Hide Menu

Ternyata Mudah Lho, Beginilah 4 Cara Memperbaiki Charger HP Mobil. Gak Perlu Beli Baru!

Jangan Dulu Beli Charger HP Mobil yang Baru, Coba Lakukan 4 Cara Memperbaiki Charger HP Mobil di Sini!

Artikel Cara Memperbaiki Charger HP Mobil ini diposting diperbarui
3 Pembaca
Like
Cara Memperbaiki Charger HP Mobil 2024
© istockphoto.com/Rattanakun

Charger HP Mobil: Aksesoris Mobil yang Sangat Berguna

Charger HP Mobil: Aksesoris Mobil yang Sangat Berguna
istockphoto.com/NopphonPattanasri

Di zaman sekarang, smartphone benar-benar telah menjadi kebutuhan utama setiap orang dalam beraktivitas, terlebih untuk Anda yang punya banyak kesibukan. Karena tingginya kebutuhan orang-orang akan smartphone ini, banyak pabrikan mobil yang saat ini melengkapi mobil keluaran terbaru mereka dengan soket atau colokan listrik.

Tentu saja, adanya soket atau outlet atau colokan listrik ini bisa Anda manfaatkan untuk ngecas HP jika Anda sedang dalam perjalanan menggunakan mobil. Lalu, bagaimana cara charging HP lewat socket listrik pada mobil? Caranya cukup mudah karena Anda hanya membutuhkan satu aksesoris, yaitu charger atau casan HP mobil. That’s it!

Namun, bagaimana jadinya jika cas HP mobil Anda rusak? Apakah Anda harus segera menggantinya dengan unit yang baru? Menggantinya segera dengan unit baru mungkin adalah keputusan paling mudah, namun ada solusi lain yang lebih bijak, yaitu mencoba memperbaikinya.

Sekarang pertanyaannya, bagaimana cara memperbaiki charger HP mobil? Jika Anda penasaran dengan jawabannya, silakan simak artikel ini. Tim Otopapa telah merangkum informasi seputar penyebab charger HP mobil rusak, cara memperbaikinya, beserta rekomendasi-rekomendasi produk charger HP mobil terbaik. Jadi, silakan membaca!

Penyebab Charger HP Mobil Tidak Berfungsi atau Rusak

Penyebab Charger HP Mobil Tidak Berfungsi atau Rusak
istockphoto.com/Prykhodov

Rusaknya charger HP mobil Anda bisa diakibatkan oleh delapan faktor yang meliputi:

  • Kabel Charger HP yang Rusak

Penyebab pertama kenapa charger HP mobil Anda rusak bisa jadi karena kabel sambungan casan yang rusak. Selain itu, penyebab dari rusaknya kabel cas HP mobil ini biasanya karena Anda menggunakan kabel cas terlalu sering dan tidak menyimpannya di tempat yang baik sehingga sambungan kabel casan HP mobil mengalami aus dan korsleting.

  • Port Charger Kotor atau Rusak

Penyebab charger HP mobil rusak selanjutnya adalah port charger atau konektor casan yang kotor atau rusak. Adanya debu, kotoran, maupun serpihan yang terjebak dalam lubang charger bisa saja menghalangi aliran listrik yang diperlukan untuk mengisi daya baterai HP Anda.

Dalam hal ini, maka sangat penting bagi Anda untuk rutin membersihkan konektor charger agar smartphone tidak susah dicas saat Anda menggunakan mobil.

  • Fuse yang Putus

Kerusakan pada fuse atau sekring juga bisa menjadi satu alasan kenapa casan HP Anda rusak dan tidak mau mengisi daya baterai HP Anda sampai penuh. Bagaimanapun, fungsi dari fuse ini adalah untuk melindungi charger HP mobil dari gangguan atau lonjakan arus yang dapat merusak sistem pengisian daya mobil.

  • Pengaturan Pengisian Daya yang Salah

Secara umum, setiap mobil saat ini memiliki pengaturan pengisian daya yang bisa Anda atur sesuai kebutuhan Anda. Jadi, jika charger HP di mobil Anda tidak berfungsi, maka Anda bisa coba memerika pengaturan pengisian daya pada sistem entertainment mobil. Lalu coba sesuaikan, barangkali itu bisa memperbaiki charger HP Anda yang tidak mengisi tadi.

  • Kabel Penghubung yang Longgar

Kabel penghubung yang longgar juga kadang bisa menjadi penyebab charger HP mobil Anda rusak atau tidak mau mengisi. Ini tidak hanya berlaku pada gawai saja, namun laptop juga demikian. Oleh karena itu, saat melakukan charging HP di mobil, coba pastikan dulu apakah kabel penghubung sudah terhubung dengan kuat ke charger HP dan port charger mobil.

  • Adanya Masalah pada Aki Mobil

Dalam beberapa kasus tidak terhubungnya charger HP bisa saja terletak pada aki mobil yang bermasalah. Bagaimanapun, aki pada mobil punya fungsi sebagai sumber listrik. Jadi, jika aki mobil Anda sudah melemah atau tekor, maka itu dapat membuat charger HP mobil Anda tidak mau mengisi daya.

Hal ini pun sama dengan apa yang dikatakan oleh Jurnal Media Indonesia (2016) yang mengatakan bahwa masalah aki yang tidak sehat dapat menyebabkan tegangan listrik yang tidak seimbang sehingga ponsel Anda tidak mau dicas dan bahkan rusak.

  • Kompatibilitas yang tidak Cocok

Perlu untuk Hapeholic ketahui bahwasanya tidak semua charger HP cocok dengan mobil yang Anda gunakan. Pasalnya, beberapa charger HP mobil memiliki spesifikasi khusus sehingga tidak cocok dengan sistem pengisian daya mobil Anda. Solusinya? Tentu saja! Selalu baca deskripsi produk tentang kompatibilitas, apakah produk charger HP tersebut cocok untuk mobil Anda atau tidak.

  • Adanya Masalah dengan HP yang Anda Gunakan

Penyebab charger HP mobil rusak yang terakhir terletak pada HP yang Anda gunakan. Yep, benar sekali! Bisa jadi alasan kenapa charger HP di mobil Anda tidak mau mengisi karena port charger di HP Anda rusak atau software pada HP Anda memiliki bug.

A. Ulinnuha
Writer
Content Editor

Seorang pemikir yang penuh antusias, suka mengeksplorasi hal-hal baru, dan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik di setiap langkah kehidupannya. Sejak masuk di bangku kuliah, Adhit mulai tertarik dengan dunia kepenulisan. Ia kemudian banyak menghabiskan waktunya untuk menulis puisi, cerita-cerita sarat makna, dan beragam artikel dengan berbagai macam topik.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Hapedia. Meski Hapedia terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Hapedia. Silakan baca kebijakan editorial Hapedia untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

4 Cara Memperbaiki Charger HP Mobil - Terbaru 2024

Sekarang, Anda sudah tahu penyebab rusaknya charger HP mobil Anda. Kalau begitu, mari kembali ke topik utama, yaitu cara memperbaiki charger HP mobil yang rusak. Bagaimana cara mengatasinya? Simak poin-poin di bawah untuk mengetahuinya!

1
Cek Port Kabel USB

Cek Port Sambungan Kabel USB, Bentuknya Sesuai atau Tidak?

Cek Port Kabel USB

2
Periksa Charger yang Tidak Bisa Mengalirkan Listrik

Cek Saja Ujung Charger HP, Apakah Ada Hawa Panas atau Tidak

Periksa Charger yang Tidak Bisa Mengalirkan Listrik

3
Atasi Tegangan yang Kurang Stabil

Coba Cek Ketidakstabilan Tegangan antara Charger dan HP

Atasi Tegangan yang Kurang Stabil

4
Ganti dengan Lighter Charger HP Mobil yang Baru

Ganti Lighter Charger HP Anda dengan Unit yang Baru

Ganti dengan Lighter Charger HP Mobil yang Baru

Anda bisa percaya Hapedia. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Hapedia meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Cek Port Sambungan Kabel USB, Bentuknya Sesuai atau Tidak?
© istockphoto.com/JohnRPrice
1
Cek Port Sambungan Kabel USB, Bentuknya Sesuai atau Tidak?

Cek Port Kabel USB

Rekomendasi kami

Langkah pertama pada cara memperbaiki charger HP mobil adalah dengan mengecek konektor port di kabel USB. Ini merupakan langkah penting yang harus Anda lakukan di awal karena bisa saja penyebab rusaknya charger HP mobil Anda tidak berasal dari cas, namun dari konektor port kabel USB.

Biasanya, masalah ini terjadi karena port pada kabel USB memiliki bentuk yang tidak sesuai sehingga charger HP tidak masuk dan fungsinya untuk mengalirkan daya listrik terhambat. Dengan melakukan pengecekan, Anda bisa coba untuk menyesuaikan bentuk port USB sehingga charger HP Anda dapat berfungsi seperti sediakala.

Cek Saja Ujung Charger HP, Apakah Ada Hawa Panas atau Tidak
© istockphoto.com/Wachiwit
2
Cek Saja Ujung Charger HP, Apakah Ada Hawa Panas atau Tidak

Periksa Charger yang Tidak Bisa Mengalirkan Listrik

Rekomendasi kami

Jika Anda sudah melakukan pengeceken pada port di kabel USB dan tidak menemukan masalah di sana, kemungkinannya adalah kepala charger HP Anda tersebut tidak dapat mengalirkan listrik bahkan setelah beberapa jam pengecasan. Oleh karena itu, cara memperbaiki charger HP mobil selanjutnya adalah dengan memeriksa kepala charger HP.

Langkah pertama untuk melakukan pemeriksaan ini adalah dengan menekan ujung cas HP, gunakanlah tisu untuk melakukannya. Jika Anda mendapati hawa panas, berarti cas HP Anda tidak memiliki masalah. Namun, jika Anda tidak merasakan adanya hawa panas pada ujung cas, artinya cas HP tersebut sudah rusak.

Coba Cek Ketidakstabilan Tegangan antara Charger dan HP
© istockphoto.com/AleksandrKondratov
3
Coba Cek Ketidakstabilan Tegangan antara Charger dan HP

Atasi Tegangan yang Kurang Stabil

Rekomendasi kami

Apakah pengecekan terhadap ujung cas yang sebelumnya Anda lakukan menyimpulkan bahwa charger HP Anda masih bagus dan tidak bermasalah? Kalau begitu, kemungkinan rusaknya charger HP Anda karena ketidakstabilan daya pada HP dengan charger HP yang ada di mobil Anda.

Bagaimana cara untuk mengetahui ketidakstabilan ini? Caranya mudah kok Otopaps, karena biasanya tanda ketidakstabilan daya antara HP dan charger ini ditandai dengan pengisian daya yang lama atau lambat dan tidak kunjung bertambah. Jika sudah begini, segera cek dan bandingkan kualitas daya di HP Anda dengan charger HP di mobil Anda.

Sebagai contoh, misalkan HP Anda membutuhkan kekuatan arus sekitar 1.5 ampere, maka Anda harus mencari casan HP mobil yang punya spesifikasi output 1.5 ampere juga. Jadi, pastikan daya pada HP dan charger HP Anda sesuai, ya, Hapeholic.

Ganti Lighter Charger HP Anda dengan Unit yang Baru
© istockphoto.com/NopphonPattanasri
4
Ganti Lighter Charger HP Anda dengan Unit yang Baru

Ganti dengan Lighter Charger HP Mobil yang Baru

Rekomendasi kami

Anda sudah melakukan ketiga cara di atas dan ternyata masih gak berhasil? Kalau begitu, solusi selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengganti lighter yang lama dengan lighter yang baru. Untuk mendapatkan lighter charger HP mobil baru, Anda bisa menemukannya di toko offline maupun e-commerce.

Dalam pemilihan lighter charger baru, Anda harus memilih unit yang punya kapasitas dan ukuran yang sesuai dengan spesifikasi mobil Anda. Karena bagaimanapun, jika lighter charger HP yang Anda pilih punya kapasitas dan ukuran yang gak sesuai, kemungkinannya adalah lighter tersebut tidak akan bisa Anda gunakan.

Jika Anda sudah membeli lighter charger HP mobil yang baru, maka langkah selanjutnya adalah pemasangan. Tidak perlu bawa ke bengkel karena Anda bisa menggantinya sendiri. Caranya cukup mudah. Pertama-tama, silakan melepas bagian dashboard mobil Anda dengan hati-hati untuk membukanya.

Misalkan sudah terbuka, cabut pelan-pelan kabel yang perlu dipisahkan dan buka lighter yang lama dari tempatnya. Jika sudah selesai Anda buka, maka silakan pasang lighter charger HP mobil baru pada tempat lighter yang lama tadi. Pastikan pemasangannya sudah sesuai dan pas, baik lighter HP maupun kabel yang menghubungkannya.

Langkah terakhir adalah kembali memasang dashboard ke tempat asalnya. Selesai, Anda bisa segera melakukan percobaan dengan mengisi baterai smartphone Anda menggunakan lighter charger baru tadi. Jika HP Anda menampilkan notifikasi charging, berarti lighter charger HP mobil yang Anda beli sebelumnya berfungsi dengan baik.

Tanya Jawab Seputar Cara Memperbaiki Charger HP Mobil

Itulah 4 cara memperbaiki charger HP mobil yang bisa Anda ikuti langkahnya. Apakah sudah selesai? Tentu belum karena tim Hapedia kami masih akan menampilkan beberapa pertanyaan seputar charger HP mobil rusak. Silakan cek!

Bolehkah charger hp di mobil?

Sangat boleh, dengan syarat Anda harus menggunakan charger HP mobil dan kabel charger yang kompatibel dengan spesifikasi HP maupun mobil Anda.

Apakah charger mobil bisa merusak HP?

Selama Anda menggunakan charger HP mobil dan kabel charger yang sesuai dengan spesifikasi mobil maupun smartphone Anda, maka ngecas di mobil tidak akan merusak smartphone Anda.

Berapa arus dari lighter mobil?

Arus lighter pada mobil umumnya memiliki sekitar 15 ampere.

Apa penyebab cas HP lama penuh?

Penyebab utama kenapa ngecas HP sangat lambat dan lama umumnya disebabkan oleh adaptor kepala charger dan kabel charger yang rusak. 

Cara memperbaiki charger HP lama mengisi?

Di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi charger HP yang lama mengisi baterai HP.

  • Matikan smartphone saat mengisi daya baterai
  • Ganti adaptor atau kepala charger HP
  • Ganti kabel USB charger Anda
  • Periksa tempat konektor port USB di HP Anda
  • Nonaktifkan semua aplikasi yang membutuhkan banyak power (daya)
  • Update OS

Kesimpulan: Cara Memperbaiki Charger HP Mobil

Demikianlah akhir pembahasan tim Hapedia seputar cara memperbaiki charger HP mobil. Sebagai penutup, setiap mobil maupun HP memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk memilih charger HP maupun kabel casan yang memiliki tegangan maupun kekuatan arus yang sesuai dengan spesifikas mobil dan smartphone Anda. Segera praktikkan cara di atas, dan semoga berhasil!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Hapedia adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Hapedia mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo