Hide Menu

Hapeholic Penasaran dengan Cara Kerja Power Bank? Simak Saja 6 Penjelasan di Bawah Ini!

Artikel Ini Membagikan 6 Cara Kerja dari Power Bank, Lengkap dari Baterai sampai Lampu Indikator

Artikel Cara Kerja Power Bank ini diposting diperbarui
Pembaca
Like
Cara Kerja Power Bank 2024
© freepik.com

Power Bank, Alat yang Wajib Dibawa ke Mana Saja

Power Bank, Alat yang Wajib Dibawa ke Mana Saja
freepik.com

Sebenarnya gimana sih cara kerja power bank? Sebelum itu, tim Hapedia akan menjelaskan terlebih dahulu pengertian dari powerbank. Alat elektronik ini merupakan salah satu aksesoris smartphone yang memiliki fungsi untuk mengisi daya baterai HP tanpa menggunakan stopkontak.

Power bank juga menjadi alat yang penting dan wajib Anda bawa saat melakukan traveling, bekerja di luar ruangan atau kegiatan darurat lainnya. Saat ini, sudah ada banyak jenis power bank yang dijual di pasaran dan setiap jenis power bank tersebut sudah disesuaikan dengan kebutuhan.

Di artikel ini, Anda gak hanya akan menemukan cara kerja power bank saja. Tapi, Anda juga akan mengetahui jenis-jenis power bank dan beberapa produk terbaru powerbank rekomendasi dengan kualitas terbaik. Tunggu apa lagi? Mulailah membaca!

Macam-Macam Power Bank

Macam-Macam Power Bank
freepik.com

Anda sudah tahu ‘kan kalau power bank wajib banget dibawa ke mana-mana. Namun, Anda tahu gak kalau ternyata power bank itu banyak jenisnya, lho. Berikut beberapa jenis power bank beserta penjelasannya.

  • Power Bank Portabel

Biasanya, power bank portabel ini memiliki ukuran yang cukup kecil sehingga bisa Anda bawa ke mana saja dengan mudah dan tidak akan memakan ruang besar. Power bank portabel ini ada yang sudah dilengkapi dengan kabel dan ada juga yang gak include dengan kabel. Biasanya, power bank ini memiliki kapasitas mulai dari 6000mAh.

  • Power Bank Tenaga Surya

Sedangkan power bank tenaga surya biasanya digunakan oleh orang-orang yang sering berada di outdoor dan sulit untuk menemukan stopkontak. Power bank jenis ini akan melakukan pengisian daya dengan memanfaatkan panel surya atau sinar matahari.

  • Power Bank Nirkabel

Untuk menggunakan power bank nirkabel, para pengguna mungkin tidak membutuhkan kabel untuk melakukan isi ulang HP. Biasanya, para pengguna smartphone hanya akan menaruh HP di atas power bank tersebut.

  • Power Bank Kapasitas Besar

Kemudian, ada power bank dengan memiliki kapasitas cukup besar mulai dari 10000mAh, 12000mAh, 20000mAh, 30000mAh, bahkan sampai 99000mAh. Power bank dengan kapasitas besar seperti ini bisa Anda gunakan untuk ngecas HP berkali-kali sampai baterai ponsel penuh.

D. P. Rachmadani
Writer
Content Writer

Seseorang yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Senang mendengar cerita siapa saja, dan suka dengan kucing.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Hapedia. Meski Hapedia terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Hapedia. Silakan baca kebijakan editorial Hapedia untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

6 Cara Kerja Power Bank - Terbaru 2024

Seperti yang Anda tahu bahwa ada banyak sekali jenis dari power bank. Namun, tahukah Anda prinsip kerja rangkaian power bank? Menurut hasil penelitian Putri saat itu tentang prinsip kerja power bank, ia menyatakan bahwa power bank menjadi alat sumber daya yang disimpan dalam baterai dengan kapasitas yang besar.

Jika baterainya punya tegangan 7,4 volt, maka kapasitas baterainya dari 2000mAh sampai 10000mAh. Nah, karena Hapeholic sudah tahu jenis power bank dan prinsip kerjanya, gak lengkap rasanya kalau Anda tidak tahu cara kerja power bank. Cek selengkapnya di bawah ini!

1
Baterai Power Bank

Pastikan Semua Terhubung dan Tegangan Stabil!

Baterai Power Bank

2
Pengisian Daya Power Bank

Mengalir dan Diterima Kabel PCB dan IC

Pengisian Daya Power Bank

3
Penyimpanan Daya

Kapasitas dan Daya Tahan yang Sudah Terbukti

Penyimpanan Daya

4
Proses Menyalurkan Daya Power Bank ke HP

Port USB Sebagai Media Bantu Penyalurnya

Proses Menyalurkan Daya Power Bank ke HP

5
Fitur Power Bank

Supaya Tidak Ada Kerusakan pada Komponen Lain

Fitur Power Bank

6
Lampu Indikator Power Bank

Sebagai Penanda Sisa Daya yang Ada

Lampu Indikator Power Bank

Anda bisa percaya Hapedia. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Hapedia meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Pastikan Semua Terhubung dan Tegangan Stabil!
© freepik.com
1
Pastikan Semua Terhubung dan Tegangan Stabil!

Baterai Power Bank

Rekomendasi kami

Sebelum tahu cara menggunakan power bank pertama kali, hal yang harus Anda pastikan adalah baterainya. Anda harus memastikan baterai power bank yang ada di dalam sudah tersambung secara paralel. Sambungan tersebut akan menghasilkan arus yang cukup besar dengan tegangan yang statusnya tetap atau stabil.

Kalau baterai power bank tidak tersambung dan tegangan daya yang dikeluarkan gak stabil, itu berarti ada kerusakan pada power bank Anda. Jika Anda biarkan, bisa saja kerusakan tersebut justru tertransfer ke HP Anda dan merusak komponen-komponen internal gawai.

Mengalir dan Diterima Kabel PCB dan IC
© freepik.com
2
Mengalir dan Diterima Kabel PCB dan IC

Pengisian Daya Power Bank

Rekomendasi kami

Selanjutnya, jika ingin alat bekerja maka Anda harus mengisi power bank tersebut. Power bank gak akan bisa Anda gunakan jika baterai power bank tidak ada daya yang tersimpan di dalamnya.

Untuk mengisi daya, hubungkan power bank ke sumber utama daya dengan port micro USB atau USB-C. Pada saat proses isi daya power bank ini berjalan, arus listrik dari sumber utama akan dialirkan melalui kabel dan diterima printed circuit board atau PCB dan charging IC atau integrated circuit.

Fungsi dari PCB itu sendiri adalah sebagai pengontrol dan mengatur aliran listrik yang masuk ke power bank. Sedangkan IC berfungsi sebagai pengatur dari proses pengisian daya baterai power bank untuk mencegah terjadinya overcharge.

Kapasitas dan Daya Tahan yang Sudah Terbukti
© freepik.com
3
Kapasitas dan Daya Tahan yang Sudah Terbukti

Penyimpanan Daya

Daya baterai power bank yang sudah dicas disalurkan dari sumber daya dan akan disimpan dalam baterai internal power bank tersebut. Biasanya, para produsen power bank menggunakan baterai jenis lithium-ion atau lithium-polymer. Dengan alasan jenis batre tersebut sudah terbukti memiliki kapasitas yang cukup tinggi dan daya tahannya bagus.

Port USB Sebagai Media Bantu Penyalurnya
© freepik.com
4
Port USB Sebagai Media Bantu Penyalurnya

Proses Menyalurkan Daya Power Bank ke HP

Rekomendasi kami

Anda sudah mengecek baterai, sudah isi daya power bank, dan penyimpanan daya pun telah selesai. Metode selanjutnya yaitu cara menggunakan power bank ke HP. Untuk menyalurkan daya dari power bank ke smartphone, Anda membutuhkan port USB sebagai media yang akan membantu menyalurkan daya.

Anda dapat mengecas ponsel dengan powerbank dengan catatan selama proses pengecasan berlangsung ponsel jangan dimainkan. Sebab, jika dimainkan proses ngecas akan terhambat, menjadi lebih lama, menimbulkan panas, dan berujung menimbulkan kerusakan pada power bank dan juga ponsel secara permanen.

Jika Anda tidak ingin semua kemungkinan tersebut terjadi, sebaiknya Anda mematikan HP saat sedang Anda cas. Setelah penuh, Anda boleh menyalakan ponsel tersebut kembali. Di sisi lain, dengan proses charge HP dalam posisi mati akan mempercepat pengisian daya berjalan.

Supaya Tidak Ada Kerusakan pada Komponen Lain
© freepik.com
5
Supaya Tidak Ada Kerusakan pada Komponen Lain

Fitur Power Bank

Saat ini, sudah banyak produsen yang melengkapi power bank dengan sistem pengamanan atau perlindungan yang lebih. Salah satunya adalah protection circuit yang berfungsi untuk melindungi kerusakan akibat overcharge, over-discharge atau naiknya suhu. Selain itu, sistem perlindungan ini juga bisa mencegah terjadinya kerusakan pada komponen-komponen internal power bank.

Sebagai Penanda Sisa Daya yang Ada
© freepik.com
6
Sebagai Penanda Sisa Daya yang Ada

Lampu Indikator Power Bank

Yang terakhir, pada power bank terdapat lampu indikator yang berfungsi sebagai pemberi tanda untuk menunjukkan seberapa banyak daya yang ada di power bank. Dengan begitu, para pengguna jadi tahu kapan harus charge power bank.

Tanya Jawab Seputar Cara Kerja Power Bank

Sebelum menutup artikel ini, ada baiknya jika Anda luangkan waktu untuk membaca beberapa pertanyaan dan jawaban seputar power bank. Yuk, baca!

Bagaimana cara mengisi power bank?

Cara mengisi power bank yang benar yaitu:

  1. Cas pakai stopkontak.
  2. Sumber arus listrik harus stabil.
  3. Daya power bank tidak boleh sampai habis atau 0%.
  4. Jangan biarkan power bank yang sudah penuh tetap dicas berjam-jam.

Powerbank fungsinya apa?

Fungsi dari power bank adalah sebagai sumber daya cadangan yang bisa Anda bawa ke mana-mana dan bisa Anda gunakan kapan saja.

Kesimpulan: Cara Kerja Power Bank

Demikianlah pembahasan tim Hapedia tentang cara kerja power bank. Tim Hapedia akan mengingatkan kembali keenam cara kerjanya, yaitu dari baterai, pengisian daya, penyimpanan daya, proses menyalurkan daya ke HP, fungsi fitur, dan lampu indikator power bank.

Cara kerja power bank dari semua merek itu sama, baik itu merek Robot, Miniso, Xiaomi, Samsung, dan Bixtro. Jadi, pelajari saja penjelasan di atas jika ingin tahu kejelasannya. Akhir kata, semoga artikel ini dapat membantu menjawab rasa penasaran Anda!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Hapedia adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Hapedia mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo