Hide Menu

Jangan Terlewat, Ikuti 5 Cara Mengaktifkan Headset Bluetooth agar Terhubung dengan Benar!

Headset Bluetooth yang Terhubung dengan Benar Butuh Sambungan yang Tepat Pula, Simak Selengkapnya di Artikel Ini!

Artikel Cara Mengaktifkan Headset Bluetooth ini diposting diperbarui
2 Pembaca
Like
Cara Mengaktifkan Headset Bluetooth 2024
© freepik.com

Headset Hadir dengan Fitur Bluetooth

Headset Hadir dengan Fitur Bluetooth
freepik.com

Saat ini, sudah banyak orang yang menggunakan headset, earphone, earbud, handsfree atau headphone. Semua perangkat audio ini memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk mendengarkan musik atau menerima panggilan telepon.

Bahkan, sudah banyak perangkat audio yang dilengkapi dengan fitur-fitur yang jauh lebih canggih seperti Bluetooth (re:blutut). Pasti menyenangkan kalau mendengarkan lagu favorit dengan perangkat ini karena suara bass bisa langsung terdengar di telinga, membuat Anda merasa seperti sedang berada di konser. 

Faktanya, headset Bluetooth merupakan gabungan antara earphone dan mikrofon yang tidak membutuhkan kabel agar bisa terhubung. Seperti namanya, headset ini menggunakan teknologi nirkabel Bluetooth yang dapat pairing dengan mudah ke berbagai perangkat tanpa aplikasi. Beberapa perangkat yang bisa pairing dengan headset Bluetooth yaitu laptop, komputer, dan smartphone.

Sayangnya, masih banyak pengguna baru yang belum tahu cara mengaktifkan headset Bluetooth sekaligus cara menyambungkannya. Baik itu dengan HP iPhone atau Android seperti Samsung, Xiaomi, dan Oppo.

Kali ini, tim Hapedia akan membagikan cara menghidupkan headset Bluetooth dan merekomendasikan beberapa produk perangkat audio terbaik beserta dengan gambarnya. Penasaran? Untuk tahu jawabannya, Anda harus baca artikel ini sampai selesai. Let’s go!

D. P. Rachmadani
Writer
Content Writer

Seseorang yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Senang mendengar cerita siapa saja, dan suka dengan kucing.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Hapedia. Meski Hapedia terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Hapedia. Silakan baca kebijakan editorial Hapedia untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Cara Mengaktifkan Headset Bluetooth - Terbaru 2024

Menurut hasil penelitian oleh Yeni Irdayanti pada tahun 2012, ia menyatakan bahwa salah satu teknologi wireless yang berkembang dengan sangat pesat adalah Bluetooth. Selain itu, Bluetooth juga dapat memudahkan penggunaan teknologi kabel yang sering menyulitkan Anda untuk menghubungkan beberapa alat.

Salah satunya yaitu headset yang kini sudah dilengkapi dengan fitur Bluetooth. Namun, masih ada saja orang yang tidak tahu cara mengaktifkan headset Bluetooth, lho. Ayo simak baik-baik setiap poin di bawah yang sudah tim Hapedia siapkan untuk Anda. So, check this out

1
Aktifkan Fitur Bluetooth di Headset

Pastikan Lampu Indikatornya Berkedip

Aktifkan Fitur Bluetooth di Headset

2
Atur Mode Pairing

Jika Lampu Indikator Sudah Berkedip, Perangkat akan Terhubung Otomatis

Atur Mode Pairing

3
Nyalakan Fitur Bluetooth di Gadget

Pastikan Button Sudah Bergeser dan Berubah Warna

Nyalakan Fitur Bluetooth di Gadget

4
Scan Perangkat Bluetooth

Cari hingga Nama Headset Bluetooth Anda Muncul

Scan Perangkat Bluetooth

5
Koneksikan Kedua Perangkat

Kalau Sudah Ada Notifikasi, Tandanya Sudah Saling Terhubung

Koneksikan Kedua Perangkat

Anda bisa percaya Hapedia. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Hapedia meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Pastikan Lampu Indikatornya Berkedip
© freepik.com
1
Pastikan Lampu Indikatornya Berkedip

Aktifkan Fitur Bluetooth di Headset

Rekomendasi kami

Langkah pertama untuk cara menghidupkan headset Bluetooth yaitu Anda harus menyalakan fitur Bluetooth terlebih dahulu. Nah, untuk mengaktifkannya, Anda hanya perlu menekan tombol power yang ada pada headset.

Setelah Anda menekan tombol power akan muncul lampu indikator yang berkedip. Lampu indikator tersebut sebagai penanda bahwa headset Bluetooth Anda sudah menyala.

Jika Lampu Indikator Sudah Berkedip, Perangkat akan Terhubung Otomatis
© freepik.com
2
Jika Lampu Indikator Sudah Berkedip, Perangkat akan Terhubung Otomatis

Atur Mode Pairing

Rekomendasi kami

Langkah selanjutnya untuk cara memasang headset Bluetooth yaitu dengan mengatur mode pairing. Cara mengaturnya, Anda harus menekan dan menekan tombol multifungsi selama beberapa detik. Tombol multifungsi ini adalah tombol yang biasanya dipakai untuk menerima panggilan telepon.

Jika lampu indikator sudah berkedip dan menunjukkan warna biru atau merah, itu artinya headset Bluetooth sudah ada dalam mode pairing. Saat mode pairing ini sudah aktif, maka headset bagian kanan dan kiri juga akan secara otomatis terpasang.

Pastikan Button Sudah Bergeser dan Berubah Warna
© freepik.com
3
Pastikan Button Sudah Bergeser dan Berubah Warna

Nyalakan Fitur Bluetooth di Gadget

Rekomendasi kami

Berikutnya, cara aktifin headset Bluetooth yaitu dengan mengaktifkan Bluetooth yang ada di HP, laptop atau speaker mobil Anda. Kali ini, Anda perlu masuk ke menu pengaturan atau menarik bar ponsel Anda dari atas ke bawah.

Setelah itu, klik ikon Bluetooth atau geser button sampai berwarna hijau. Jika sudah berwarna hijau, itu artinya Bluetooth di HP sudah aktif dan Anda bisa lanjut ke langkah berikutnya. 

Cari hingga Nama Headset Bluetooth Anda Muncul
© freepik.com
4
Cari hingga Nama Headset Bluetooth Anda Muncul

Scan Perangkat Bluetooth

Rekomendasi kami

Bluetooth di smartphone dan earphone sudah sama-sama aktif. Sekarang, Anda harus memindai perangkat Bluetooth yang ada di sekitar ponsel Anda dengan tujuan supaya smartphone bisa mencari nama headset Bluetooth milik Anda.

Untuk proses pemindaian ini hanya membutuhkan waktu sebentar saja. Jika memang mudah, dalam hitungan detik saja kedua perangkat akan terhubung secara otomatis. .

Kalau Sudah Ada Notifikasi, Tandanya Sudah Saling Terhubung
© freepik.com
5
Kalau Sudah Ada Notifikasi, Tandanya Sudah Saling Terhubung

Koneksikan Kedua Perangkat

Rekomendasi kami

Nama Bluetooth pada perangkat headset Bluetooth sudah terdeteksi, ‘kan? Langkah selanjutnya, Anda tinggal connect headset dan smartphone saja. Namun, ada hal yang perlu Anda garis bawahi saat proses ini berlangsung.

Faktanya, ada beberapa perangkat yang membutuhkan PIN agar bisa tersambung dengan smartphone. Jika memang butuh PIN, masukkan kode yang sama. Apabila tidak, tunggu saja sampai prosesnya selesai. 

Anda harus menunggu beberapa saat sampai ada informasi bahwa perangkat sudah saling terhubung. Namun, apabila kedua perangkat sudah pernah terhubung, maka Anda hanya perlu mengaktifkan Bluetooth kedua perangkat. Nantinya, kedua perangkat akan melakukan pairing sendiri secara otomatis.

Tanya Jawab Seputar Cara Mengaktifkan Headset Bluetooth

Tim Hapedia sudah membagikan cara mengaktifkan headset Bluetooth di atas. Tapi, alangkah baiknya jika Anda tidak melewatkan section tanya jawab untuk menambah wawasan Anda. Kalau gitu, silahkan cek pertanyaan dan jawabannya di bawah ini!

Bagaimana cara menghidupkan headset Bluetooth?

Untuk mengaktifkan headset Bluetooth, Anda hanya perlu menekan tombol power atau on. Jika lampu indikator menyala, itu artinya headset Bluetooth sudah aktif.

Mengapa headset Bluetooth tidak terdeteksi?

Hal ini biasanya terjadi karena adanya kesalahan koneksi yang menyebabkan salah satu bagian headset Bluetooth mati. Ini juga yang menyebabkan perangkat audio jadi  tidak dapat terhubung dengan baik dan benar ke gadget. Selain itu, jarak juga bisa menjadi penyebab headset Bluetooth tidak terdeteksi.

Kenapa TWS tidak bisa connect?

Biasanya karena jarak antara handphone dengan TWS cukup jauh. Untuk mengatasi masalah yang terjadi antara hubungan TWS dan smartphone, Anda hanya perlu mendekatkan kedua perangkat tersebut untuk bisa terhubung dengan benar.

Bagaimana jika headset Bluetooth tidak terdeteksi?

Salah satu cara untuk bisa mengatasi masalah headset Bluetooth yang gak terdeteksi yaitu dengan mereset atau mematikan fitur Bluetooth, lalu nyalakan kembali.

Bagaimana cara reset headset Bluetooth?

Untuk mereset sistem dari headset Bluetooth, Anda harus menekan tombol volume naik, volume turun, dan tombol multifungsi secara bersamaan. Saat proses reset ini berlangsung, perhatikan notifikasi yang muncul pada perangkat audio.

Kenapa HP tidak bisa terhubung dengan headset?

Masalah yang seperti ini bisa terjadi karena beberapa faktor, seperti port audionya bermasalah, kabelnya rusak, driver audio yang tidak terinstal, koneksinya longgar, ada kesalahan di pengaturan suara, dan lain sebagainya.

Kesimpulan: Cara Mengaktifkan Headset Bluetooth

Itu dia cara mengaktifkan headset Bluetooth. Tim Hapedia ingatkan kembali 5 cara untuk aktifinnya yaitu dengan mengaktifkan fitur Bluetooth di headset, atur mode pairing, nyalakan fitur Bluetooth di gadget, scan perangkat Bluetooth, dan langkah terakhir koneksikan kedua perangkat.

Tips di atas merupakan cara terbaik untuk menggunakan headset Bluetooth. Hapeholic bisa praktik tips tersebut secara berurutan dan jangan sampai ada yang terlewat. Selain itu, cara di atas juga bisa Anda coba untuk semua brand yang meluncurkan headset Bluetooth, termasuk JBL. Terakhir, semoga pembahasan ini bermanfaat!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Hapedia adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Hapedia mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo