Hide Menu

Periksa 9 Kelebihan dan Kekurangan Hidrogel yang Harus Anda Tahu Sebelum Beli, Lengkap!

Semakin Penasaran dengan Kelebihan dan Kekurangan Hidrogel? Baca Selengkapnya di Sini!

Artikel Kelebihan dan Kekurangan Hidrogel ini diposting diperbarui
Pembaca
Like
Kelebihan dan Kekurangan Hidrogel 2024
© freepik.com

Hydrogel Itu Apa?

Hydrogel Itu Apa?
freepik.com

Apa Anda menggunakan hydrogel screen protector untuk melindungi layar smartphone? Jika iya, Anda tahu gak anti gores hydrogel itu apa? Hydrogel screen protector merupakan aksesoris handphone yang berfungsi sebagai pelindung layar.

Anti gores ini terbuat dari bahan TPU atau poliuretana termoplastik yang bersifat lembut dan memiliki elastisitas yang sangat tinggi. Screen protector ini gak hanya dipasang pada bagian layar handphone saja, tapi juga bisa dipasang pada bagian belakang handphone dengan tujuan yang sama, yaitu untuk melindungi bagian belakang agar tidak terkena goresan.

Anti gores hidrogel ini sering sekali disebut liquid glass, padahal ada beberapa orang yang menyatakan ukuran dari ketebalan hidrogel ini hanya mencapai 100 nanometer. Meski begitu, hidrogel ini mampu melindungi layar HP agar tetap awet dan clean.

Setiap produsen yang membuat anti gores pasti tidak sepenuhnya sempurna, artinya masih memiliki kekurangan seperti hydrogel. Yang menjadi masalah saat ini adalah apakah Anda tahu kelebihan dan kekurangan hidrogel? Belum ‘kan?

Sudah pasti Anda akan menebak-nebak kelebihan dan kekurangan anti gores tersebut. Daripada hanya menebak-nebak, mending Anda membaca artikel ini saja sampai selesai untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari hydrogel. Gak hanya itu, tim Hapedia juga merekomendasikan produk anti gores dengan kualitas terbaik beserta gambarnya. Tunggu apa lagi? Baca sekarang juga!

D. P. Rachmadani
Writer
Content Writer

Seseorang yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Senang mendengar cerita siapa saja, dan suka dengan kucing.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Hapedia. Meski Hapedia terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Hapedia. Silakan baca kebijakan editorial Hapedia untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

2 Kelebihan dan Kekurangan Hidrogel - Terbaru 2024

Menurut hasil penelitian oleh Yan Hertz Lionathan tahun 2006, ia menyatakan bahwa masih ada pengguna smartphone yang tidak menggunakan anti gores termasuk yang terbuat dari hidrogel. Ini terjadi karena para pengguna terpengaruh oleh kualitas produk, layanan, harga, dan faktor lingkungan.

Padahal dengan perlindungan di layar setidaknya dapat mencegah layar asli ponsel pecah akibat terbentur atau tergores benda tajam. Sebelum menggunakan anti gores, sebaiknya Anda tahu dulu kelebihan dan kekurangan hidrogel. Simak baik-baik setiap poin penting di bawah dan pastikan tidak ada yang terlewatkan satu pun, ya!

1
Kelebihan Hydrogel

Ada Keunikan yang Tersembunyi di Anti Gores Ini, Lho!

Kelebihan Hydrogel

2
Kekurangan Hydrogel Screen Protector

Hanya Satu Kelemahan yang Dimilikinya

Kekurangan Hydrogel Screen Protector

Anda bisa percaya Hapedia. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Hapedia meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Ada Keunikan yang Tersembunyi di Anti Gores Ini, Lho!
© freepik.com
1
Ada Keunikan yang Tersembunyi di Anti Gores Ini, Lho!

Kelebihan Hydrogel

Rekomendasi kami

Memang benar saat ini ada banyak sekali jenis anti gores hidrogel yang dijual di pasaran. Berikut beberapa jenis anti gores hydrogel, yaitu hydrogel clear, hydrogel anti spy, hydrogel matte, dan hydrogel anti blue light.

Namun, tahukah Anda kelebihan anti gores hydrogel? Simak kelebihannya di bawah ini.

  • Gampang Dibersihkan

Kelebihan yang paling gampang Anda ketahui adalah screen guard hydrogel yang mudah untuk dibersihkan. Untuk membersihkan anti gores ini, Anda bisa menggunakan lap bersih. Hal ini bertujuan untuk menjaga anti gores agar tetap jenih dan enak dilihat.

  • Proses Pemasangan yang Mudah

Selanjutnya, hydrogel screen protector menjadi salah satu anti gores yang termasuk mudah untuk dipasang. Untuk memasang hidrogel ke layar HP bisa Anda lakukan sendiri di rumah saking gampangnya, lho.

Nah, cara pemasangannya itu Anda hanya perlu menyemprotkan air ke layar gadget secukupnya. Setelah itu, tempelkan anti gores hidrogel dan pastikan presisi agar tidak melebihi lebar layar gadget Anda.

  • Tidak Terlalu Tebal

Anti gores hydrogel memiliki tebalan yang lembut. Kata lembut di sini dimaksud bahwa ketebalannya sangat tipis, yaitu 0,02 mm. Tingkat ketebalan yang sangat tipis membuat para pengguna merasa tidak menggunakan perlindungan layar. Selain itu, handphone jadi lebih sensitif dan responsif ketika disentuh. Ini karena ketebalan anti gores yang tipis.

  • Estetika Layar Ponsel

Keunggulan lain dari hydrogel adalah dari segi estetika. Anti gores ini jauh lebih mudah disesuaikan dengan bentuk layar ponsel yang memiliki tepian yang melengkung. Selain itu, hydrogel juga membuat tampilan ponsel jadi lebih rapi dan clean. Hal ini terjadi karena hydrogel memberikan kesan yang lebih menyatu dengan layar HP.

  • Mampu Menyembuhkan Secara Mandiri

Yang menjadi kelebihan paling unik dari anti gores hidrogel ini adalah bisa menyembuhkan goresan dengan tingkatan minor secara mandiri. Oleh sebab itu, banyak para pengguna smartphone yang memilih untuk menggunakan anti gores hidrogel mulai dari orang awam sampai orang dengan segala kesibukannya.

  • Anti Fingerprint

Saat ini, sudah banyak smartphone yang memiliki fitur fingerprint, cocok banget kalau pakai anti gores hidrogel. Pasalnya, anti gores ini memiliki kemampuan untuk menahan bekas sidik jari. Dengan begitu, sidik jari Anda tidak akan tertahan oleh debu atau kotoran. Jadi, Anda akan lebih bebas dan nyaman untuk membuka dan menutup HP.

  • Daya Tahan

Daya tahan yang dimiliki oleh anti gores hidrogel memiliki perbedaan yang cukup jauh dengan tempered glass atau TG. Hydrogel mampu menahan goresan, tapi tidak bisa mengurangi dampak benturan seperti anti gores berbahan kaca atau tempered glass.

  • Harga

Kelebihan terakhir yang dari hydrogel adalah harganya yang terbilang murah. Padahal hydrogel screen guard ini memiliki kelebihan di beberapa bagian. Itulah mengapa banyak yang memilih hidrogel ketimbang tempered glass.

Hanya Satu Kelemahan yang Dimilikinya
© freepik.com
2
Hanya Satu Kelemahan yang Dimilikinya

Kekurangan Hydrogel Screen Protector

Rekomendasi kami

Gak afdal rasanya jika Hapeholic hanya mengetahui kelebihan yang dimiliki oleh anti gores hidrogel. Seperti yang Anda tahu, setiap ada kelebihan pasti pasangannya adalah kekurangan. Satu-satunya kekuranganyang dimiliki oleh hydrogel ini adalah dari segi keawetan penggunaan anti gores.

Jika Anda menggunakan anti gores hidrogel, maka Anda harus menggantinya setiap 6 sampai 12 bulan sekali selama masa penggunaan. Sebab, selama penggunaan, anti gores ini membuat lapisannya menipis secara perlahan. Jika tidak diganti, layar Hapeholic nggak akan terlindungi. 

Tanya Jawab Seputar Kelebihan dan Kekurangan Hidrogel

Apa sudah cukup informasi untuk kelebihan dan kekurangan hidrogel? Jika belum, sebaiknya Anda baca section tanya jawab ini untuk menambah informasi seputar anti gores hidrogel. Yuk, cek!

Apakah hydrogel aman untuk layar HP?

Anti gores hidrogel bisa menjadi salah satu alat untuk perlindungan layar ponsel agar tetap aman. Selain itu, hydrogel dapat menangkal bekas sidik jari, tidak akan menyebabkan gelembung, dan sudah lengkap dengan perlindungan layar maksimal dari goresan benda tajam.

Apakah hydrogel bisa menahan benturan?

Hydrogel screen protector ini mampu menahan benturan dan goresan, tapi tingkat ketahanannya tidak sebagus dan sebaik tempered glass. Meski begitu, anti gores hidrogel ini masih mampu menyerap benturan dan goresan dari benda tajam.

Berapa lama hydrogel harus diganti?

Setelah pemakaian anti gores hidrogel selama 6 sampai 12 bulan, maka Anda harus segera mengganti anti gores tersebut dengan yang baru.

Kesimpulan: Kelebihan dan Kekurangan Hidrogel

Itu tadi pembahasan tim Hapedia tentang kelebihan dan kekurangan hidrogel. Sayangnya, hal yang paling menyebalkan ketika menggunakan hydrogel ini adalah Anda harus gonta-ganti anti gores dalam waktu sekitar 6 sampai 12 bulan.

Perlu Hapeholic ingat kekurangan dan kelebihan ini berlaku untuk semua merk anti gores hydrogel ternama, termasuk Gorilla Glass. Selain itu, ini juga berlaku untuk semua jenis anti gores hydrogel seperti anti glare, 9D, dan 9H.

Kalau Hapeholic mau ganti, bisa dengan cara klik link produk rekomendasi di atas, lho. Gampang ‘kan? Terus, apalagi yang Anda tunggu? Segera check out anti goresnya. Tapi, sebelum itu, jangan lupa untuk share artikel ini semua bestie-bestie Anda. Tim Hapedia harap artikel ini bermanfaat dan selamat berbelanja!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Hapedia adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Hapedia mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo