Hide Menu

Anda Suka Fotografi? Simak 3 Fungsi EV pada Kamera HP yang Jarang Diketahui Banyak Orang!

Artikel Ini Menjelaskan 3 Fungsi EV Berdasarkan Shutter Speed, Aperture, dan ISO. Simak Penjelasan Lebih Lengkapnya di Bawah Ini!

Artikel Fungsi EV pada Kamera HP ini diposting diperbarui
3 Pembaca
Like
Fungsi EV pada Kamera HP 2024
© freepik.com

Apa Itu EV pada Kamera?

Apa Itu EV pada Kamera?
freepik.com

Dunia fotografi selalu mengesankan karena Anda bisa belajar bagaimana cara memotret objek, baik yang diam maupun bergerak. Sebagian orang yang tahu atau kenal dunia fotografi pasti pernah mendengar kata EV atau exposure value. Kalau Hapeholic, apakah Anda tahu exposure value itu apa?

Exposure value merupakan salah satu cara untuk mengukur kecerahan dan kegelapan pada suatu objek yang Anda jepret. Hal ini berdasarkan pada kombinasi dari shutter speed, aperture, dan ISO. Dengan Anda mengubah salah satu pengaturan tersebut, maka Anda dapat mengubah EV.

Biasanya, peraturan EV dipakai untuk melakukan sesi foto di dalam ruangan dengan memanfaatkan pantulan sinar matahari atau Anda juga bisa foto di luar ruangan dengan cahaya terik dari sinar matahari langsung.

Anda bisa mendapatkan fitur EV, aperture, shutter speed, dan ISO di salah satu smartphone merek Vivo tipe V11. Smartphone ini memiliki kamera depan AI 25 MP dengan ukuran aperture f/2.0. Selain itu, kamera ganda belakang dari Vivo V11 memiliki resolusi 12MP dan 5MP dengan aperture f/2.0 dan f2.4.

Ditambah lagi, ponsel Vivo V11 juga menyediakan fitur Take Photo yang bisa Anda setting. Dengan begitu, Anda bisa memotret objek dengan hasil seperti profesional.

Meski begitu, Anda juga perlu tahu dulu fungsi EV pada kamera HP agar bisa mencapai nilai eksposur yang sesuai. Penasaran dengan fungsinya? Kalau gitu, baca artikel ini sampai selesai karena tim Hapedia menjelaskan fungsinya dengan lengkap di bawah. Check it out!

D. P. Rachmadani
Writer
Content Writer

Seseorang yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Senang mendengar cerita siapa saja, dan suka dengan kucing.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Hapedia. Meski Hapedia terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Hapedia. Silakan baca kebijakan editorial Hapedia untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

3 Fungsi EV pada Kamera HP - Terbaru 2024

Hapeholic sudah tahu bahwa dasarnya EV merupakan nilai dari kombinasi antara shutter speed, aperture, dan ISO. Nah, di section ini tim Hapedia akan memberi tahu fungsi EV pada kamera HP. Simak penjelasannya di bawah, ya!

1
Fungsi Berdasarkan Shutter Speed

Mengatur Kecerahan Foto dengan Mengumpulkan Banyaknya Cahaya

Fungsi Berdasarkan Shutter Speed

2
Fungsi Berdasarkan Aperture

Mengontrol Seberapa Banyak Jumlah Cahaya Yang Masuk

Fungsi Berdasarkan Aperture

3
Fungsi Berdasarkan ISO

Atur Mode Ini dengan Menaiklan atau Menurunkan Ukurannya

Fungsi Berdasarkan ISO

Anda bisa percaya Hapedia. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Hapedia meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Mengatur Kecerahan Foto dengan Mengumpulkan Banyaknya Cahaya
© freepik.com
1
Mengatur Kecerahan Foto dengan Mengumpulkan Banyaknya Cahaya

Fungsi Berdasarkan Shutter Speed

Rekomendasi kami

Untuk bisa menggunakan EV pada kamera agar berfungsi salah satunya tergantung pada shutter speed. Fitur shutter speed dapat mengubah kecerahan foto yang sudah Anda ambil dan menciptakan hasil yang dramatis dengan freeze action.

Shutter speed menjadi tirai depan sensor kamera dari yang tertutup sampai terbuka. Mode shutter speed akan terbuka dengan lebar jika cahaya melewati lensa kamera HP Anda. Biasanya, shutter speed disimbolkan dengan huruf S dan angka pembagi. Huruf S memiliki arti detik dan standar kecepatan pengambilan gambar contohnya seperti 1/1000, 1/500, 1/250, 1/125, 1/8, 1/2, dan 1.

Dalam fotografi, shutter speed memiliki efek penting pada exposure. Keduanya memiliki hubungan dengan kecerahan gambar yang Anda ambil sebelumnya. Shutter speed akan mengumpulkan banyak cahaya, sehingga menghasilkan foto yang terang. Sebaliknya, jika cahayanya kurang maka hasil fotonya akan gelap.

Mengontrol Seberapa Banyak Jumlah Cahaya Yang Masuk
© freepik.com
2
Mengontrol Seberapa Banyak Jumlah Cahaya Yang Masuk

Fungsi Berdasarkan Aperture

Rekomendasi kami

Fungsi EV selanjutnya bisa Anda kulik berdasarkan dari aperture. Mode ini berlaku jika semakin terbuka, maka semakin banyak cahaya yang masuk. Namun, setiap aperture kamera memiliki bukaan yang berbeda-beda. 

Menurut hasil penelitian oleh Ari Wibowo et al pada tahun 2015, para peneliti tersebut menjelaskan bahwa aperture merupakan salah satu bagian penting yang bergerak sambil membuka dan menutup lensa. Tujuannya untuk mengontrol value cahaya yang masuk ke kamera.

Biasanya, aperture disimbolkan dengan menggunakan angka dan huruf seperti f/16, f/11, atau f/22. Apabila cahaya yang lensa dapatkan cenderung lebih kecil, maka exposure value akan meredup.  Sebaliknya, jika didapatkan lebih banyak cahaya justru bikin exposure kamera Anda jadi tidak redup.

Dengan semakin kecil f-number akan memberikan dampak fokus camera menjadi sempit. Hal ini biasanya disebut dengan istilah depth of field atau foto bokeh kalau bahasa anak gaulnya boceh. Julukan tersebut memiliki arti bahwa gambar yang Anda ambil membuat latar belakangnya menjadi blur.

Atur Mode Ini dengan Menaiklan atau Menurunkan Ukurannya
© freepik.com
3
Atur Mode Ini dengan Menaiklan atau Menurunkan Ukurannya

Fungsi Berdasarkan ISO

Rekomendasi kami

Terakhir, yang memiliki peran penting dalan EV selain shutter speed dan aperture adalah ISO. Mode ISO setting ini berfungsi untuk mengatur tingkat sensitivitas sensor kamera terhadap cahaya yang lensa tangkap. Ini mirip dengan shutter speed dengan rasio 1:1 dengan seberapa besar peningkatan cahaya yang ditangkap atau penurunan eksposur.

Menurut pakar profesional dalan fotografi menjelaskan bahwa kecepatan ISO yang terlalu signifikan justru akan meningkatkan noise pada gambar. Dengan begitu, peraturan ISO perlu Anda turunkan karena semakin banyak cahaya pada objek. Sebaliknya, jika objek kurang mendapatkan cahaya maka Hapeholic boleh menaikkan nilai ISO.

Sebelumnya, apakah Anda tahu ukuran standar ISO? Umumnya, ukuran standar ISO yaitu 100, 200, 400, 800, 1600, 3200, 6400, dan 128000. Jadi, sesuaikan tingkat ISO dengan shutter speed dan aperture agar hasil fotonya semakin epik dan bagus. Jika ISO sudah diatur, Anda bisa foto objek di malam hari dengan baik walau tanpa menggunakan blitz atau flash dari HP.

Tanya Jawab Seputar Fungsi EV pada Kamera HP

Kini Hapeholic sudah tau fungsi EV pada kamera HP Android. Tapi, sebelum Anda menutup artikel ini, tim Hapedia sudah menyiapkan pertanyaan serta jawaban yang sering muncul terkait topik yang sama. Penasaran? Yuk, baca!

Ev di kamera itu apa?

EV kamera adalah salah satu indikator pengaturan kamera yang disesuaikan dengan kombinasi shutter speed dan aperture.

Apa fungsi exposure pada kamera?

Exposure value adalah sebuah istilah dalam dunia photography yang mana artinya banyak atau sedikitnya cahaya yang ditangkap oleh sensor kamera. Apabila exposure rendah, maka gambar akan terlihat gelap dan sebaliknya, kalau exposurenya tinggi bikin hasil gambar menjadi terlalu terang.

Apa fungsi shutter speed pada kamera?

Shutter speed merupakan kecepatan rana ketika menangkap gambar suatu objek. Ketika objek yang akan Anda potret bergerak cepat, maka dibutuhkan shutter speed yang tinggi pula agar gambar tertangkap dengan baik dan tidak bias (blur).

Kesimpulan: Fungsi EV pada Kamera HP

Demikian pembahasan seputar fungsi EV pada kamera HP. Ada 3 fungsi yang sudah tim Hapedia sebutkan di atas, yaitu fungsi berdasarkan shutter speed, aperture, dan ISO. Jika Hapeholic ingin mengambil gambar dengan hasil yang epik dan keren, maka atur shutter speed, aperture, dan ISO di HP Android Anda.

Intinya, EV atau exposure value ini menjadi kunci seberapa terang hasil foto yang Anda potret. Pengaturan EV pun tidak sederhana. Ada fokus tertentu pada cahaya, sehingga EV tidak bisa lepas dari ketiga faktor di atas. Itulah kegunaan EV pada fotografi. 

Lebih jelasnya, cara untuk menggunakan ketiga mode tersebut sudah tim Hapedia paparkan di artikel cara foto shutter speed di Android dan cara agar kamera Android seperti DSLRJadi, apakah Anda sudah paham dengan fungsi nilai eksposur untuk sebuah potret objek? 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Hapedia adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Hapedia mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo