Hide Menu

Penasaran Gimana Cara Mengatasi Volume HP Mengecil Sendiri? Ikuti Saja 6 Cara Ini, Mudah!

Sudah Cek Pengaturan Suara tapi Masih Belum Ada Perubahan? Coba 6 Cara di Artikel Ini Aja!

Artikel Cara Mengatasi Volume HP Mengecil Sendiri ini diposting diperbarui
3 Pembaca
Like
Cara Mengatasi Volume HP Mengecil Sendiri 2024
© freepik.com

Apa yang Bikin Volume Tiba-Tiba Mengecil Sendiri?

Apa yang Bikin Volume Tiba-Tiba Mengecil Sendiri?
freepik.com

Kerusakan apa sih yang sering terjadi di handphone? Salah satu kerusakan yang sering terjadi itu adalah volume suara yang tiba-tiba mengecil atau keras dengan sendirinya. Hal ini bikin pengguna menjadi gak nyaman, apalagi saat sedang telepon di tempat umum.

Meskipun pengguna sudah mengambil keputusan untuk menggunakan headset atau earphone saat sedang menelepon di tempat umum, tapi masalah volume ini masih kerap terjadi.

Lalu, kenapa volume HP mengecil sendiri? Ada beberapa penyebab yang menimbulkan masalah ini, seperti Anda menggunakan sound aktif, layar bermasalah, terlalu sering mencet tombol volume dengan keras, komponen speaker HP rusak atau bisa saja tanpa Anda sadari speaker kemasukan air.

Masalah volume ini bisa saja terjadi di berbagai merk HP termasuk Xiaomi, Oppo atau iPhone. Nah, buat Anda yang sedang mengalami masalah volume suara HP yang mengecil sendiri dan gak tau cara benerinnya, gak usah khawatir.

Tim Hapedia akan membagikan cara mengatasi volume HP mengecil sendiri. Gak cuma itu, tim Hapedia juga akan merekomendasikan beberapa produk terbaik beserta gambarnya di artikel ini. Penasaran? Baca artikel ini sampai selesai, maka Anda akan menemukan jawabannya. Check it out!

D. P. Rachmadani
Writer
Content Writer

Seseorang yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Senang mendengar cerita siapa saja, dan suka dengan kucing.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Hapedia. Meski Hapedia terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Hapedia. Silakan baca kebijakan editorial Hapedia untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

6 Cara Mengatasi Volume HP Mengecil Sendiri - Terbaru 2024

Menurut hasil penelitian oleh Taupik Abdullah et al tahun 2020 menyatakan bahwa saat ini pengguna smartphone sebagian besar adalah generasi muda. Smartphone menjadi perangkat telekomunikasi yang akan menemani setiap aktivitas Anda sehari-hari, terutama dalam bersosialisasi. Perangkat ini memiliki fungsi yang luas dan dapat merubah perilaku penggunanya, terutama orang dewasa.

Karena HP memiliki banyak kegunaan, gak jarang masalah yang timbul di HP Anda itu ringan namun punya efek yang besar. Salah satunya adalah volume HP yang mengecil sendiri. Apakah Anda sudah tau cara mengatasi volume HP mengecil sendiri? Jika belum, simak baik-baik penjelasannya di bawah ini!

1
Periksa Tombol Volume

Coba Cek, Siapa Tahu Kotor

Periksa Tombol Volume

2
Restart Ponsel

Caranya Sepele tapi Bisa Memperbaiki Masalah yang Ringan di HP

Restart Ponsel

3
Operating System Update

Harus Rutin Update untuk Meminimalisir Kerusakan

Operating System Update

4
Gunakan Aplikasi

Ini Bisa Menjadi Alternatif, Lho!

Gunakan Aplikasi

5
Terhubung dengan Speaker Aktif

Coba Naikkan Volume Secara Manual, Ya!

Terhubung dengan Speaker Aktif

6
Bersihkan HP

Barangkali Ponselnya Kotor, Coba Bersihin sampai Kinclong

Bersihkan HP

Anda bisa percaya Hapedia. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Hapedia meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Coba Cek, Siapa Tahu Kotor
© freepik.com
1
Coba Cek, Siapa Tahu Kotor

Periksa Tombol Volume

Rekomendasi kami

Anda pasti penasaran kenapa volume HP kecil sendiri. Tapi, apakah Anda sudah pernah periksa tombol volume? Faktanya, tombol fisik volume yang rusak merupakan penyebab utama volume HP sering naik atau turun secara random. Oleh sebab itu, segera periksa tombol fisik volume di HP Anda.

Salah satu yang menyebabkan tombol fisik volume rusak yaitu terdapat debu atau kotoran yang nyelip di sela-sela tombol fisik tersebut. Selain itu, tombol fisik volume rusak juga bisa karena tombol fisiknya sudah kendor.

Jika Anda mengalami masalah ini, sebaiknya bongkar body belakang smartphone Anda untuk membersihkannya atau mengencangkannya kembali. Setelah itu, pasang kembali body smartphone Anda. Apabila Anda ragu atau tidak bisa repair tombol fisik volume tersebut, bawa saja ke tempat service ponsel.

Caranya Sepele tapi Bisa Memperbaiki Masalah yang Ringan di HP
© freepik.com
2
Caranya Sepele tapi Bisa Memperbaiki Masalah yang Ringan di HP

Restart Ponsel

Rekomendasi kami

Kalau Anda mendapati masalah volume HP mengecil sendiri, biasanya itu karena adanya bug atau glitch yang bisa bikin volume suara HP Anda mengecil. Jika benar demikian, Anda bisa coba merestart ponsel. Merestart HP bisa memperbaiki masalah ringan yang terjadi di HP, seperti volume suara yang kadang kencang atau kecil. Untuk caranya, Anda hanya perlu menekan tombol daya, lalu pilih opsi restart.

Nah, setelah HP sudah nyala kembali, coba Anda putar audio dengan level volume full. Jika volume suara handphone Anda sudah tidak error, berarti Anda sudah bisa mengatasi masalah tersebut dengan cara kedua ini. Sebagai tambahan, cara ini gak cuma untuk smartphone aja, lho. Anda juga bisa mencoba cara ini di laptop jika terjadi masalah yang sama. 

Harus Rutin Update untuk Meminimalisir Kerusakan
© freepik.com
3
Harus Rutin Update untuk Meminimalisir Kerusakan

Operating System Update

Kalau Anda tidak mau speaker HP rusak, maka Anda harus mengusahakan untuk operating system update. Sebab, volume yang mengecil ini biasanya terjadi karena ada gangguan yang disebabkan oleh bug.

Oleh karena itu, Anda harus segera mengatasi masalah ini agar kerusakan tidak merembet ke fungsi lain di handphone. Jadi, jangan lupa untuk rutin melakukan pembaharuan melalui update sistem operasi.

Ini Bisa Menjadi Alternatif, Lho!
© freepik.com
4
Ini Bisa Menjadi Alternatif, Lho!

Gunakan Aplikasi

Cara lain untuk mengatasi masalah volume mengecil pada speaker atau salon adalah menggunakan aplikasi control volume. Apk ini akan membantu dan mempermudah Anda untuk mengontrol suara tanpa perlu mencet tombol volume.

Selain itu, aplikasi ini bisa Anda dapatkan di Google Play Store dan App Store secara gratis. Walaupun tombol fisik volume mengalami kerusakan, Anda tetap bisa mengontrol volume mau pelan atau keras dengan aplikasi control volume ini, lho.

Coba Naikkan Volume Secara Manual, Ya!
© freepik.com
5
Coba Naikkan Volume Secara Manual, Ya!

Terhubung dengan Speaker Aktif

Rekomendasi kami

Handphone Android biasanya akan secara otomatis menurunkan volume suara saat terhubung dengan headset atau earphone Bluetooth. Jadi, apabila Anda menyambungkan HP ke perangkat audio tersebut, maka Anda harus menaikkan volume secara manual dengan pencet tombol fisik volume.

Barangkali Ponselnya Kotor, Coba Bersihin sampai Kinclong
© freepik.com
6
Barangkali Ponselnya Kotor, Coba Bersihin sampai Kinclong

Bersihkan HP

Rekomendasi kami

Cara mengatasi tombol volume mencet sendiri yaitu dengan membersihkan HP pada bagian tombol volume. Saat Anda membersihkan HP, sebaiknya membersihkan bagian dalamnya juga. Simak step-step di bawah ini.

  1. Pertama, siapkan alat-alat yang dibutuhkan seperti obeng mini, kapas atau cotton bud, tisu, dan minyak kayu putih atau alkohol.
  2. Matikan ponsel dengan menekan tombol power.
  3. Setelah itu, buka casing belakang menggunakan obeng mini. Lakukan secara perlahan dan hati-hati.
  4. Kemudian, teteskan alkohol atau minyak kayu putih ke cotton bud untuk menghilangkan kotoran.
  5. Selanjutnya, usap secara perlahan cotton bud ke bagian tombol ponsel sampai bersih.
  6. Setelah kotorannya hilang, Anda bisa membersihkan sisa-sisa cairan tersebut dengan tisu kering.
  7. Terakhir, pasang casing HP dengan benar.

Tanya Jawab Seputar Cara Mengatasi Volume HP Mengecil Sendiri

Nah, kini Hapeholic sudah tahu cara mengatasi volume HP mengecil sendiri. Untuk menambah pengetahuan Anda, alangkah baiknya jika Anda tidak melewatkan section tanya jawab ini. Yuk, baca pertanyaan dan jawaban yang sering muncul di bawah!

Mengapa volume HP sering turun sendiri?

Salah satu penyebab volume HP mengecil dengan sendirinya itu karena tombol fisik volume rusak.

Bagaimana cara mengecilkan volume HP?

Untuk mengecilkan atau menaikkan volume HP, Anda bisa melakukannya hanya dengan cara menekan tombol fisik volume atau mengaturnya melalui menu pengaturan.

Kenapa suara HP iPhone tiba-tiba kecil?

Biasanya, hal ini terjadi karena HP iPhone Anda mengalami bug sehingga menyebabkan volume speaker Anda menjadi kecil.

Kesimpulan: Cara Mengatasi Volume HP Mengecil Sendiri

Demikianlah pembahasan tentang cara mengatasi volume HP mengecil sendiri. Anda bisa melakukan 6 cara, yaitu periksa tombol volume, restart ponsel, operating system update, gunakan aplikasi, memutus sambungan ke Bluetooth, dan terakhir bersihkan HP.

Tim Hapedia sudah memberikan tips terbaik dan mudah agar para Hapeholic bisa mencobanya di rumah. Tips di atas juga bisa Anda bagikan ke keluarga, sahabat atau bahkan teman-teman, lho. Tunggu apa lagi? Segera perbaiki volume HP Anda dengan cara di atas. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Hapedia adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Hapedia mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo