Hide Menu

Baru Check Out Power Bank? Simak 4 Cara Memakai Powerbank Baru Beli biar Tahan Lama!

Daripada Power Bank Baru Gak Bekerja dengan Baik, Sebaiknya Simak Dulu 4 Cara Pakainya di Artikel Ini!

Artikel Cara Memakai Powerbank Baru Beli ini diposting diperbarui
Pembaca
Like
Cara Memakai Powerbank Baru Beli 2024
© freepik.com

Apa yang Harus Anda Lakukan pada Power Bank Baru?

Apa yang Harus Anda Lakukan pada Power Bank Baru?
freepik.com

Apa Anda baru membeli power bank? Apakah Anda tahu fungsi dan manfaat power bank? Faktanya, fungsi dari power bank itu adalah sebagai sumber daya cadangan yang bisa Anda bawa ke mana dan kapan pun.

Selain itu, power bank ini akan sangat membantu sekali ketika Anda kehabisan daya baterai ponsel dalam keadaan darurat. Terus manfaatnya apa? Manfaat dari power bank adalah menyediakan daya yang stabil dan menjaga daya HP tetap terjaga.

Biasanya, pertanyaan yang sering muncul setelah membeli power bank baru adalah apakah power bank baru bisa langsung dipakai? Atau apakah power bank baru harus dicas dulu? Apa perlu Anda menyalakan terus mematikannya lagi? 

Dengan munculnya pertanyaan seperti itu menandakan bahwa gak semua orang tahu cara menggunakan power bank pertama kali. Kendati demikian, gak sedikit orang juga yang tahu cara memakai powerbank baru beli.

Pada dasarnya, semua produk elektronik yang menggunakan baterai seharusnya dicas terlebih dahulu, termasuk power bank. Sayangnya, gak sedikit orang yang memberikan review soal power bank baru yang langsung dipakai justru tidak bertahan lama. Artinya, power bank tersebut cepat habis, bahkan terkadang panas.

Daripada Anda melakukan kesalahan dalam menggunakan power bank baru. Sebaiknya Anda cari tahu dulu langkah pertama apa yang harus Anda lakukan untuk menggunakan power bank pertama kali.

Hapeholic gak perlu mencarinya jauh-jauh karena tim Hapedia akan membagikan caranya di artikel ini. Penasaran? Yuk, baca artikel ini sampai selesai biar tahu cara terbaik untuk menggunakan power bank baru. Check this out!

D. P. Rachmadani
Writer
Content Writer

Seseorang yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Senang mendengar cerita siapa saja, dan suka dengan kucing.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Hapedia. Meski Hapedia terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Hapedia. Silakan baca kebijakan editorial Hapedia untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

4 Cara Memakai Powerbank Baru Beli - Terbaru 2024

Menurut hasil penelitian oleh Citra Rizki Wahyuni, ia menyatakan bahwa power bank adalah sebuah perangkat elektronik yang kecil dan praktis dengan fungsi untuk mengisi ulang daya baterai ponsel tanpa perlu colokan ke stopkontak (2014).

Selain itu, keputusan para pengguna smartphone untuk membeli power bank itu karena fitur dan kualitas dari power bank yang dibeli. Jika sudah begitu, Anda gak mau ‘kan power bank baru tiba-tiba rusak gitu aja? Kalau gitu, simak baik-baik setiap poin di bawah tentang bagaimana cara memakai powerbank baru beli. Let’s go!

1
Cek Kondisi Fisik Perangkat

Pastikan Tidak Ada yang Rusak

Cek Kondisi Fisik Perangkat

2
Cek Kapasitas

Gunakan Power Bank dengan Kapasitas yang Sesuai Kebutuhan

Cek Kapasitas

3
Charge Power Bank

Pastikan Power Bank Memiliki Daya yang Penuh!

Charge Power Bank

4
Cek Kesesuaian Power Bank

Kalau Gak Mau Rusak, Pastikan Sudah Sesuai

Cek Kesesuaian Power Bank

Anda bisa percaya Hapedia. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Hapedia meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Pastikan Tidak Ada yang Rusak
© freepik.com
1
Pastikan Tidak Ada yang Rusak

Cek Kondisi Fisik Perangkat

Rekomendasi kami

Sebelum Anda menggunakan power bank baru, sebaiknya Anda memeriksa kondisi fisik power bank yang Anda beli terlebih dahulu. Tujuannya supaya memastikan power bank yang baru saja Anda beli dalam keadaan kondisi fisik yang bagus.

Sebab, jika terdapat kerusakan atau aus pada bagian-bagian tertentu justru akan menghambat kualitas daya power bank yang keluar. Jadi, pastikan tidak ada kerusakan sama sekali. Kalaupun ada, segera klaim garansi dari pembelian yang Anda lakukan. 

Gunakan Power Bank dengan Kapasitas yang Sesuai Kebutuhan
© freepik.com
2
Gunakan Power Bank dengan Kapasitas yang Sesuai Kebutuhan

Cek Kapasitas

Rekomendasi kami

Setelah periksa kondisi fisik, periksalah kapasitas dari power bank. Setiap merek power bank seperti Bixtro, Samsung, Robot, dan Miniso meluncurkan perangkat pengisi daya dengan kapasitas yang beragam.

Berikut ini beberapa kapasitas power bank, yaitu 6000mAh, 10000mAh, 12000mAh, 20000mAh, 30000mAh, dan 99000mAh. Pastikan Anda menggunakan power bank dengan kapasitas yang sesuai dengan kebutuhan.

Untuk mengetahui kapasitas baterai power bank, Anda bisa menggunakan aplikasi seperti AccuBattery, Battery Widget Reborn, Ampere atau BatteryBot Battery Indicator. Kalau Anda mau tahu caranya, baca pada artikel yang membahas cara cek kapasitas powerbank dengan aplikasi.

Sebab, jika Anda menggunakan power bank dengan kapasitas di bawah kebutuhan justru akan menjadi awal penyebab kerusakan pada HP Anda. Maka dari itu, jangan sampai salah beli yang palsu kalau tidak mau tertipu produk fake

Pastikan Power Bank Memiliki Daya yang Penuh!
© freepik.com
3
Pastikan Power Bank Memiliki Daya yang Penuh!

Charge Power Bank

Rekomendasi kami

Anda sudah periksa fisik dan kapasitas baterai. Selanjutnya, yang harus Anda lakukan adalah mengecas power bank sampai penuh. Ini menjadi salah satu cara bahwa daya yang disimpan oleh power bank bisa dipakai untuk waktu yang lama.

Lalu, bagaimana cara ngecas powerbank baru? Simak caranya di bawah ini:

  1. Gunakan kabel pengisian daya yang ori atau charger bawaan powerbank itu sendiri.
  2. Colokkan kabel casan ke power bank.
  3. Kemudian, colok charger tersebut ke stopkontak.
  4. Setelah itu, biarkan power bank ngecas dalam waktu beberapa jam sampai full.

Untuk mengetahui power bank tersebut sudah full atau belum, Anda bisa melihatnya dari lampu indikator. Jika semua lampu indikator power bank menyala, semua itu tandanya sudah full. Tapi, kalau belum nyala semua berarti power bank belum penuh.

Kalau Gak Mau Rusak, Pastikan Sudah Sesuai
© freepik.com
4
Kalau Gak Mau Rusak, Pastikan Sudah Sesuai

Cek Kesesuaian Power Bank

Langkah terakhir yang harus Anda lakukan adalah mengecek kesesuaian antara power bank yang baru Anda beli dengan HP atau gadget yang dicas dayanya. Pastikan power bank yang Anda beli memiliki keserasian dengan jenis port dan aliran listrik yang gadget butuhkan. Pasalnya, jika tidak sesuai akan merusak komponen-komponen internal gadget dan juga power bank itu sendiri.

Tanya Jawab Seputar Cara Memakai Powerbank Baru Beli

Gimana? Cukup mudah ‘kan cara memakai powerbank baru beli? Nah, supaya Anda semakin paham tentang power bank, gimana kalau Anda tidak melewatkan section tanya jawab ini? Sebab, tim Hapedia sudah merangkum beberapa pertanyaan dan jawaban yang sering muncul. Yuk, cek daftarnya di bawah!

Bagaimana cara mengecas power bank yang benar?

Anda bisa ikuti cara ngecas power bank yang benar di bawah ini.

  1. Jangan ngecas power bank terlalu lama.
  2. Cas power bank di tempat yang teduh dan sejuk.
  3. Cas pakai stopkontak.
  4. Pastikan arus listrik stabil.

Berapa lama ngecas power bank 10000mah?

Power bank dengan kapasitas 10000mAh butuh waktu cas selama 3,5 sampai 4 jam.

Berapa jam untuk cas power bank 20000 mAh?

Untuk ngecas power bank kapasitas 200000mAh sampai penuh membutuhkan waktu selama kurang lebih 6 jam.

Bagaimana cara mengetahui power bank penuh?

Anda dapat mengetahui power bank yang sudah penuh dengan cara melihat lampu indikatornya. Jika semua lampu indikator power bank nyala, itu tandanya sudah penuh.

Apakah aman ngecas power bank semalaman?

Hindari ngecas power bank dalam waktu semalaman sebab akan merusak baterai power bank dan power bank gak akan bisa tahan lama.

Kenapa power bank saat dicas panas?

Hal ini muncul karena arus listrik yang gak stabil, tempat cas power bank yang panas, dan overcharging.

Kesimpulan: Cara Memakai Powerbank Baru Beli

Demikianlah pembahasan tim Hapedia kali ini tentang cara memakai powerbank baru beli. Ada 4 cara yang perlu Anda tahu, yaitu cek kondisi fisik perangkat, cek kapasitas, charge power bank, dan cek kesesuaian power bank.

Tips ini bisa langsung Anda coba ke power bank yang baru dibeli. Jadi, Anda gak perlu bingung lagi kalau mau pakai produk ini walaupun baru banget beli. Akhir kata, semoga artikel ini membantu! 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Hapedia adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Hapedia mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo