Hide Menu

Simak Dulu Pengertian Headset dan Fungsinya di Artikel Ini Sebelum Membeli, Total Ada 6!

Artikel Ini Gak Hanya Membahas Pengertian tapi Juga 5 Fungsi Headset, Baca sampai Habis agar Tahu!

Artikel Pengertian Headset dan Fungsinya ini diposting diperbarui
2 Pembaca
Like
Pengertian Headset dan Fungsinya 2024
© freepik.com

Pengertian Headset dan Penemunya

Pengertian Headset dan Penemunya
freepik.com

Di zaman modern ini, tidak hanya HP saja yang berkembang dengan pesat, tapi juga perangkat audio dengar ikut berkembang dan maju. Jenis-jenis perangkat audio yaitu earphone, headphone, earbuds, true wireless stereo (TWS), backphone, earpiece, handsfree, dan headset.

Semua tipe audio tersebut memiliki perbedaan, ada yang menggunakan kabel dan ada yang tidak pakai kabel. Kebanyakan masyarakat Indonesia salah dalam pengejaan merek seperti AirPods menjadi AirPone atau contoh lainnya tulisan headset menjadi handset. Perhatikan ejaan yang benar, ya!

Namun, Anda tahu gak sih arti headset? Headset merupakan perangkat audio yang terdiri dari sepasang speaker yang menempel pada penjepit telinga atau pada bando. Biasanya, model perangkat audio ini sudah dilengkapi dengan mikrofon yang bisa dilepas.

Pada tahun 1910, seorang insinyur Amerika bernama Nathaniel Baldwin menjadi orang pertama yang menemukan headset. Awalnya, Nathaniel Baldwin menggunakan headset hanya untuk memperkuat suara di rumahnya.

Seiring berjalannya waktu, headset semakin berkembang dan sudah bertransformasi. Hingga kini, banyak headset yang bermunculan dengan model yang lebih menarik. Headset identik dengan bentuknya yang bulat di kepala dan dua speaker yang menutupi telinga pengguna. Perangkat audio ini dibuat sedemikian rupa agar bisa menghasilkan suara yang jernih dan terdengar cukup maksimal.

Lalu, fungsi headset itu apa aja? Kalau bingung, mending Anda baca artikel yang membahas tentang pengertian headset dan fungsinya ini. Sebab, tim Hapedia akan menjelaskan fungsi dari headset sembari merekomendasikan produk dan gambarnya, lho. Tunggu apa lagi? Mulailah membaca!

D. P. Rachmadani
Writer
Content Writer

Seseorang yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Senang mendengar cerita siapa saja, dan suka dengan kucing.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Hapedia. Meski Hapedia terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Hapedia. Silakan baca kebijakan editorial Hapedia untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Pengertian Headset dan Fungsinya - Terbaru 2024

Hasil penelitian Diyah Ayu Purnaningtyas et al pada tahun 2020 menyatakan bahwa headset merupakan perangkat kecil yang digunakan di telinga dan bisa menambahkan volume jika terhubung dengan CD player, handphone, dan lain-lain.

Perangkat audio ini sering digunakan banyak orang dengan intensitas yang berbeda-beda setiap orang. Sekarang, mari masuk ke inti pembahasan tentang pengertian headset dan fungsinya. Simak baik-baik fungsi headset di bawah ini. Let’s scroll down!

1
Untuk Komunikasi

Biar Proses Komunikasinya Berjalan Lancar

Untuk Komunikasi

2
Untuk Mendengarkan Musik

Supaya Suara Musik Gak Ganggu Orang Lain

Untuk Mendengarkan Musik

3
Nonton Film

Lebih Dapet Feelnya 'Kan?

Nonton Film

4
Ikut Rapat dan Kelas Online

Bisa Jauh Lebih Fokus dengan Pelajaran dan Pekerjaan Secara Daring

Ikut Rapat dan Kelas Online

5
Untuk Menjaga Kesehatan

Mencegah Sakit Kepala dan Penyakit Kanker

Untuk Menjaga Kesehatan

Anda bisa percaya Hapedia. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Hapedia meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Biar Proses Komunikasinya Berjalan Lancar
© freepik.com
1
Biar Proses Komunikasinya Berjalan Lancar

Untuk Komunikasi

Rekomendasi kami

Fungsi pertama dari headset adalah sebagai alat bantu komunikasi yang disalurkan melalui mikrofon. Sudah banyak orang yang menggunakan headset untuk keperluan pribadi atau bisnis. Headset yang digunakan untuk keperluan pribadi seperti untuk berkomunikasi melalui phone atau video call

Sedangkan dalam dunia bisnis, headset lebih sering dipakai oleh bagian call center. Dalam dunia bisnis, fungsi headset pada komputer yaitu supaya proses komunikasi dapat berlangsung dengan baik dan lancar saat menelepon konsumen.

Supaya Suara Musik Gak Ganggu Orang Lain
© freepik.com
2
Supaya Suara Musik Gak Ganggu Orang Lain

Untuk Mendengarkan Musik

Rekomendasi kami

Kegunaan headset selanjutnya ialah untuk mendengarkan musik. Banyak para pekerja yang menggunakan headset supaya kerja yang berat terasa lebih mudah, menyenangkan, dan lebih relax. Kegiatan yang cocok mendengarkan musik dengan headset itu seperti mencuci, memasak, mengerjakan PR, dan cocok juga untuk para pekerja kantoran.

Selain itu, ada juga orang yang senang melakukan aktivitas di luar ruangan dan ingin mendengarkan musik. Nah, ini cocok banget pakai headset, ya ‘kan? Lagian gak mungkin Anda memutar musik dari ponsel dengan volume full tanpa menggunakan headset.

Kalau seperti itu suara yang besar malah mengganggu orang-orang yang ada di sekitar. Oleh sebab itu, headset juga berguna untuk mendengarkan musik di tempat umum tanpa khawatir mengganggu orang lain.

Lebih Dapet Feelnya 'Kan?
© freepik.com
3
Lebih Dapet Feelnya 'Kan?

Nonton Film

Rekomendasi kami

Siapa yang suka banget nonton drakor, dracin, series Inggris atau menonton film genre apa pun? Seperti yang Anda tahu bahwa suara merupakan komponen penting dalam sebuah film. Nonton drama atau film akan lebih seru dan mendapatkan feel jika suara yang dikeluarkan berkualitas dan jernih.

Biasanya, menonton film itu membutuhkan suasana yang mendukung dan harus fokus. Coba Anda bandingkan, suara biasa vs headset, sudah pasti lebih nyaman menggunakan headset. Oleh karena itu, supaya nonton filmnya fokus, Anda bisa menggunakan headset. Dengan menggunakan headset juga tidak akan ada suara lain yang bercampur masuk ke dalam telinga Anda.

Bisa Jauh Lebih Fokus dengan Pelajaran dan Pekerjaan Secara Daring
© freepik.com
4
Bisa Jauh Lebih Fokus dengan Pelajaran dan Pekerjaan Secara Daring

Ikut Rapat dan Kelas Online

Rekomendasi kami

Fungsi lain dari headset ialah sebagai alat bantu dengar untuk mengikuti meeting dan kelas online. Pada zaman virus Covid-19, semua aktivitas belajar, mengajar, dan pekerjaan dihentikan. Maksudnya bukan dihentikan secara permanen, ya.

Hanya saja sistemnya berubah menjadi online dan dikerjakan di rumah melalui aplikasi seperti Google Meet atau Zoom. Agar proses belajar, mengajar, dan pekerjaan lainnya bisa berjalan dari rumah secara lancar, maka Anda membutuhkan headset. Alat ini akan membantu Anda berkomunikasi dan tetap fokus pada apa yang dikerjaan secara daring.

Mencegah Sakit Kepala dan Penyakit Kanker
© freepik.com
5
Mencegah Sakit Kepala dan Penyakit Kanker

Untuk Menjaga Kesehatan

Rekomendasi kami

Fungsi headset selain untuk alat komunikasi, mendengarkan musik, meeting, dan nonton film adalah untuk menjaga kesehatan telinga. Jika Anda sedang melakukan telepon menggunakan ponsel terlalu lama sampai telinga panas, justru akan bikin kepala jadi sakit atau pusing.

Gak hanya itu, tapi juga memberikan radiasi yang bisa memicu pertumbuhan kanker pada otak. Dengan menggunakan headset Bluetooth, setidaknya Hapeholic dapat mengurangi resiko tersebut.

Tanya Jawab Seputar Pengertian Headset dan Fungsinya

Nah, Anda sudah membaca section pengertian headset dan fungsinya. Untuk menambah pengetahuan Anda seputar perangkat audio ini, tim Hapedia sudah menyiapkan beberapa pertanyaan yang sering muncul di masyarakat. Yuk, baca daftarnya di bawah!

Apa yang dimaksud dengan headset?

Seperti yang sudah tim jelaskan pada awal section artikel ini, headset adalah kombinasi headphone dan mikrofon sehingga memudahkan Anda untuk mendengar suara dan komunikasi.

Apa saja fungsi headset?

Headset memiliki fungsi sebagai alat bantu dengar untuk mendengarkan musik atau suara di tempat umum. Headset memiliki banyak jenis dan bentuknya pun berbeda-beda, lho.

Apa manfaat menggunakan headset?

Manfaat dari perangkat audio headset yaitu dapat memperjelas suara saat melakukan telepon atau video call.

Headset terbuat dari bahan apa?

Biasanya, headset terbuat dari bahan PVC, plastik, artificial leather, rubber, memory foam, dan copper. Namun, untuk saat ini ada banyak headset yang terbuat dari bahan plastik, seperti headset gaming.

Kesimpulan: Pengertian Headset dan Fungsinya

Demikianlah pembahasan tentang pengertian headset dan fungsinya. Ada 5 fungsi headset, yaitu untuk komunikasi, mendengarkan musik, nonton film, ikut rapat dan kelas online, serta terakhir untuk menjaga kesehatan.

Selain membahas fungsi, tim Hapedia juga merekomendasikan produk headset dari brand ternama dengan kualitas tinggi, lho. Kalau tertarik, segera pilih produk, klik link, dan check out sebelum kehabisan. Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Hapedia adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Hapedia mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo