Hide Menu

Tombol Volume HP Anda Rusak? Ikuti 5 Cara Mengatur Volume Tanpa Tombol Samping, Mudah Lho!

Volume Suara Kadang Keras dan Kecil Bunyinya? Ada 5 Cara untuk Ngontrol Volume Suara, Baca Artikel Ini agar Tahu!

Artikel Cara Mengatur Volume Tanpa Tombol Samping ini diposting diperbarui
3 Pembaca
Like
Cara Mengatur Volume Tanpa Tombol Samping 2024
© freepik.com

Peran Smartphone di Masyarakat

Peran Smartphone di Masyarakat
freepik.com

Saat ini, teknologi komunikasi sudah semakin maju dan memiliki peran yang sangat penting, terutama smartphone. Hal ini karena ada banyaknya tuntutan kebutuhan untuk mendapatkan informasi secara cepat dan tepat. 

Smartphone atau HP merupakan alat komunikasi yang memiliki beberapa kemampuan lebih seperti fitur, resolusi, sampai sistem operasi mobile. Alat komunikasi ini menjadi salah satu media pembelajaran, yang mana dengan menggunakan smartphone banyak orang bisa mendapatkan hal-hal baru.

Salah satu informasi bisa Anda dapatkan melalui aplikasi WhatsApp (WA). Di sisi lain, HP juga dipakai untuk menjadi salah satu ikon gaya hidup dan media hiburan seseorang untuk menyalurkan hobinya, seperti bermain game dan bermain musik.

Namun, dengan penggunaan HP yang intens, pasti Anda pernah mendapatkan kendala ‘kan? Apa sih kendala yang sering muncul? Masalah yang sering muncul salah satunya yaitu mengontrol volume suara. Penyebab rusaknya alat untuk mengontrol volume yaitu tombol volume yang rusak.

Kalau rusak, gimana caranya untuk membuat volume suara naik atau turun? Tenang, ada beberapa cara mengatur volume tanpa tombol samping yang bisa Anda manfaatkan. Tim Hapedia akan menjabarkannya secara rinci sekalian merekomendasikan produk terbaik beserta gambarnya. Untuk menjawab rasa penasaran Anda, baca artikel ini sampai selesai. Let’s scroll down!

D. P. Rachmadani
Writer
Content Writer

Seseorang yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Senang mendengar cerita siapa saja, dan suka dengan kucing.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Hapedia. Meski Hapedia terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Hapedia. Silakan baca kebijakan editorial Hapedia untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Cara Mengatur Volume Tanpa Tombol Samping - Terbaru 2024

Menurut hasil penelitian oleh Intan Trivena Maria Daeng et al pada tahun 2017, smartphone memiliki peran penting untuk memberi informasi terbaru dengan cepat dan tepat. Smartphone menyediakan fasilitas tanpa batas pada fungsi SMS dan telepon. Selain itu, smartphone juga bisa untuk mendengarkan musik, bermain game, dan lainnya.

Namun, semua fasilitas itu bisa terganggu jika ada masalah pada tombol volume suara. Gak usah lama-lama, sebaiknya Anda simak baik-baik cara mengatur volume tanpa tombol samping berikut ini. Check it out!

1
Menu Pengaturan

Ini Bisa Menjadi Salah Satu Alternatif yang Bisa Anda Coba

Menu Pengaturan

2
Gunakan Menu Aksesibilitas

Ini Akan Lebih Memudahkan Anda Mengontrol Volume

Gunakan Menu Aksesibilitas

3
Gunakan Asisten Suara

Pake yang Sudah Ada di Semua HP Android dan iPhone Aja

Gunakan Asisten Suara

4
Gunakan Tombol Headphone atau Earphone

Anda Bisa Pake Audio Bluetooth yang Ada Tombolnya, Lho!

Gunakan Tombol Headphone atau Earphone

5
Gunakan Aplikasi Tambahan

Coba Salah Satu Apk untuk Mengatur Volume Suara HP

Gunakan Aplikasi Tambahan

Anda bisa percaya Hapedia. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Hapedia meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Ini Bisa Menjadi Salah Satu Alternatif yang Bisa Anda Coba
© freepik.com
1
Ini Bisa Menjadi Salah Satu Alternatif yang Bisa Anda Coba
Rekomendasi kami

Cara mengecilkan volume suara di HP Android seperti Xiaomi dan Samsung tanpa tombol suara yaitu melalui menu pengaturan. Ini menjadi salah satu alternatif untuk menaikkan atau menurunkan volume nada dering, suara alarm, speaker aktif, dan volume media seperti musik dan video.

Anda hanya perlu masuk ke menu pengaturan, lalu pilih opsi suara dan getaran. Pada pilihan menu suara dan getaran, Anda akan melihat semua kontrol volume. Setelah itu, Anda dapat mengatur volume sesuai dengan keinginan.

Ini Akan Lebih Memudahkan Anda Mengontrol Volume
© freepik.com
2
Ini Akan Lebih Memudahkan Anda Mengontrol Volume

Gunakan Menu Aksesibilitas

Rekomendasi kami

Tombol volume Anda rusak? Susah buat ngatur volume suara, ya? Jika ingin mengatasi masalah ini, Anda bisa menggunakan menu Aksesibilitas untuk memudahkan Anda mengontrol volume HP tanpa menekan tombol.

Menggunakan menu Aksesibilitas akan membuat Anda lebih mudah untuk mengubah volume saat sedang menggunakan aplikasi apapun. Sudah tahu belum caranya? Jika belum, perhatikan caranya di bawah ini.

  1. Buka menu Setting.
  2. Kemudian, scroll down dan pilih opsi menu Aksesibilitas.
  3. Setelah itu, geser toggle ke kanan. Lalu, muncul pop-up pemberitahuan dan klik OK untuk konfirmasi
  4. Terakhir, setelah dikonfirmasi akan muncul pintasan di sisi layar. Pintasan ini terdiri dari beberapa tombol yang salah satunya untuk naikin atau kecilkan volume.
Pake yang Sudah Ada di Semua HP Android dan iPhone Aja
© freepik.com
3
Pake yang Sudah Ada di Semua HP Android dan iPhone Aja

Gunakan Asisten Suara

Rekomendasi kami

Cara atur volume tanpa tombol bisa dengan menggunakan Google Assistant atau aplikasi Bixby. Bedanya Google Assistant dengan aplikasi Bixby adalah Google Assistant ada di semua HP Android. Namun, aplikasi Bixby hanya ada di HP Samsung saja, lho.

Perhatikan langkah-langkah di bawah ini untuk menggunakan Google Assistant.

  1. Langkah pertama, Anda harus memastikan bahwa Google Assistant di handphone sudah aktif.
    Kemudian, buka aplikasi Google, lalu pilih opsi profil.
  2. Lanjut, pilih opsi setelan atau setting dan Google Assistant.
  3. Setelah itu, Anda hanya perlu katakan “Hai Google, Tambahkan Volume“. Lalu, volume akan menaikkan volume dikit demi sedikit.
  4. Apabila Anda bosan dengan kata-kata “Hai Google”, maka Anda dapat menekan tombol beranda yang ada di HP, lalu ucapkan “Tambah atau Kurangi Volume”.

Sedangkan untuk menggunakan aplikasi Bixby di HP samsung, Anda bisa ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Pertama, buka menu pengaturan, pilih opsi pengaktifan suara.
  2. Kemudian, pilih opsi “Hai, Bixby” untuk mengaktifkan perintah suara Anda.
  3. Setelah itu, pilih opsi “Tanggapi Suara Saya”, tujuannya agar Bixby dapat mengenali suara pengguna.
  4. Terakhir, sistem akan memberikan instruksi kepada pengguna untuk mengucapkan kata dalam beberapa kali supaya apk ini lebih mengenal suara penggunanya.
  5. Jika sudah, Anda bisa meminta Bixby membantu untuk mengontrol volume di HP Anda. 
Anda Bisa Pake Audio Bluetooth yang Ada Tombolnya, Lho!
© freepik.com
4
Anda Bisa Pake Audio Bluetooth yang Ada Tombolnya, Lho!

Gunakan Tombol Headphone atau Earphone

Rekomendasi kami

Cara untuk memperbesar atau mengecilkan volume suara di handphone yang selanjutnya yaitu menggunakan tombol di headphone atau earphone. Ini berlaku jika Anda suka menggunakan perangkat tambahan saat melakukan sesuatu dari ponsel.

Kebanyakan earphone terbaru sudah dilengkapi dengan pengaturan volume gerakan. Apabila perangkat yang Anda miliki punya fitur tersebut, Anda tinggal mengatur volume. Sayangnya, tidak semua earphone bisa menggunakan pilihan pengaturan ini.

Coba Salah Satu Apk untuk Mengatur Volume Suara HP
© freepik.com
5
Coba Salah Satu Apk untuk Mengatur Volume Suara HP

Gunakan Aplikasi Tambahan

Rekomendasi kami

Tombol volume HP Anda rusak? Atau volume HP suka tiba-tiba kecil sendiri? Tenang aja, Anda bisa menambahkan aplikasi pengecil suara di smartphone untuk benerin masalah ini.

Adapun beberapa aplikasi kontrol volume untuk HP iPhone dan Android yaitu Volume Booster by GooDev, Boom Music Player and Equalizer, Speaker Boost, VLC, Volume Booster Pro by Music Hero, Precise Volume, dan Bass Boost and Equalizer.

Dari semua aplikasi yang disebutkan, Anda bisa dapatkan apk tersebut di Google Play Store dan App Store. Namun, tidak semua aplikasi tersebut gratis, ya. Beberapa ada yang berbayar.

Tanya Jawab Seputar Cara Mengatur Volume Tanpa Tombol Samping

Sudah paham gimana cara mengatur volume tanpa tombol samping? Gampang, ‘kan? Nah, untuk menambah pengetahuan Anda, alangkah baiknya jika Hapeholic juga membaca section tanya jawab di bawah ini. Yuk, cek!

Gimana caranya volume HP?

Untuk mengubah pengaturan volume, Anda bisa tekan tombol fisik volume. Setelah itu, atur volume yang Anda mau, termasuk panggilan telepon, video call, nada dering, alarm, notifikasi, dan volume media seperti video, musik, game Hago, dan media lainnya.

Bagaimana cara supaya volume HP tidak naik turun sendiri?

Ada 7 cara untuk menyelesaikan masalah volume HP yang suka naik turun sendiri. Simak 7 caranya di bawah ini.

  1. Restart ponsel
  2. Cek tombol fisik volume
  3. Uninstall apk yang bermasalah
  4. Pastikan HP tidak terhubung dengan speaker aktif seperti headset atau earphone Bluetooth
  5. Ubah ponsel Anda ke mode aman
  6. Matikan notifikasi volume
  7. Anda bisa reset HP ke setelan pabrik

Kesimpulan: Cara Mengatur Volume Tanpa Tombol Samping

Demikianlah pembahasan tentang cara mengatur volume tanpa tombol samping. Ada 5 cara terbaik untuk mengatur volume, yaitu dengan menu pengaturan, gunakan menu aksesibilitas, gunakan asisten suara, gunakan tombol headphone atau earphone, dan terakhir Anda bisa gunakan aplikasi tambahan.

Tim Hapedia sudah membagikan beberapa cara mudah untuk mengontrol volume suara. Nah, kini saatnya tim Hapedia memberikan challenge pada Hapeholic untuk mencobanya di rumah. Selain itu, Anda juga bisa membagikan tips ini ke keluarga, teman, pacar, dan bestie-bestie Anda. Apa lagi yang Anda tunggu? Segera kontrol volume pake cara di atas. Semoga artikel ini membantu, ya!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Hapedia adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Hapedia mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo