Hide Menu

Belum Tahu Macam-Macam Prosesor HP? Simak 9 Jenis yang Paling Sering Dipakai Smartphone!

Sebelum Membeli HP, Alangkah Baiknya Jika Anda Tahu Dulu Jenis-Jenis Prosesor HP. Biar Kenal Lebih, Baca Artikel Ini sampai Selesai!

Artikel Macam-Macam Prosesor HP ini diposting diperbarui
3 Pembaca
Like
Macam-Macam Prosesor HP 2024
© freepik.com

Peran Penting Prosesor HP

Peran Penting Prosesor HP
freepik.com

Di era modernisasi ini, hampir semua masyarakat menggunakan smartphone untuk dijadikan sebagai alat komunikasi. Bahkan, smartphone juga dinyatakan sebagai alat yang membantu aktivitas manusia sehari-hari.

Sayangnya, tidak semua orang yang menggunakan smartphone ini tahu fungsi dari setiap bagian-bagian ponsel tersebut. Salah satunya bagian prosesor. Apa Anda tau apa yang dimaksud prosesor HP?

Prosesor HP adalah otak yang ada di smartphone, artinya perangkat ini memiliki tugas penting sesuai dengan perintah. Perintah tersebut mulai dari memutar musik, menjalankan semua aplikasi di HP, dan melakukan panggilan. 

Dengan seiring berjalannya waktu dan teknologi yang semakin maju menjadikan fitur di HP semakin banyak. Anda bisa membuka GPS, mengirim pesan, menonton video di apk tertentu, dan lain-lain. Oleh sebab itu, kemampuan prosesor di HP pun butuh yang lebih canggih dan mumpuni.

Ternyata, ada banyak macam-macam prosesor HPlho. Anda tahu apa saja? Penasaran? Kalau gitu, simak saja penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini. Sebab, tim Hapedia sudah menyiapkannya di artikel ini. Check it out!

D. P. Rachmadani
Writer
Content Writer

Seseorang yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Senang mendengar cerita siapa saja, dan suka dengan kucing.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Hapedia. Meski Hapedia terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Hapedia. Silakan baca kebijakan editorial Hapedia untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

9 Macam-Macam Prosesor HP - Terbaru 2024

Karena prosesor memiliki peran yang cukup penting di smartphone, memilih ponsel pun tak lengkap jika tak tahu macam-macam prosesor HP yang digunakan. Gak usah lama-lama, Hapeholic simak baik-baik penjelasannya di bawah ini, ya. Let’s go!

1
MediaTek

Prosesor Ini Juga Dipakai oleh Brand HP Luar, Lho!

MediaTek

2
Exynos

Punya Performa Kualitas yang Tinggi

Exynos

3
Qualcomm

Processor dengan Dukungan Tingkat Resolusi Layar Tinggi

Qualcomm

4
Intel

Memiliki Performa Prosesor yang Tinggi

Intel

5
OMAP

Udah Tahu Belum Jenis Prosesor yang Jarang Dipakai? Ini Jawabannya!

OMAP

6
NovaThor

Prosesor dengan Chipset dan Modem yang Terpisah

NovaThor

7
Tegra

Prosesor Ini Cocok Banget Buat Main Game, Lho!

Tegra

8
Apple Chipset

Khusus untuk Brand Apple, Ya!

Apple Chipset

9
Kirin

Siap Bersaing dengan Prosesor Kelas Atas

Kirin

Anda bisa percaya Hapedia. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Hapedia meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Prosesor Ini Juga Dipakai oleh Brand HP Luar, Lho!
© freepik.com
1
Prosesor Ini Juga Dipakai oleh Brand HP Luar, Lho!

MediaTek

Rekomendasi kami

MediaTek adalah salah satu produsen yang fokus pada produksi chipset dengan jumlah loading yang lebih banyak. Prosesor ini memiliki kemampuan yang hampir mendekati dengan kemampuan chipset Qualcomm yang dijual dengan harga yang cukup terjangkau.

Sudah banyak smartphone lokal dan smartphone Android merk luar yang memakai prosesor ini. Contohnya seperti Samsung Galaxy, Sony Xperia, Xiaomi, dan brand HP besar lainnya.

Saat ini, MediaTek merupakan prosesor yang banyak dipilih oleh vendor smartphone karena memiliki jenis prosesor kelas atas. Maka dari itu, MediaTek menjadi pionir dalam pembuatan 10 inti prosesor yang disebut dengan deca-core. MediaTek sendiri memperkenalkan beberapa jenis chipset atau atau SoC (System on Chip).

Contohnya MediaTek Dimensity 9200, MediaTek Dimensity 9200+, MediaTek Dimensity 9000, MediaTek Dimensity 9000+, MediaTek Dimensity 8000, MediaTek Dimensity 8100, MediaTek Dimensity 8200, Mediatek Dimensity 1200, Mediatek Dimensity 1100, Mediatek Dimensity 1000 Plus, dan Mediatek Dimensity 1000. Jenis -jenis chipset tersebut diurut mulai dari tingkatan terendah sampai yang tertinggi.

Punya Performa Kualitas yang Tinggi
© freepik.com
2
Punya Performa Kualitas yang Tinggi

Exynos

Rekomendasi kami

Exynos merupakan prosesor yang dikembangkan oleh perusahaan ponsel besar Samsung Electronics. Prosesor ini memiliki basis chipset yang dirancang khusus untuk perangkat HP dan tablet. Exynos pertama yang dibuat oleh Samsung adalah Exynos 3110, sebelumnya dikenal dengan Hummingbird atau S5PC110. Setelah itu, keluar prosesor Exynos dengan versi 4212.

Prosesor Exynos menggunakan CPU ARM Cortex A9 dual core dengan tingkat kecepatan 1.2GHz sampai 1.5GHz. Selain itu, prosesor jenis Exynos memiliki GPU ARM Mali-400 MP4 yang sangat cocok untuk game 3D dan multitasking errands.

Exynos memiliki kelebihan yang setara dengan Qualcomm dan Anda tidak akan menemukan perbandingan antara Exynos dan Qualcomm dari segi performa kualitas. Namun, Anda bisa menemukan sedikit perbedaan dari jenis kinerja dari prosesor besutan dengan Qualcomm Snapdragon.

Selain itu, prosesor Exynos ini mampu memberikan pengalaman hebat bagi para penggunanya, dari segi ketahanan, konsumsi daya baterai, dan pengolahan grafik yang cukup tinggi.

Processor Exynos versi 8990 banyak dipakai oleh ponsel unggulan dari brand Samsung seperti, Samsung Galaxy S7 dan Samsung Galaxy Note 7. Namun, Anda harus tahu bahwa prosesor Samsung Exynos tidak hanya ada pada device Samsung kebanyakan, tapi sudah ada beberapa vendor smartphone besar yang juga melirik jenis prosesor super ini, salah satunya Meizu.

Exynos memiliki beberapa jenis chipset, yaitu Exynos 2400, Exynos 2200, Exynos 2100, Exynos 990, Exynos 9820, Exynos 9825, Exynos 9810, Exynos 8895, Exynos 1480, Exynos 1380, Exynos 1330, Exynos 1280, Exynos 1080, Exynos 980, dan Exynos 850.

Processor dengan Dukungan Tingkat Resolusi Layar Tinggi
© freepik.com
3
Processor dengan Dukungan Tingkat Resolusi Layar Tinggi

Qualcomm

Rekomendasi kami

Qualcomm Snapdragon adalah jenis prosesor yang juga banyak dipakai oleh smartphone dengan kualitas tinggi yang sering dijumpai pada smartphone Android.

Sampai saat ini, Qualcomm Snapdragon masih menjadi SoC yang paling bagus dengan CPU terbaik jika dilihat dari sisi kinerja dan efisiensi. Sebab, processor ini hadir dengan teknologi terbaru yang lebih bertenaga, mampu bekerja dengan baik, dan memiliki kelebihan seperti ketahanan konsumsi daya baterai dan pengolahan grafik yang cukup tinggi.

Snapdragon didukung dengan konektivitas yang sangat cepat sekelas 4G LTE versi Cat dan memiliki support sampai tingkatan resolusi layar yang paling tinggi yaitu Quad HD.

Menurut hasil penelitian oleh Nur Shodik et al tahun 2018, menyatakan bahwa smartphone terbaik dengan chipset Snapdragon 636 yaitu Asus Zenfone Max Pro M1. Selain itu, ada merk lainnya seperti Xiaomi, Vivo, dan OPPO yang sering menggunakan Qualcomm Snapdragon.

Qualcomm Snapdragon memiliki beberapa jenis chipset terbaik, yaitu Snapdragon 7 Gen 1, Snapdragon 7+ Gen 2, Snapdrago n 865 dan 865+, Snapdragon 870, Snapdragon 7 Gen 3, Snapdragon 888 dan 888+, Snapdragon 8 Gen 1 dan 8+ Gen 1, Snapdragon 8 Gen 2 dan 8 Gen 2 Leading Version, dan Snapdragon 8 Gen 3.

Memiliki Performa Prosesor yang Tinggi
© freepik.com
4
Memiliki Performa Prosesor yang Tinggi

Intel

Rekomendasi kami

Selanjutnya, ada prosesor Intel yang menawarkan kinerja mumpuni dengan teknologi thread yang membuat CPU dual core seperti memiliki empat inti. Processor ini semakin meningkat di ranah smartphone dan menjadi sangat bertenaga.

Hal ini terbukti pada device Asus Zenfone sampai generasi kedua sebab Intel menjadi pendukung utama performa smartphone tersebut. Sampai akhirnya, Asus Zenfone generasi ketiga memutuskan untuk tidak menggunakan prosesor ini karena suatu alasan.

Saat ini, banyak distribusi prosesor Intel yang bisa Anda lihat pada spesifikasi smartphone lokal sampai smartphone merek lainnya. Smartphone yang pakai prosesor Intel contohnya seperti Lenovo K900, Asus Zenfone, dan yang lainnya.

Di sisi lain, Intel memiliki beberapa jenis, yaitu Prosesor Intel Core Ultra1, Prosesor Intel Core (Seri 1), Prosesor Intel Core (generasi ke-14), Prosesor Intel Core Seri N, Prosesor Intel, serta Prosesor Intel Pentium Silver dan Gold.

Udah Tahu Belum Jenis Prosesor yang Jarang Dipakai? Ini Jawabannya!
© freepik.com
5
Udah Tahu Belum Jenis Prosesor yang Jarang Dipakai? Ini Jawabannya!

OMAP

Open Media Application Platform atau OMAP adalah prosesor besutan dari Texas Instrument. Saat ini, OMAP sudah sampai di versi 5 dan menyatakan bahwa prosesor ini akan jauh lebih cepat dari versi OMAP lain yang pernah rilis sebelumnya.

Sudah banyak vendor yang menggunakan OMAP processor seperti Blackberry Q10, Samsung Galaxy Nexus, Motorola Droid, LG Optimus, Huawei Ascend, dan Amazon Kindle. Bahkan, processor ini juga pernah dipakai oleh Nokia N9 dengan OS MeeGo.

Sebenarnya, Open Media Application Platform masuk dalam salah satu prosesor tangguh. Tapi sayangnya, tidak banyak smartphone yang memakai prosesor ini.

Prosesor dengan Chipset dan Modem yang Terpisah
© freepik.com
6
Prosesor dengan Chipset dan Modem yang Terpisah

NovaThor

Rekomendasi kami

Novathor adalah prosesor besutan Ericsson setelah terpisah dengan vendor Sony. Prosesor ini memiliki keunikan, ST-Ericsson juga menjual chipset Nova dan modem Thor secara terpisah. Hal ini justru menjadi solusi untuk SoC lain yang tidak mendukung jenis koneksi 4G.

Sudah ada beberapa jenis smartphone keluaran Sony Xperia dengan prosesor ini, yaitu seri Sony Xperia Sola, Xperia P, dan Xperia U. Namun, saat ini NovaThor sangat eksis di vendor smartphone Samsung Galaxy yang menggunakan NovaThor processor.

Prosesor Ini Cocok Banget Buat Main Game, Lho!
© freepik.com
7
Prosesor Ini Cocok Banget Buat Main Game, Lho!

Tegra

Lalu, ada prosesor Tegra yang berasal dari produk NVDIA yang terkenal dengan pencetus Quad-core di dunia smartphone yang masih menggunakan prosesor dual-core. Tegra adalah prosesor quad-core pertama dengan ARM Cortex A9 dengan core Maximum 1.4GHz.

Sementara itu, Tegra dengan versi terbaru sudah 8-Core dengan memakai Cortex-A57. Prosesor ini sangat cocok untuk Anda yang suka bermain game HP dan memutar video 4K.

Beberapa brand besar seperti HTC One, Xiaomi Mi Pad, Asus Nexus, NVDIA Shield, Samsung Galaxy Tab, Motorola, Sony Tablet, Microsoft Surface, dan Microsoft Surface 2 juga sudah menggunakan Tegra processor.

Khusus untuk Brand Apple, Ya!
© freepik.com
8
Khusus untuk Brand Apple, Ya!

Apple Chipset

Rekomendasi kami

Apple Chipset merupakan processor yang hanya dipakai oleh produk Apple saja. Prosesor Apple ini sudah muncul mulai dari iPhone generasi 1. Bahkan sekarang, prosesor Apple Chipset juga sudah bisa Anda temukan di semua produk Apple seperti iPad, iPod, Apple TV, dan Apple Watch.

Siap Bersaing dengan Prosesor Kelas Atas
© freepik.com
9
Siap Bersaing dengan Prosesor Kelas Atas

Kirin

Kirin processor merupakan buatan asli dari salah satu vendor smartphone yang paling terkenal di China, yaitu Huawei. Kirin processor memiliki kinerja yang sangat apik dan performanya mampu menyaingi prosesor kelas atas seperti Qualcomm Snapdragon dan Exynos.

Tanya Jawab Seputar Macam-Macam Prosesor HP

Kini, Hapeholic sudah mengetahui macam-macam prosessor HP secara lengkap. Tapi, jangan langsung menutup artikel ini sebab tim Hapedia sudah merangkum pertanyaan dan jawaban yang sering muncul di kalangan masyarakat. Yuk, cek di bawah ini!

Prosesor HP yang bagus merk apa?

Daftar merk processor yang bagus untuk HP yaitu MediaTek Dimensity 9300, Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3, Apple A17 Pro, Exynos 2400, Tensor G3, Snapdragon 8 Gen 2, Apple A16 Bionic, Google Tensor 2, Dimensity 9200, Snapdragon 8 Gen 1, Snapdragon 8+ Gen 1, Exynos 2100, Exynos 2200, dan A15 Bionic.

Apa saja jenis-jenis processor?

Berikut jenis-jenis prosesor HP yaitu Cyrix, Transmeta, Apple, Centaur, AMD (Advanced Micro Deviced), Intel, ARM (Advanced RISC Machine), dan Via.

Chipset HP apa saja?

Jika Anda sedang mencari chipset HP unggulan dengan performa terbaik, maka Anda bisa pakai chipset Qualcomm Snapdragon, MediaTek, HiSilicon Kirin (Huawei), Dimensity, atau Samsung Exynos.

GPU itu apa di HP?

GPU merupakan prosesor HP yang terdiri dari banyak inti yang lebih kecil dan khusus.

Kesimpulan: Macam-Macam Prosesor HP

Demikianlah pembahasan tentang macam-macam prosesor HP. Tim Hapedia ingatkan kembali beberapa prosesor yang biasa smartphone pakai seperti MediaTek, Exynos, Qualcomm, Intel, OMAP, NovaThor, Tegra, Apple Chipset, dan Kirin.

Anda bisa menggunakan prosesor di atas dengan menggunakan salah satu produk HP dengan prosesor tersebut, lho. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke bestie-bestie Hapeholic supaya bisa ikut merasakan kelebihan dari macam-macam prosesor HP yang tim Hapedia tulis di atas. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Hapedia adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Hapedia mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo