berlebih

Kalau Baterai HP Sudah Penuh, Segera Lepas Kabel Casannya

Pengisian Daya yang Berlebih

3
Kualitas Power Bank

Coba Cek Lebih Teliti, Pastikan Kualitasnya Terbaik

Kualitas Power Bank

4
Penggunaan yang Berlebih

Kalau Begini Smartphone Juga Bisa Rusak

Penggunaan yang Berlebih

Anda bisa percaya Hapedia. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Hapedia meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Hindari Tempat Cas yang Panas
© freepik.com
1
Hindari Tempat Cas yang Panas

Faktor Lingkungan

Rekomendasi kami

Suatu hal yang menyebabkan powerbank jadi panas itu karena adanya faktor dari lingkungan. Sama halnya seperti larangan untuk ngecas HP di tempat yang panas karena perlakuan ini bisa bikin HP jadi overheat.

Begitu juga dengan power bank. Tim Hapedia sarankan untuk tidak melakukan pengisian daya power bank di tempat yang panas atau terkena sinar matahari langsung. Sebab, power bank bisa mengalami overheating.

Di sisi lain, jika power bank dalam kondisi panas Anda gunakan untuk ngecas HP, maka suhu panas tersebut secara perlahan tertransfer ke handphone Anda.

Kalau Baterai HP Sudah Penuh, Segera Lepas Kabel Casannya
© freepik.com
2
Kalau Baterai HP Sudah Penuh, Segera Lepas Kabel Casannya

Pengisian Daya yang Berlebih

Rekomendasi kami

Selanjutnya, penyebab power bank panas itu karena proses pengisian daya yang lebih lama atau berlebihan. Pengisian daya yang secara berlebihan merupakan penyebab yang bisa berubah jadi salah satu ciri-ciri power bank rusak.

Normalnya, untuk charge power bank dengan kapasitas 10000mAh yaitu sekitar 3 sampai 5 jam. Tapi, masih banyak saja orang-orang yang cas power bank sampai semalaman, bahkan kadang powerbank panas saat dicas.

Selain itu, proses charging power bank yang berlebih dapat menimbulkan masalah baru pada baterai power bank jadi kembung atau melembung, bahkan meledak. Duh, bahaya dan mengerikan ‘kan kalau sampai meledak?

Untuk mengatasi masalah pengisian daya yang berlebih, pastikan power bank yang digunakan tidak berlebihan. Maksudnya adalah ketika Anda merasa baterai ponsel yang dicas sudah penuh, segera lepaskan kabel charger agar tidak menimbulkan penggunaan yang berlebih.

Coba Cek Lebih Teliti, Pastikan Kualitasnya Terbaik
© freepik.com
3
Coba Cek Lebih Teliti, Pastikan Kualitasnya Terbaik

Kualitas Power Bank

Rekomendasi kami

Ketika powerbank yang Anda gunakan kualitasnya kurang bagus, maka secara perlahan power bank tersebut akan meningkatkan suhunya selama penggunaan. Hal ini terjadi karena komponen yang ada dalam power bank tidak mendukung fungsi dari power bank itu sendiri.

Nah, solusi untuk masalah ini sebaiknya Anda lebih teliti dan jeli dalam memperhatikan kualitas power bank saat membelinya. Dengan memperhatikan kualitas power bank ini juga menjadi salah satu tanda power bank awet selama penggunaan.

Kalau Begini Smartphone Juga Bisa Rusak
© freepik.com
4
Kalau Begini Smartphone Juga Bisa Rusak

Penggunaan yang Berlebih

Rekomendasi kami

Ternyata, penggunaan power bank secara berlebihan juga bisa menjadi penyebab power bank panaslho. Hal seperti ini terjadi karena Anda mengecas HP dalam waktu cukup lama yang bisa diartikan bahwa baterai ponsel sudah penuh tapi masih tetap Anda cas HPnya.

Jika hal semacam ini sering terjadi, bukan hanya power bank yang panas dan rusak, tapi smartphone Anda juga ikut rusak. Parahnya lagi, salah satu kerusakan yang terjadi pada ponsel yang dicas ini akan membuat batre ponsel gelembung.

Tanya Jawab Seputar Penyebab Powerbank Panas

Setelah memahami penyebab powerbank panas, Anda pasti sekarang tahu alasan di balik kejadian ini. Berhati-hatilah karena jika tidak bisa menjaga barang, power bank akan rusak. Kini, mari pelajari beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan seputar power bank. Baca daftarnya di bawah ini!

Kenapa tidak boleh ngecas pakai power bank?

Sebenarnya boleh saja ngecas HP pakai power bank, tapi kalau bisa hindari penggunaan power bank secara berlebih. Sebab, jika Anda ngecas pakai power bank terlalu sering, justru akan menimbulkan kerusakan lebih mudah. Ciri-ciri kerusakannya seperti baterai lebih cepat habis dan HP juga panas.

Apakah aman ngecas power bank semalaman?

Sangat tidak aman dan tidak dianjurkan juga. Jika Anda mengisi daya power bank dalam waktu semalaman akan merusak baterai power bank yang mana akan membuatnya tidak bertahan lama.

Powerbank menggembung apakah aman?

Sangat tidak aman, power bank yang melembung bisa memiliki resiko yang berbahaya seperti meledak ataupun terbakar. Hal semacam ini gak hanya membahayakan power bank dan smartphone saja, tapi juga membahayakan para pengguna.

Kenapa powerbank bau gosong?

Bau gosong yang dikeluarkan oleh power bank itu disebabkan karena arus pendek. Ini karena kabel power bank tidak bisa menahan panas yang dihasilkan oleh arus listrik.

Kesimpulan: Penyebab Powerbank Panas

Demikianlah pembahasan tim Hapedia seputar penyebab powerbank panas. Ada 4 penyebab yang membuatnya panas, yaitu faktor lingkungan, pengisian daya yang berlebih, kualitas power bank, dan terakhir penggunaan yang berlebih. Power bank yang panas juga merupakan salah satu ciri dari kerusakan pada perangkat daya, sama seperti lampu power bank tidak menyala.

Di artikel ini, tim Hapedia gak hanya menyuguhkan penjelasan dari power bank yang overheat saja, tapi juga menyediakan beberapa produk rekomendasi power bank yang bisa dipakai oleh semua merk smartphone seperti Samsung, iPhone, dan Xiaomi. Terus, apa lagi yang Hapeholic tunggu? Pilih produk, klik link, dan lanjut dengan proses check out. Jangan sampai kehabisan, dan semoga bermanfaat!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Hapedia adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Hapedia mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo