Hide Menu

Begini Cara Memindahkan Data HP Lama ke HP Baru OPPO, Cuma Butuh 3 Metode Doang!

Ada Tiga Cara untuk Pindahin Data HP Lama ke HP Baru OPPO, Pakai Clone Phone, SHAREit, dan Google Drive

Artikel Cara Memindahkan Data HP Lama ke HP Baru OPPO ini diposting diperbarui
5 Pembaca
Like
Cara Memindahkan Data HP Lama ke HP Baru OPPO 2024
© istockphoto.com/solidcolours

Gimana Caranya Mindahin Data HP Lama ke HP Baru Oppo?

Gimana Caranya Mindahin Data HP Lama ke HP Baru Oppo?
istockphoto.com/fizkes

Siapa nih dari Hapeholic yang baru saja ganti HP ke HP OPPO di tahun 2024 ini? Ya wajar aja sih, selain Samsung dan Xiaomi, OPPO merupakan brand HP yang sudah memasarkan beragam model smartphone Android, mulai dari kelas entry-level sampai flagship.

Namun, ada satu masalah, tebak apa? Anda benar, Hapeholic! Masalah tersebut adalah mindahin data HP lama ke HP OPPO Anda yang baru. Saat beralih ke HP baru, transfer data-data penting seperti file catatan, data backup game, file foto di galeri, maupun cadangan nomor kartu di kontak HP adalah hal yang memakan cukup banyak waktu.

Kira-kira, ada gak sih cara memindahkan data HP lama ke HP baru OPPO yang mudah dan cepat? Tentu ada, dong. Cara mudah tersebut adalah memanfaatkan fitur Clone Phone yang brand OPPO kembangkan untuk mempermudah sekaligus mempercepat proses migrasi data antar perangkat smartphone tanpa kabel.

Oh iya, selain Clone Phone, Anda juga bisa melakukan pengiriman data penting dari HP lama ke HP baru OPPO menggunakan aplikasi transfer file pihak ketiga seperti si biru SHAREit ataupun Google Drive. Seperti apa caranya? Simak artikel ini sampai habis untuk mengetahui cara-caranya. Selamat membaca!

A. Ulinnuha
Writer
Content Editor

Seorang pemikir yang penuh antusias, suka mengeksplorasi hal-hal baru, dan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik di setiap langkah kehidupannya. Sejak masuk di bangku kuliah, Adhit mulai tertarik dengan dunia kepenulisan. Ia kemudian banyak menghabiskan waktunya untuk menulis puisi, cerita-cerita sarat makna, dan beragam artikel dengan berbagai macam topik.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Hapedia. Meski Hapedia terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Hapedia. Silakan baca kebijakan editorial Hapedia untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

3 Cara Memindahkan Data HP Lama ke HP Baru OPPO - Terbaru 2024

Tiba juga Anda di bagian pembahasan. Di bawah ini adalah 3 cara memindahkan data HP lama ke HP baru OPPO yang mudah dan cepat. Pertama adalah menggunakan Clone Phone, kedua adalah menggunakan SHAREit, dan ketiga adalah menggunakan akun email Google. Yuk, simak! 

1
Cara Memindahkan Data HP Lama ke HP Baru OPPO Menggunakan Clone Phone

Aplikasi Transfer File Bawaan OPPO Buat Mindahin Data dengan Mudah dan Cepat

Cara Memindahkan Data HP Lama ke HP Baru OPPO Menggunakan Clone Phone

2
Cara Memindahkan Data HP Lama ke HP Baru Oppo Menggunakan Aplikasi SHAREit

Si Biru yang Sudah Terkenal Sebagai Aplikasi Transfer File Terbaik

Cara Memindahkan Data HP Lama ke HP Baru Oppo Menggunakan Aplikasi SHAREit

3
Cara Memindahkan Data HP Lama ke HP Baru Oppo Menggunakan Google Drive

Pake Google Drive, Cuma Butuh Akun Google yang Sama Aja Kok

Cara Memindahkan Data HP Lama ke HP Baru Oppo Menggunakan Google Drive

Anda bisa percaya Hapedia. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Hapedia meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Aplikasi Transfer File Bawaan OPPO Buat Mindahin Data dengan Mudah dan Cepat
© istockphoto.com/MarinaDemeshko
1
Aplikasi Transfer File Bawaan OPPO Buat Mindahin Data dengan Mudah dan Cepat

Cara Memindahkan Data HP Lama ke HP Baru OPPO Menggunakan Clone Phone

Rekomendasi kami

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk migrasi data di HP lama ke HP baru OPPO adalah menggunakan fitur Clone Phone. Ini merupakan sebuah fitur yang dikembangkan oleh OPPO untuk mempermudah proses perpindahan data antar perangkat smartphone.

Seperti apa cara menggunakan OPPO Clone Phone? Simak poin-poin di bawah untuk mengetahuinya!

  1. Pada HP OPPO Anda yang baru, cari aplikasi Clone Phone yang ada di dalam folder “Tools” di halaman “Home Screen”.
  2. Setelah masuk ke aplikasi, Anda akan melihat dua menu pilihan “This is the Old Device” dan “This is the New Device”. Berhubung Anda ingin transfer data ke HP baru, maka pilihlah menu “This is the New Device”.
  3. Setelah itu, Anda akan diarahkan untuk menuju ke laman “Migrate Data From”. Di laman ini, Anda harus memilih jenis dan OS dari HP lama Anda. Tersedia opsi OPPO, realme, or OnePlus, Other Android, dan iPhone.
  4. Jika HP lama Anda bermerek OPPO ataupun realme, maka pilihlah opsi pertama. Namun jika HP lama Anda adalah HP Samsung ataupun Xiaomi, pilihlah opsi kedua. Demikian juga, jika HP Anda yang sebelumnya adalah iPhone, maka pilihlah opsi ketiga.
  5. Sesaat setelah Anda memilih jenis dan OS dari HP lama Anda, maka nantinya akan muncul QR Code di laman “Connect Your Devices”.
  6. Jika sudah sampai sini, sekarang, silakan buka HP lama Anda. Semisal HP lama Anda bermerek OPPO, maka Anda bisa segera langsung membuka aplikasi Clone Phone. Sebaliknya, jika HP lama Anda bukan dari merek OPPO, Anda bisa install aplikasi Clone Phone lewat Play Store maupun App Store. Anda juga bisa mengunduh aplikasi ini via link URL di https://i.clonephone.coloros.com/download.
  7. Setelah aplikasi Clone Phone sudah terinstall di smartphone lama Anda, segera masuk ke aplikasinya dan tap menu “This is the Old Device”. Anda nantinya akan disuruh untuk scan kode QR yang muncul di HP baru OPPO Anda, maka pastikan layarnya tidak mati. 
  8. Usai scan QR Code, segera klik tombol “Start Migration” yang ada di HP lama Anda untuk memulai proses migrasi data.
  9. Setelah itu, tunggu saja sampai proses transfer datanya selesai. Semisal sudah selesai, segera klik tombol “Done” pada HP lama dan HP baru.
  10. Selesai, sekarang coba cek apakah semua data yang ada di smartphone lama Anda sudah masuk ke HP OPPO Anda yang baru.
Si Biru yang Sudah Terkenal Sebagai Aplikasi Transfer File Terbaik
© istockphoto.com/MStudioImages
2
Si Biru yang Sudah Terkenal Sebagai Aplikasi Transfer File Terbaik

Cara Memindahkan Data HP Lama ke HP Baru Oppo Menggunakan Aplikasi SHAREit

Rekomendasi kami

Selain menggunakan aplikasi Clone Phone, Anda bisa juga memindahkan data di ponsel lama Anda ke HP baru OPPO menggunakan aplikasi transfer file pihak ketiga. Apa saja contoh aplikasinya? Sebut saja SHAREit, EasyShare, Send Anywhere, Xender, dan Zapya.

Namun kali ini, tim Hapedia akan menunjukkan cara memindahkan data HP lama ke HP baru OPPO menggunakan SHAREit. Untuk Anda yang belum tahu, SHAREit merupakan sebuah aplikasi yang punya kemampuan untuk mentransfer file dokumen, gambar, musik, serta video dengan mudah dan cepat (Qona’ah. E. H & Budi. P, 2021).

Anda jadi tidak perlu kloning HP, kloning saja dokumen yang ada. Penasaran bagaimana caranya? Pertama, Anda harus install aplikasi SHAREit di ponsel lama dan ponsel merek OPPO Anda. Jika sudah, silakan simak kelanjutan caranya lewat poin-poin di bawah.

  1. Buka aplikasi SHAREit di smartphone lama Anda, lalu pilih opsi “Send”.
  2. Setelah itu, silakan pilih file ataupun data penting yang ingin Anda pindahkan ke HP baru OPPO Anda.
  3. Jika sudah selesai memilih, segera klik tombol “Send”.
  4. Usai Anda klik tombol “Send”, aplikasi SHAREit akan secara otomatis mencari perangkat terdekat dengan smartphone Anda.
  5. Jika sudah begini, Anda bisa mengambil HP baru OPPO dan membuka aplikasi SHAREit.
  6. Di halaman utamanya, silakan pilih opsi “Receive”.
  7. Setelah itu, ambil lagi smartphone lama Anda dan buka aplikasi SHAREit. Anda nantinya akan menemukan perangkat smartphone baru OPPO Anda.
  8. Berikutnya, klik nama perangkat ponsel OPPO Anda dan biarkan SHAREit memulai proses migrasi data dan file dari ponsel lama Anda ke HP baru OPPO.
  9. Selesai!
Pake Google Drive, Cuma Butuh Akun Google yang Sama Aja Kok
© istockphoto.com/maruco
3
Pake Google Drive, Cuma Butuh Akun Google yang Sama Aja Kok

Cara Memindahkan Data HP Lama ke HP Baru Oppo Menggunakan Google Drive

Rekomendasi kami

Cara  ketiga sekaligus yang terakhir adalah dengan menggunakan Google Drive. Yup, Anda bisa menggunakan aplikasi besutan Google ini untuk memindahkan data di HP lama ke HP OPPO Anda yang baru. Caranya pun mudah karena Anda hanya membutuhkan satu akun email Google yang sama. Berikut penjelasannya:

  1. Pertama, Anda harus mencadangkan semua data yang ingin Anda pindahkan. Jadi, silakan buka aplikasi Google Drive.
  2. Setelah itu, klik ikon garis tiga di bagian pojok kiri atas layar dan cari pilihan “Cadangan” atau “Backups”.
  3. Jika sudah, cari ikon titik tiga di bagian pojok kanan atas layar lalu pilih “Backup Settings” atau “Pengaturan Cadangan”.
  4. Kemudian, Anda bisa memilih opsi “Backup Now” atau “Cadangkan Sekarang” dan tunggu sampai proses pencadangan selesai.
  5. Jika sudah selesai, Anda bisa buka HP baru OPPO Anda dan silakan memasukan akun email Google yang sama dengan akun Google Drive yang terhubung di ponsel lama Anda.
  6. Data yang Anda cadangkan sebelumnya akan secara otomatis masuk ke HP OPPO Anda yang baru.
  7. Kemudian, silakan ikuti langkah-langkah di layar untuk memulihkan cadangan di HP baru OPPO.
  8. Selesai, data di ponsel lama Anda sudah berhasil dipindahkan!

Di samping itu, delapan cara di atas, ini juga sekaligus menjawab pertanyaan tentang “Bagaimana caranya menyimpan data yang ada di hp lama dipindahkan ke hp yang baru jelaskan?”. Jadi, Anda bisa melakukan cara-cara di atas agar berhasil memindahkan data ke HP terbaru. 

Tanya Jawab Seputar Cara Memindahkan Data HP Lama ke HP Baru OPPO

Di bawah ini adalah beberapa pertanyaan beserta jawaban yang sering ditanyakan orang-orang tentang cara memindahkan data HP lama ke HP baru OPPO, seperti:

Apa yang dimaksud dengan Clone Phone Oppo?

Clone Phone OPPO merupakan fitur yang brand OPPO kembangkan pada ColorOS untuk memudahkan setiap pengguna ponsel OPPO dalam memindahkan data-data penting antar perangkat dengan mudah dan praktis.

Dimana letak clone Phone Oppo?

Letak dari aplikasi Clone Phone ini bisa Anda temukan di Home Screen. Biasanya, aplikasi ini berada di dalam folder Tools.

Bagaimana cara pindah data OPPO ke OPPO?

Anda bisa menggunakan aplikasi Clone Phone OPPO untuk pindah data OPPO ke OPPO. Mudah dan praktis. Jadi, ayo pindahin semua data di ponsel OPPO Anda ke HP baru OPPO dengan Clone Phone!

Kesimpulan: Cara Memindahkan Data HP Lama ke HP Baru OPPO

Kini, Anda sudah tiba di bagian akhir dari artikel ini. Apakah Anda sekarang sudah tahu tentang cara memindahkan data HP lama ke HP baru OPPO? Yep, benar sekali! Untuk memindahkan data dari HP lama ke HP OPPO yang baru, Anda bisa menggunakan tiga cara, melalui aplikasi Clone Phone, SHAREit, dan Google Drive.

Dari ketiga cara ini, mana nih yang menurut Hapeholic paling mudah dan cepat? Coba komen di bawah biar tim Hapedia tahu, ya! Semoga artikel ini membantu Anda. 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Hapedia adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Hapedia mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo