Hide Menu

Apa Sih yang Bikin Beda Panda Glass vs Gorilla Glass? Simak 3 Perbedaannya di Sini!

Perbedaannya Ada pada Bahan, Daya Tahan, dan Harga. Simak Penjelasan Lebih Lengkapnya di Artikel Ini Sekarang!

Artikel Panda Glass vs Gorilla Glass ini diposting diperbarui
Pembaca
Like
Panda Glass vs Gorilla Glass 2024
© freepik.com

Asal Usul Panda Glass dan Gorilla Glass

Asal Usul Panda Glass dan Gorilla Glass
freepik.com

Saat ini, sudah banyak smartphone yang tersebar di pasaran dengan jenis layar yang berbeda-beda, seperti panda glass dan gorilla glass. Kedua jenis layar ini jika Anda lihat sekilas terlihat sama dan mungkin Anda gak bisa membedakannya.

Padahal ada beberapa hal yang membedakan antara panda glass dan gorilla glass. Namun, sebelum membahas perbedaan panda glass vs gorilla glassalangkah baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu asal usul keduanya.

Panda glass dibuat oleh perusahaan Tunghsu Group yang berasal dari China. Layar panda glass ini sudah digunakan pertama kali pada Motorola One Zoom. Sedangkan, gorilla glass merupakan buatan dari Corning Inc yang memiliki kantor di New York, Amerika.

Gorilla glass ini sudah dibuat sejak tahun 2005 dan dikenal dengan kelebihannya, yaitu tahan banting. Selain itu, gorilla glass juga memiliki beberapa generasi yang mana setiap generasinya memiliki kelebihan masing-masing.

Salah satu generasi yang paling top adalah gorilla glass victus. Gorilla glass versi ini memiliki ketahanan terhadap goresan 4 kali lebih baik dan layar tidak akan pecah meski jatuh dari ketinggian 2 meter sekalipun.

Mungkin sepertinya sudah cukup untuk pembahasan tentang asal usul panda glass dan gorilla glass. Sekaran yang perlu Anda ketahui adalah adanya perbedaan antara panda glass dan gorilla glass.

Mau tahu lebih lengkap? Jika iya, baca artikel ini sampai selesai untuk mengetahui perbedaan dari kedua jenis layar tersebut. Di artikel ini, Hapeholic juga akan mendapatkan rekomendasi produk dan gambar. Check it out!

D. P. Rachmadani
Writer
Content Writer

Seseorang yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Senang mendengar cerita siapa saja, dan suka dengan kucing.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Hapedia. Meski Hapedia terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Hapedia. Silakan baca kebijakan editorial Hapedia untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

3 Panda Glass vs Gorilla Glass - Terbaru 2024

Menurut hasil penelitian dari Gan Shu San pada tahun 2018, ia menyatakan bahwa gorilla glass yang dibuat oleh Corning bisa menjadi acuan untuk pembuatan kaca layar HP iPhone, Redmi, Samsung Galaxy S5, dan Samsung Galaxy S6.

Namun, jenis layar HP gak hanya gorilla glass saja, tapi ada juga yang namanya panda glass. Kedua jenis layar ini memiliki perbedaan yang harus Anda perhatikan sebelum membeli. Untuk lebih jelasnya, baca perbedaan panda glass vs gorilla glass di bawah ini. Let’s go!

1
Bahan

Proses dan Campuran yang Menghasilkan Keduanya Berbeda

Bahan

2
Daya Tahan

Mau yang Tahan Goresan atau Tahan Benturan?

Daya Tahan

3
Harga

Menyesuaikan dengan Kualitasnya Masing-Masing

Harga

Anda bisa percaya Hapedia. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Hapedia meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Proses dan Campuran yang Menghasilkan Keduanya Berbeda
© freepik.com
1
Proses dan Campuran yang Menghasilkan Keduanya Berbeda

Bahan

Rekomendasi kami

Panda glass dan gorilla glass memiliki perbedaan pada bahan yang dipakai. Panda glass terbuat dari coating yang dicampur dengan bahan mineral seperti aluminium, kalium, natrium, dan kalsium. Bahan mineral ini biasanya sering dipakai untuk membuat casing HP dan juga alat medis.

Sedangkan gorilla glass terbuat dari bahan kaca yang tipis dan ringan yang melalui proses pertukaran ion dan larutan garam kalium yang panas. Tujuannya agar layar ponsel jadi lebih tahan banting. Gorilla glass bisa Anda temui di perangkat elektronik lain selain handphone, yaitu pada jam tangan dan TV.

Meski melalui proses dan campuran bahan yang berbeda, keduanya memiliki kesamaan pada bahan dasar yang digunakan, yaitu alkali-aluminosilicate.

Mau yang Tahan Goresan atau Tahan Benturan?
© freepik.com
2
Mau yang Tahan Goresan atau Tahan Benturan?

Daya Tahan

Rekomendasi kami

Cara membedakan screen protector panda glass vs gorilla glass adalah dari segi daya tahan. Jika dilihat dari bahan yang digunakan, keduanya sama-sama terbuat dari bahan kaca berkualitas terbaik yang mampu memberi perlindungan ke layar asli ponsel agar tidak pecah dan tetap aman meski terkena benturan dan juga goresan.

Panda glass memang tahan terhadap goresan dan display layar juga benar-benar jernih. Tapi, kekurangannya adalah anti gores ini kurang fleksibel, sehingga dapat Anda artikan bahwa jika HP terjatuh, maka layar handphone tetap bisa pecah.

Walaupun gorilla glass menggunakan bahan yang hampir sama, tapi prosesnya yang bikin hasil ketahanannya jadi berbeda. Oleh sebab itu, gorilla glass menjadi jauh lebih kuat dan lebih awet meski gadget Anda terjatuh.

Menyesuaikan dengan Kualitasnya Masing-Masing
© freepik.com
3
Menyesuaikan dengan Kualitasnya Masing-Masing

Harga

Rekomendasi kami

Terakhir, untuk membedakan panda glass dengan gorilla glass bisa Anda temukan pada harga. Jika Anda lihat dari segi bahan dan ketahanan yang panda glass miliki memang benar-benar sangat bagus, tapi harganya juga sangat miring, lho.

Sedangkan, gorilla glass memiliki kelebihan pada ketahanan dan juga fleksibel. Hal inilah yang membuat gorilla glass dijual dengan harga yang lebih mahal daripada panda glass.

Tanya Jawab Seputar Panda Glass vs Gorilla Glass

Jadi, apakah Anda sudah lebih paham tentang perbedaan kedua layar HP di atas? Kalau sudah, sebelum Hapeholic menutup artikel ini, sebaiknya Anda luangkan sedikit waktu untuk membaca pertanyaan dan jawaban seputar tentang panda glass dan gorilla glass. Yuk, baca!

Gorilla Glass apa bisa tergores?

Gorilla glass tentu saja masih bisa tergores dan juga retak jika layar gorilla glass tersebut terkena benturan atau goresan dari berlian.

Gorilla Glass 5 sekuat apa?

Gorilla glass versi 5 memiliki kekuatan 2 kali lipat untuk menahan goresan daripada kaca aluminosilikat.

Apakah Gorilla Glass masih perlu anti gores?

Sebenarnya, menggunakan anti gores hydrogel (hidrogel) atau tempered glass (TG) pada gorilla glass itu perlu. Hal ini bisa menjadi salah satu cara untuk menambah keamanan layar ponsel Anda.

Apakah iPhone Ada Gorilla Glass?

HP iPhone 14 sudah memiliki sistem keamanan layar dengan menggunakan proteksi ceramic shield. Proteksi layar ini memiliki kekuatan yang jauh lebih baik daripada gorilla glass.

Gorilla Glass 3 sekuat apa?

Gorilla Glass 3 termasuk jenis layar kaca yang cukup kuat dan mampu menahan 4 kali lipat goresan benda tajam.

Apa itu Corning Gorilla Glass 6?

Gorilla Glass versi 6 launching pada bulan Juli 2018. Ciri dari versi 6 ini adalah memiliki daya tahan terhadap goresan seperti versi 5.

Matte glass itu apa?

Yang dimaksud matte glass adalah salah satu jenis pelindung layar yang memiliki permukaan glossy dan gelap pada bagian atas. Permukaan matte glass yang gelap berfungsi untuk menjaga privasi Anda dari pandangan orang yang ada di samping kanan atau kiri.

Kesimpulan: Panda Glass vs Gorilla Glass

Demikian pembahasan perbedaan panda glass vs gorilla glass. Tim Hapedia akan mengingatkan kembali ketiga perbedaannya, yaitu bahan, daya tahan, dan harga. Jika Hapeholic bertanya lebih bagus mana panda glass atau gorilla glass, kedua jenis layar ponsel ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Kalau Anda mencari ponsel dengan layar yang tahan terhadap goresan dari benda tajam, maka pilihlah layar jenis panda glass. Namun, jika Anda ingin jenis layar HP yang tahan benturan dan fleksibel, maka Anda bisa memilih HP dengan gorilla glass.

Tunggu apa lagi? Segera pilih HP dengan jenis layar sesuai dengan kebutuhan Anda di atas. Setelah itu, klik link produk dan check out. Jangan lupa juga untuk sesuaikan dengan budget yang Anda miliki, ya. Akhir kata, happy shopping!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Hapedia adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Hapedia mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo