Hide Menu

Lagi Cari Tahu Kelebihan dan Kekurangan Corning Gorilla Glass 5? Cari 6 Jawabannya di Sini

Penasaran dengan Kelebihan dan Kekurangan Corning Gorilla Glass 5? Supaya Lebih Jelas, Baca Selengkapnya di Artikel Ini!

Artikel Kelebihan dan Kekurangan Corning Gorilla Glass 5 ini diposting diperbarui
Pembaca
Like
Kelebihan dan Kekurangan Corning Gorilla Glass 5 2024
© freepik.com

Asal Usul Corning Gorilla Glass

Asal Usul Corning Gorilla Glass
freepik.com

Mungkin sebagian dari pengguna smartphone memilih untuk tidak menggunakan anti gores hydrogel atau tempered glass. Pilihan ini muncul karena layar HP yang dimiliki sudah terpasang gorilla glass. Di sisi lain, Anda tahu gak apa itu corning gorilla glass?

Corning gorilla glass adalah salah satu teknologi coating dengan fungsi untuk memberikan perlindungan pada lapisan layar HP yang paling atas terhadap benturan dan goresan. Meski mampu melindungi layar HP, tapi lapisan dari gorilla glass memiliki ketebalan yang tipis dan gak akan mengganggu pengguna saat menggunakan smartphone.

Pasti Anda bertanya-tanya ‘kan gimana bisa lapisan layar kaca yang tipis bisa ngelindungin layar HP? Penemuan ini berasal saat seorang ilmuwan dari corning melakukan eksperimen dengan cara meletakkan kaca fotosensitif dekat perapian dengan suhu 900 derajat Celcius.

Saat sang ilmuwan mengambil dan menjauhkan kaca kaca tersebut dari perapian, ilmuwan ini melihat lembaran kacanya jadi buram. Namun, secara tidak sengaja ilmuwan tersebut menjatuhkan kaca tersebut dan ternyata kaca tersebut tidak pecah.

Corning gorilla glass ini merupakan hasil modifikasi dari ilmuwan penerus dengan teknologi coating dan ilmuwan penerus tersebut memberi nama corning gorilla glass.

Nah, tahukah Anda kelebihan dan kekurangan corning gorilla glass 5 yang terpasang pada layar HP? Gak usah bingung dan sibuk menebak-nebak, mending baca artikel ini sampai selesai. Yuk, scroll ke bawah untuk mengetahui jawabannya!

D. P. Rachmadani
Writer
Content Writer

Seseorang yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Senang mendengar cerita siapa saja, dan suka dengan kucing.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Hapedia. Meski Hapedia terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Hapedia. Silakan baca kebijakan editorial Hapedia untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

2 Kelebihan dan Kekurangan Corning Gorilla Glass 5 - Terbaru 2024

Menurut hasil penelitian oleh Gan Shu San dan Julian Anggono menyatakan bahwa HP iPhone, Redmi, Xiaomi, dan Samsung Galaxy 6 sudah menggunakan lapisan layar corning gorilla glass (2019).

Karena sudah banyak merk smartphone yang menggunakan lapisan layar jenis corning gorilla glass, maka Anda juga harus tahu kelebihan dan kekurangan corning gorilla glass 5. Simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini. Check this out!

1
Kelebihan Corning Gorilla Glass 5

Bagian Inilah yang Bikin Perlindungan Layar Jadi Paling Top

Kelebihan Corning Gorilla Glass 5

2
Kekurangan Corning Gorilla Glass 5

Terkadang Spek yang Diberikan Masih Kurang Bagus

Kekurangan Corning Gorilla Glass 5

Anda bisa percaya Hapedia. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Hapedia meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Bagian Inilah yang Bikin Perlindungan Layar Jadi Paling Top
© freepik.com
1
Bagian Inilah yang Bikin Perlindungan Layar Jadi Paling Top

Kelebihan Corning Gorilla Glass 5

Rekomendasi kami

Corning sudah meluncurkan gorilla glass dengan beberapa generasi dan setiap generasi memiliki keunggulan masing-masing termasuk gorilla glass generasi kelima. Gorilla glass 5 merupakan generasi terbaru dengan kelebihan pada ketahanan, kejernihan display, dan responsivitas.

Simak penjelasan lebih lengkap di bawah ini.

  • Ketahanan

Gorilla glass 5 paling terkenal dengan ketahanannya, baik itu tahan terhadap goresan, benturan ataupun tekanan. Perlindungan layar ini dibuat dengan teknologi canggih yang membuat gorilla glass 5 menjadi lebih tahan terhadap goresan dan gesekan dari benda-benda tajam seperti debu halus, kunci, dan koin.

Selain itu, gorilla glass 5 ini memiliki design yang sudah diperkuat untuk dapat menahan benturan dan tekanan jika layar HP terbentur, jatuh atau tertindih. Hal ini disebabkan karena gorilla glass terbuat dengan berbahan dasar alkali-aluminosilicate.

  • Kejernihan Display

Walaupun gorilla glass generasi 5 ini memiliki ketahanan yang sangat bagus, tapi tidak akan mengganggu kejernihan tampilan layar ponsel Anda. Justru gorilla glass 5 ini memiliki tingkat kejernihan tampilan yang sangat tinggi.

Saat smartphone menampilkan gambar, video atau apapun, layar akan tetap jernih dan sangat tajam tanpa perlu khawatir adanya gangguan visual. Itulah kelebihan yang kedua. 

  • Responsivitas

Corning gak hanya memberikan ketahanan yang lebih baik dan mempertahankan kejernihan layar ponsel saja, tapi juga mempertahankan responsivitasnya yang tinggi. Dengan begitu, para pengguna smartphone akan tetap aman, nyaman, dan mendapatkan pengalaman yang lebih lancar saat menggunakan jenis layar gorilla glass generasi kelima ini.

Adanya keunggulan dari segi ketahanan, kejernihan display, dan responsivitas yang tinggi menjadikan Corning gorilla glass 5 menjadi salah satu pilihan jenis perlindungan layar yang paling bisa diandalkan untuk melindungi layar dari kerusakan perangkat elektronik, seperti HP.

Terkadang Spek yang Diberikan Masih Kurang Bagus
© freepik.com
2
Terkadang Spek yang Diberikan Masih Kurang Bagus

Kekurangan Corning Gorilla Glass 5

Rekomendasi kami

Corning gorilla glass 5 gak hanya memiliki kelebihan saja, tapi perlindungan jenis layar ini juga memiliki kekurangan. Adapun kekurangan corning gorilla glass adalah:

  • Harga yang Kurang Terjangkau

Gorilla glass 5 dijual dengan harga yang gak begitu murah dengan alasan menyesuaikan spesifikasi yang Corning berikan. Harga termurah dari gorilla glass 5 sekitar Rp 1.199.000, dan untuk harga yang paling mahal sekitar Rp 6.499.000. Dengan demikian, setidaknya Anda harus menyiapkan 2juta rupiah untuk memiliki HP dengan fitur layar ini. 

  • Daya Tahan yang Kurang

Selain itu, corning gorilla glass generasi kelima ini tidak memiliki spek daya tahan yang bagus. Artinya, gorilla glass ini masih bisa pecah atau rusak akibat gesekan atau benturan dari berlian dan jatuh dari ketinggian lebih dari 2 meter.

  • Membutuhkan Proteksi Layar Tambahan

Karena corning gorilla glass 5 ini masih bisa pecah atau rusak akibat benturan atau gesekan, inilah yang mengharuskan Anda menambahkan proteksi pada layar HP agar tetap aman. Anda bisa menggunakan tempered glass atau anti gores yang memiliki kualitas terbaik untuk melindungi layar.

Tanya Jawab Seputar Kelebihan dan Kekurangan Corning Gorilla Glass 5

Hapeholic ngerasa informasi seputar kelebihan dan kekurangan corning gorilla glass 5 di atas belum cukup? Baiklah, untuk menambah informasi seputar gorilla glass, Anda bisa menambahnya dengan membaca pertanyaan dan jawaban di bawah ini. Check it out!

Apa itu gorilla glass?

Gorilla glass atau kaca gorila merupakan lapisan layar yang terbuat dari bahan kaca alkali-aluminosilikat.

Apakah Realme C55 Corning Gorilla Glass?

Benar, layar dari HP merk Realme C55 sudah menggunakan perlindungan layar corning gorilla glass agar tahan terhadap goresan.

Corning Gorilla Glass terbuat dari apa?

Corning gorilla glass terbuat dari lapisan kaca alkali-aluminosilikat sehingga kaca ini terlihat sangat tipis, ringan, dan tahan terhadap benturan dan goresan.

Apakah layar retak mempengaruhi HP?

Tentu saja, layar ponsel yang retak bisa berpengaruh besar. Salah satunya bisa menurunkan sensitivitas HP itu sendiri dan bahkan secara perlahan bisa merusak komponen-komponen lainnya.

Apakah Gorilla Glass dijual?

Gorilla glass memiliki beberapa versi, yaitu versi 2, 3, 4, 5, 6, gorilla glass victus, dan yang terbaru adalah gorilla glass victus plus. Gorilla glass ini dijual dan sudah satu paket dengan handphone. Selain itu, gorilla glass ini tidak terjual secara terpisah seperti tempered glass atau anti gores lainnya.

Kesimpulan: Kelebihan dan Kekurangan Corning Gorilla Glass 5

Demikianlah pembahasan tim Hapedia seputar kelebihan dan kekurangan corning gorilla glass 5. Perlu Hapeholic ketahui, meski corning gorilla glass 5 ini sangat terkenal dengan daya tahannya yang luar biasa, tapi nyatanya masih ada kekurangannya. Nah, kekurangannya ini terletak pada daya tahan.

Gak hanya corning gorilla glass 5 aja yang memiliki kelebihan dan kekurangan. Tapi, gorilla glass 2, gorilla glass 3, dan panda glass juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Anda tinggal memilih layar mana yang paling Hapeholic suka. Jadi, kira-kira pilihan Anda jatuh ke mana? 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Hapedia adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Hapedia mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo