Hide Menu

Bagian Dalam Kamera Kotor? Simak 3 Cara Membersihkan Lensa Kamera HP Bagian Dalam di Sini!

Panduan Lengkap 3 Cara Membersihkan Kamera HP yang Kotor di Dalam, Pake Cairan Pembersih Lensa, Odol, dan Minyak Kayu Putih!

Artikel Cara Membersihkan Lensa Kamera HP Bagian Dalam ini diposting diperbarui
5 Pembaca
Like
Cara Membersihkan Lensa Kamera HP Bagian Dalam 2024
© freepik.com

Penyebab Hasil Foto Jadi Blur dan Buram

Penyebab Hasil Foto Jadi Blur dan Buram
freepik.com

Apakah Anda merasa jika hasil foto kamera Anda akhir-akhir ini buram dan ngeblur padahal spesifikasi kamera HP Anda bagus? Hapeholic, hal yang membuat hasil foto Anda kurang bagus ini bisa jadi karena lensa kamera di ponsel Anda yang kotor, berdebu, berjamur, tergores, dan banyak lagi.

Yep, inilah yang menjadi penyebab hasil foto di kamera depan atau belakang Anda kurang bagus dan tidak jernih. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Ada sekitar 3 cara membersihkan lensa kamera HP bagian dalam yang bisa Anda coba untuk menghilangkan debu, bintik jamur maupun goresan hitam.

Lewat artikel ini, tim Hapedia akan menunjukkan cara-caranya sembari menampilkan 3 rekomendasi HP dengan kamera terbaik yang ada di e-commerce. Jadi, tanpa membuang waktu lagi, mulailah membaca!

A. Ulinnuha
Writer
Content Editor

Seorang pemikir yang penuh antusias, suka mengeksplorasi hal-hal baru, dan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik di setiap langkah kehidupannya. Sejak masuk di bangku kuliah, Adhit mulai tertarik dengan dunia kepenulisan. Ia kemudian banyak menghabiskan waktunya untuk menulis puisi, cerita-cerita sarat makna, dan beragam artikel dengan berbagai macam topik.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Hapedia. Meski Hapedia terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Hapedia. Silakan baca kebijakan editorial Hapedia untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

3 Cara Membersihkan Lensa Kamera HP Bagian Dalam - Terbaru 2024

Seperti yang diungkapkan oleh Ilyas. K (2018) dalam penelitiannya bahwa perkembangan teknologi membuat kualitas kamera smartphone kini semakin canggih dan hampir menyamai kualitas kamera DSLR. Karena fungsinya ini, maka penting untuk selalu menjaganya agar selalu bersih, baik dari debu, jamur maupun goresan.

Perlu untuk Anda ketahui bahwa debu dan jamur sangat mudah masuk ke lensa kamera HP bagian dalam jika ada sedikit saja lubang. Meski begitu, Anda bisa mencegah masuknya debu dan jamur ke bagian dalam lensa kamera menggunakan tutup case kamera, penutup kamera maupun tempered glass kamera. 

Namun jika lensa kamera Anda sudah terlanjut kotor, silakan cek 3 cara membersihkan lensa kamera HP bagian dalam di bawah ini. Simak sekarang!

1
Cairan Pembersih Lensa

Cara Ampuh Pertama, Gunakan Cairan Pembersih Lensa. Pasti Bersih!

Cairan Pembersih Lensa

2
Pasta Gigi

Ambil Sedikit Odol untuk Ngilangin Debu di Bagian Dalam Lensa Kamera

Pasta Gigi

3
Minyak Kayu Putih

Manfaatkan Minyak Kayu Putih Buat Membersihkan Lensa Kamera HP Bagian Dalam

Minyak Kayu Putih

Anda bisa percaya Hapedia. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Hapedia meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Cara Ampuh Pertama, Gunakan Cairan Pembersih Lensa. Pasti Bersih!
© freepik.com
1
Cara Ampuh Pertama, Gunakan Cairan Pembersih Lensa. Pasti Bersih!

Cairan Pembersih Lensa

Rekomendasi kami

Cara membersihkan lensa kamera HP bagian dalam yang pertama adalah menggunakan cairan pembersih lensa. Sesuai namanya, cairan ini sangat ampuh untuk membersihkan debu maupun jamur yang menempel di bagian dalam kamera ponsel Anda.

Ingin tahu langkah-langkahnya? Adapun cara membersihkan kamera HP yang kotor di dalam adalah sebagai berikut.

  1. Pertama-tama, teteskan cairan pembersih lensa di atas kain atau sebuah tisu halus.
  2. Jika sudah, gosokkan kain atau tisu tadi pada lensa kamera HP Anda yang kena debu, jamur atau goresan.
  3. Saat proses menggosok, usahakan untuk menggosok berlawanan arah dengan lembut dan pelan.
  4. Ulangi terus sampai debu, jamur, atau goresan di lensa kaca kamera Anda hilang.
  5. Jika sudah, Anda bisa segera membuka aplikasi kamera dan cek apakah hasil foto dari kamera Anda sudah jernih.
  6. Selesai.
Ambil Sedikit Odol untuk Ngilangin Debu di Bagian Dalam Lensa Kamera
© freepik.com
2
Ambil Sedikit Odol untuk Ngilangin Debu di Bagian Dalam Lensa Kamera

Pasta Gigi

Rekomendasi kami

Yang kedua, Anda bisa membersihkan lensa kamera HP bagian dalam menggunakan pasta gigi. Selain lensa kamera HP bagian dalam, Anda juga bisa memanfaatkan pasta gigi yang ada di rumah untuk membersihkan layar LCD smartphone Anda yang kotor, berdebu, berjamur, maupun lecet.

Lalu, bagaimana cara membersihkan kamera HP yang berdebu di dalam? Simak poin-poin di bawah untuk mengetahui langkah-langkahnya!

  1. Pertama-tama, oleskan sedikit pasta gigi ke ujung kapas atau kain lembut.
  2. Setelah itu, gosok perlahan kapas atau kain lembut tadi dengan gerakan melingkar ke kaca kamera Anda.
  3. Jika seluruh kaca kamera HP sudah terolesi pasta gigi, bersihkan segera menggunakan kain microfiber.
  4. Selesai.
Manfaatkan Minyak Kayu Putih Buat Membersihkan Lensa Kamera HP Bagian Dalam
© freepik.com
3
Manfaatkan Minyak Kayu Putih Buat Membersihkan Lensa Kamera HP Bagian Dalam

Minyak Kayu Putih

Rekomendasi kami

Dari dulu, minyak kayu putih sudah dipercaya sebagai barang ampuh untuk membersihkan layar LCD HP dan lensa kamera ponsel yang kotor. Oleh sebab itu, cara membersihkan lensa kamera HP bagian dalam yang terakhir adalah dengan menggunakan minyak kayu putih.

Jika Anda ingin tahu bagaimana caranya, silakan ikuti langkah-langkah di bawah.

  1. Pertama-tama, siapkan dulu semua alat dan bahan yang dibutuhkan, seperti minyak kayu putih, kapas, dan kain microfiber.
  2. Setelah itu, teteskan sedikit minyak kayu putih ke kapas.
  3. Jika sudah, gosokkan kapas tadi ke lensa kamera smartphone Anda yang berdebu dengan lembut.
  4. Selanjutnya, ambil kain microfiber dan bersihkan sisa-sisa minyak kayu putih tadi dari kaca kamera HP.
  5. Selesai, kamera HP Anda akan jernih kembali!

Tanya Jawab Seputar Cara Membersihkan Lensa Kamera HP Bagian Dalam

Di bawah ini adalah beberapa pertanyaan populer mengenai cara membersihkan kamera HP yang kotor di dalam yang paling banyak ditanyakan orang-orang. Jadi, sebelum Anda pergi ke bagian akhir dari artikel ini, luangkan waktu Anda untuk membaca beberapa pertanyaan di bawah.

Membersihkan lensa kamera HP dengan apa?

Ada banyak barang yang bisa Anda manfaatkan untuk membersihkan lensa kamera HP, seperti pasta gigi atau odol, minyak kayu putih, alkohol, cairan pembersih lensa, body lotion, dan masih banyak lagi.

Bagaimana cara membersihkan kamera depan HP yang buram?

Di bawah ini adalah beberapa barang yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah kamera depan HP yang buram.

  • Kain microfiber
  • Cairan pembersih lensa
  • Tisu khusus lensa
  • Cleaning pen
  • Pasta gigi
  • Minyak kayu putih

Kenapa kamera kemasukan debu?

Umumnya, masuknya debu ke bagian dalam kamera disebabkan oleh adanya celah kecil yang ada di tepi kamera.

Apakah boleh membersihkan lensa kamera dengan tisu?

Sebaiknya jangan. Karena pada dasarnya, tisu memiliki tekstur yang kasar jika bersentuhan dengan layar LCD ataupun lensa kaca kamera HP. Ini berpotensi meninggalkan goresan dan menyebabkan lecet. Sebaiknya, Anda membersihkan layar maupun kamera ponsel menggunakan tisu atau kain halus seperti kain lap kacamata.

Apakah minyak kayu putih bisa membersihkan kamera HP?

Jawabannya sangat bisa. Anda bisa memanfaatkan minyak kayu putih untuk membersihkan lensa kamera HP Anda, entah itu kamera depan maupun kamera belakang. Cukup siapkan tisu dan minyak kayu putih, lalu gosokkan lensa kamera HP Anda yang kotor, dan selesai. Coba cek apakah hasil jepretan Anda, apakah sudah jadi lebih jernih?

Kesimpulan: Cara Membersihkan Lensa Kamera HP Bagian Dalam

Demikian akhir pembahasan tim Hapedia tentang cara membersihkan lensa kamera HP bagian dalam. Tim Hapedia sarankan untuk tidak mencuci lensa kamera secara sembarangan karena bisa saja merusak komponen penting dari ponsel Anda. 

Sebagai kesimpulan, ada 3 cara ampuh yang bisa Anda coba untuk menghilangkan debu, jamur, ataupun goresan yang ada di lensa kamera ponsel Anda, seperti menggunakan cairan pembersih lensa, pasta gigi, dan minyak kayu putih.

Lantas, dari tiga cara di atas, cara mana yang mau Anda coba Hapeholic? Apakah dengan menggunakan cairan pembersih lensa, pasta gigi atau minyak kayu putih? Coba beritahu tim Hapedia dengan komen di bawah!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Hapedia adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Hapedia mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo