Hide Menu

Anda Penasaran Kenapa MediaTek Cepat Panas? Ini 5 Penyebab yang Harus Anda Ketahui!

Kenapa HP dengan Prosesor MediaTek Cepat Panas? Ada 5 Faktor yang Membuatnya Begitu. Baca Selengkapnya di Artikel Ini!

Artikel Kenapa MediaTek Cepat Panas ini diposting diperbarui
1 Pembaca
Like
Kenapa MediaTek Cepat Panas 2024
© freepik.com

Pengertian MediaTek

Pengertian MediaTek
freepik.com

Saat ini, teknologi sudah semakin berkembang dan tambah maju. Hal ini yang membuat banyak smartphone hadir dengan perangkat processor yang berbeda-beda. Salah satunya adalah MediaTek. Apa itu prosesor MediaTek?

MediaTek merupakan sebuah semikonduktor nirfabrikasi yang berasal dari Taiwan. Perusahaan ini menyediakan berbagai macam chipset untuk televisi definisi tinggi, komunikasi nirkabel, dan perangkat seluler seperti tablet dan smartphone.

MediaTek memiliki 2 macam chip unggulan untuk smartphone, yaitu Helio dan Dimensity. Lalu, apa itu MediaTek Helio? Ini merupakan salah satu jenis prosesor yang dikembangkan oleh MediaTek.

Lalu, apa perbandingan antara Helio vs Dimensity? Helio sudah ada sejak tahun 2014 sebagai System On Chip (SoC) yang biasa dipakai oleh smartphone murah. Sedangkan Dimensity hadir pada tahun 2020 yang dikenal dengan chipset paling luas daripada Helio.

Nah, sekarang Anda sudah tahu bahwa prosesor MediaTek terbagi menjadi 2 jenis. Tapi, Anda tahu gak kenapa MediaTek cepat panas? Hal ini sangat jarang orang yang tahu, lho.

Tim Hapedia akan membahas penyebabnya dan merekomendasikan produk dengan prosesor ini beserta dengan gambarnya. Penasaran? Untuk tahu jawabannya, Anda harus baca artikel ini sampai selesai. Let’s go!

Kelebihan MediaTek

Kelebihan MediaTek
freepik.com

Sebelum Anda lanjut ke inti artikel yang membahas tentang kenapa MediaTek cepat panas, sebaiknya Anda mengetahui apa saja kelebihan MediaTek. Simak penjelasannya di bawah ini!

  • Harga

MediaTek memiliki perbedaan antara Exynos dan Snapdragon dari segi harga. MediaTek menjadi produsen HP Android dengan memproduksi produk chipset kelas bawah dan kelas menengah. Ini yang membuat MediaTek menawarkan harga murah untuk semua chipset yang diproduksinya.

Meski harganya murah, prosesor ini punya kemampuan tinggi yang bisa bikin HP Android murah atau mid range menghasilkan performa yang luar biasa. Nggak rugi kalau punya produknya! 

  • Grafis Tinggi

Kelebihan MediaTek selanjutnya yaitu grafis yang tinggi. GPU memiliki peran penting untuk menopang kebutuhan grafis yang cukup tinggi, termasuk saat main game 3D atau menonton video dengan resolusi yang tinggi.

Selain itu, kelebihan MediaTek ialah menggunakan PowerVR yang tingkatannya lebih unggul daripada Adreno dari Qualcomm. Teknologi ini yang membuat kebutuhan RAM menurun, sehingga Anda tetap aman, nyaman, dan lancar saat bermain game yang berat.

  • Prosesor True Octa-Core

MediaTek merupakan perusahaan pertama yang merilis chipset Octa-Core dengan 8 CPU ARM Cortex-A7 dan tingkat kecepatan 1.7-2.0 GHz yang dipadukan dengan Mali-450 MP4.

Inovasi yang dimiliki processor ini adalah chipset MT6592 dengan kemampuannya untuk memutar konten 4K oleh berbagai smartphone seperti Coolpad F1, Vivo X5, Acer Liquid X1, dan Huawei Honor 3X.

  • Inovatif

Supaya bisa bersaing dengan chipset lain, MediaTek pun memproduksi prosesor untuk perangkat mobile dengan 10 core. Ini merupakan core pertama yang ada di dunia.

Menurut hasil penelitian oleh Purnomo Siddhi pada tahun 2015, ia menyatakan bahwa MediaTek dengan 10 core yaitu seri Helio X20 dengan kemampuan encoding dan decoding H.265 4K/2K video pada 30 fps dan resolusi layar 2560 x 1600 pixel. Selain itu, performa prosesor ini setara dengan prosesor high-end dari Exynos atau Qualcomm.

  • Prosesor dengan Fabrikasi

MediaTek memproduksi chipset pertama dengan fabrikasi 10nm pada Helio X30. Ini merupakan chipset kelas tertinggi dari MediaTek yang menawarkan 10 core dengan dukungan 4G LTE Advanced dan tingkat kecepatan 450MBit/s. Selain itu, MediaTek juga menawarkan performa 35% lebih tinggi dan lebih efisiensi daya sampai 50% daripada seri MediaTek HelioX20.

  • Multitasking

MediaTek juga memiliki kelebihan lain, yaitu kinerja multitasking yang sangat andal. Prosesor ini memiliki kinerja optimal yang dapat memenuhi kebutuhan multitasking. Dengan begitu, Anda dapat dengan bebas membuka banyak aplikasi secara bersamaan tanpa takut HP Anda terjadi lag.

Kekurangan MediaTek

Kekurangan MediaTek
freepik.com

Kelebihan sudah dibahas, kini Anda juga harus tahu kekurangan dari prosesor MediaTek. Simak baik-baik kekurangannya di bawah ini.

  • Overheat

Kekurangan pertama dari prosesor MediaTek mudah panas. Ini terjadi karena performanya tinggi, sehingga mudah timbul masalah overheat. Justru ini harus dipertimbangkan karena penggunaan smartphone yang lebih cepat panas bikin Anda menjadi gak nyaman.

  • GPS Gak Akurat

Prosesor MediaTek dengan seri MT65XX memiliki kekurangan pada aplikasi GPS yang kurang akurat. Namun, masalah ini jarang ditemui pada jenis chipset MediaTek generasi terbaru.

  • Baterai Lebih Boros

Beberapa tipe chipset fokus pada kemampuan grafis yang tinggi sehingga penggunaan baterai menjadi sangat boros. Saat menonton video dan bermain game dengan resolusi tinggi, ini mengharuskan Anda untuk lebih sering charging smartphone dengan chipset MediaTek.

  • Sulit Menerima Modifikasi

Kekurangan terakhir dari prosesor MediaTek yaitu sulit untuk dimodifikasi. Sebab, ponsel yang menggunakan prosesor MediaTek tidak dapat menggunakan custom kernel. Hal ini yang membedakannya dengan prosesor Qualcomm yang bisa di modifikasi.

D. P. Rachmadani
Writer
Content Writer

Seseorang yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Senang mendengar cerita siapa saja, dan suka dengan kucing.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Hapedia. Meski Hapedia terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Hapedia. Silakan baca kebijakan editorial Hapedia untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Kenapa MediaTek Cepat Panas - Terbaru 2024

Sekarang Anda sudah tahu kelebihan dan kelemahan dari prosesor MediaTek. Salah satu kekurangannya adalah membuat HP Android lebih cepat panas. Tapi, Anda tahu gak kenapa MediaTek cepat panas? Kalau gitu, simak faktor yang menyebabkan prosesor MediaTek menjadi cepat panas di bawah ini. Let’s scroll down!

1
Konsumsi Daya Tinggi

Penggunaan Baterai yang Berlebihan

Konsumsi Daya Tinggi

2
Pengaruh Penggunaan Aplikasi

Aplikasi yang Berat Bikin Hp Panas dan Boros Baterai

Pengaruh Penggunaan Aplikasi

3
Design Arsitektur

Satu Chipset untuk Banyak Komponen? Pasti Cepet Panas HPnya!

Design Arsitektur

4
Faktor Design HP

Penempatan Chipset Terlalu Dekat dengan Komponen yang Menghasilkan Panas

Faktor Design HP

5
Sistem Pendingin

Sistem Pendingin Terhambat Karena Gak Ada Sirkulasi Udara

Sistem Pendingin

Anda bisa percaya Hapedia. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Hapedia meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Penggunaan Baterai yang Berlebihan
© freepik.com
1
Penggunaan Baterai yang Berlebihan

Konsumsi Daya Tinggi

Rekomendasi kami

Mediatek processor menawarkan chipset dengan kinerja yang tinggi dan harga yang lebih terjangkau. Justru inilah yang menjadi penyebab chipset Mediatek menjadi cepat panas.

Konsumsi baterai yang secara berlebihan akan membuat suhu meningkat pada chipset secara keseluruhan. Maka dari itu, Anda akan sering merasa ponsel cepat panas saat baterai terkuras cepat. 

Aplikasi yang Berat Bikin Hp Panas dan Boros Baterai
© freepik.com
2
Aplikasi yang Berat Bikin Hp Panas dan Boros Baterai

Pengaruh Penggunaan Aplikasi

Rekomendasi kami

Faktor selanjutnya yang menyebabkan MediaTek processor cepat panas yaitu adanya pengaruh dari penggunaan aplikasi yang berat. Contoh aplikasi berat itu seperti game 3D dan aplikasi design grafis.

Itulah yang membuat beban kerja pada GPU menjadi meningkat. Contoh lainnya adalah streaming video dengan resolusi tinggi. Kegiatan ini juga dapat mempengaruhi suhu chipset dan konsumsi daya secara signifikan.

Satu Chipset untuk Banyak Komponen? Pasti Cepet Panas HPnya!
© freepik.com
3
Satu Chipset untuk Banyak Komponen? Pasti Cepet Panas HPnya!

Design Arsitektur

Rekomendasi kami

MediaTek processor sering menggunakan proses fabrikasi yang jauh lebih besar jika dibandingkan dengan beberapa jenis prosesor lainnya. Proses fabrikasi ini dapat menghasilkan panas berlebih karena area yang digunakan untuk mengintegrasikan komponen semikonduktor cenderung lebih besar.

Di sisi lain, processor ini mengintegrasikan banyak komponen dalam satu chipset, seperti modem, unit pemrosesan sentral (CPU), dan prosesor grafis (GPU). Walaupun tujuannya untuk memudahkan design perangkat, tapi tetap saja menghasilkan tingkat panas yang berlebih.

Penempatan Chipset Terlalu Dekat dengan Komponen yang Menghasilkan Panas
© freepik.com
4
Penempatan Chipset Terlalu Dekat dengan Komponen yang Menghasilkan Panas

Faktor Design HP

Rekomendasi kami

Ternyata design fisik ponsel memiliki peran yang cukup penting untuk menentukan efisiensi sistem pendingin. Model HP yang sangat tipis memiliki kemungkinan dalam memiliki keterbatasan kapasitas untuk menyematkan pendingin yang efektif.

Ditambah lagi, bahan casing HP yang kurang konduktif justru bisa menghambat transfer panas yang dikeluarkan oleh perangkat. Oleh sebab itu, penempatan komponen HP harus tepat, terutama chipset karena memiliki peran penting. Pasalnya, jika menempatkan chipset dekat dengan komponen yang menghasilkan panas, justru akan membuat panas menjadi lebih tinggi.

Sistem Pendingin Terhambat Karena Gak Ada Sirkulasi Udara
© freepik.com
5
Sistem Pendingin Terhambat Karena Gak Ada Sirkulasi Udara

Sistem Pendingin

Rekomendasi kami

Penyebab terakhir adalah kurangnya sirkulasi udara di sekitar chipset yang akhirnya menghambat proses pendinginan perangkat. Kurangnya sirkulasi udara dapat mengakibatkan penumpukan panas di area chipset, sehingga meningkatkan suhu secara keseluruhan dan menyebabkan chipset MediaTek menjadi lebih cepat panas.

Tanya Jawab Seputar Kenapa MediaTek Cepat Panas

Anda sudah membaca inti artikel yang membahas kenapa MediaTek cepat panas. Kalau begitu, jangan lewatkan section tanya jawab ini untuk menambah wawasan. Tenang aja, tim Hapedia sudah merangkumnya. Yuk, liat list pertanyaan dan jawaban di bawah ini!

Kenapa MediaTek lebih boros baterai?

Ada beberapa jenis prosesor MediaTek yang fokus pada tampilan grafis yang maksimal, sehingga mengorbankan energi baterai menjadi cepat habis dan sangat boros.

Apakah prosesor MediaTek panas?

Iya, MediaTek processor jauh lebih rentan terhadap panas jika Anda bandingkan dengan Snapdragon processor.

Apakah prosesor MediaTek bagus untuk game?

Para pencinta game sebaiknya menggunakan HP Android dengan prosesor MediaTek Dimensity 9200 fabrikasi 4nm. Chipset ini sangat cocok dan merupakan chip terbaik untuk game dengan peningkatan single core (10%), multi core (12%), dan penggunaan dayanya yang lebih sedikit 25%.

Apa bedanya Snapdragon dan MediaTek?

Perbedaan antara MediaTek processor vs Snapdragon processor adalah masa baterai MediaTek lebih pendek daripada SnapdragonGak hanya itu, Mediatek memiliki pemanasan yang cukup intens. Sedangkan Snapdragon memiliki pemanasan yang bisa dikendalikan oleh prosesor Snapdragon itu sendiri.

Kesimpulan: Kenapa MediaTek Cepat Panas

Demikianlah pembahasan tentang kenapa MediaTek cepat panas. Ada 5 faktor yang menyebabkan pemanasan tersebut terjadi, yaitu konsumsi daya tinggi, pengaruh dari penggunaan aplikasi, design arsitektur, design HP, dan sistem pendingin. Selain itu, artikel ini juga membagikan kelebihan dan kekurangan dari MediaTek processor, lho.

Hapeholic yang ingin menggunakan prosesor MediaTek ini bisa menggunakan salah satu brand HP Android yang tim Hapedia rekomendasikan di atas. Anda juga bisa membagikan artikel ini ke orang kesayangan supaya lebih memperhatikan penggunaan ponsel dengan prosesor MediaTek. Tim Hapedia harap semoga artikel ini bermanfaat!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Hapedia adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Hapedia mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo