Hide Menu

Ternyata Begini 4 Cara Kerja Headset Bluetooth yang Gak Banyak Orang Ketahui!

Bagaimana Cara Kerja Headset Bluetooth yang Benar? Simak dengan Lengkap 4 Caranya di Artikel Ini!

Artikel Cara Kerja Headset Bluetooth ini diposting diperbarui
2 Pembaca
Like
Cara Kerja Headset Bluetooth 2024
© freepik.com

Headset Gak Bisa Terpisahkan Seperti Handphone

Headset Gak Bisa Terpisahkan Seperti Handphone
freepik.com

Seperti yang Anda tahu bahwa perkembangan teknologi sudah semakin berkembang dengan pesat, termasuk teknologi wireless. Salah satu teknologi wireless yang berkembang yaitu konektivitas Bluetooth yang memiliki banyak sekali kemudahan untuk aplikasi.

Adanya Bluetooth memudahkan Anda untuk menyambungkan dua perangkat tanpa harus menggunakan kabel, termasuk handphone dan headset. Apa Anda tahu pengertian dari headset? Headset merupakan perangkat audio yang terdiri dari sepasang speaker dan mikrofon. Selain itu, headset juga dibekali dengan stereo agar hasil suaranya jernih.

Di era modern ini, headset menjadi salah satu gaya hidup yang tidak bisa dipisahkan, sama seperti smartphone. Sebagian orang menganggap dengan menggunakan headset bluetooth akan membuat tampilan menjadi lebih keren dan kekinian banget.

Headset sendiri biasa digunakan untuk mendengarkan musik, streaming video atau melakukan panggilan di tempat umum tanpa khawatir orang lain terganggu. Perangkat audio ini bisa Anda gunakan untuk semua jenis HP baik Android dan iPhone.

Lalu, apa Anda tahu cara kerja headset Bluetooth yang benar? Penasaran dengan cara kerjanya? Kalau begitu, baca saja artikel ini dari awal sampai akhir dan Anda akan menemukan jawabannya. Let’s scroll down!

D. P. Rachmadani
Writer
Content Writer

Seseorang yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Senang mendengar cerita siapa saja, dan suka dengan kucing.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Hapedia. Meski Hapedia terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Hapedia. Silakan baca kebijakan editorial Hapedia untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

4 Cara Kerja Headset Bluetooth - Terbaru 2024

Menurut hasil penelitian oleh Marido Bisra et al pada tahun 2023 menyatakan bahwa headset Bluetooth adalah gabungan antara dua komponen, yaitu headphone dan microphone. Perangkat audio ini bisa Anda gunakan dengan cara menghubungkannya dengan gadget. Biar gak salah menggunakan perangkat ini, sebaiknya Anda simak 4 cara kerja headset Bluetooth di bawah. Check it out!

1
Sinyal Bluetooth

Konfigurasi Membatasi dan Hanya Bisa Terkoneksi dengan HP yang Dituju

Sinyal Bluetooth

2
Pairing

Aktifkan Terlebih Dahulu agar Bisa Terkoneksi dengan Bluetooth HP

Pairing

3
Membutuhkan Daya

Tergantung Jangkauan dan Frekuensi yang Dibutuhkan

Membutuhkan Daya

4
Fitur Noise Cancelling

Supaya Lebih Enjoy Mendengarkan Musik atau Telepon

Fitur Noise Cancelling

Anda bisa percaya Hapedia. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Hapedia meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Konfigurasi Membatasi dan Hanya Bisa Terkoneksi dengan HP yang Dituju
© freepik.com
1
Konfigurasi Membatasi dan Hanya Bisa Terkoneksi dengan HP yang Dituju

Sinyal Bluetooth

Rekomendasi kami

Faktanya, masih banyak orang yang bingung tentang bagaimana cara memakai headset Bluetooth. Seperti namanya, maka untuk bisa menggunakan perangkat ini Anda akan membutuhkan jaringan Bluetooth. Pada hal ini, headset bekerja sebagai pemancar dan juga penerima sinyal.

Sinyal Bluetooth ini sangat berbeda dengan sinyal nirkabel. Sebab, sinyal nirkabel terdiri dari gelombang radio yang sudah terkonfigurasi menggunakan alogaritma kompleks. Tujuannya agar dapat memastikan penerima dan transmisi yang jelas antara HP dan earphone Bluetooth.

Bluetooth network membutuhkan perangkat induk seperti headset atau earphone untuk menjadi penerima koneksi handphone Anda. Ada beberapa perangkat yang bisa Anda connect dengan satu induk Bluetooth.

Sayangnya perangkat seperti headset gak bisa berkomunikasi, justru hanya bisa mengirim dan menerima sinyal saja. Konfigurasi jaringan Bluetooth akan membatasi jumlah periferal seperti headset yang hanya bisa dihubungkan ke HP yang dituju saja.

Aktifkan Terlebih Dahulu agar Bisa Terkoneksi dengan Bluetooth HP
© freepik.com
2
Aktifkan Terlebih Dahulu agar Bisa Terkoneksi dengan Bluetooth HP

Pairing

Rekomendasi kami

Jika ingin menggunakan perangkat headset Bluetooth, Anda harus tahu cara memakai headset Bluetooth dahulu. Hapeholic harus pair antara handphone dengan headset Bluetooth. Supaya proses pairing dapat berfungsi, Anda harus mengaktifkan fitur bluetooth dan setting mode agar bisa ditemukan dengan mudah.

Biasanya, headset Bluetooth memiliki nama atau password yang dapat memudahkan Anda untuk memasangkan antara Bluetooth HP dan headset. Hal ini bertujuan untuk memberitahu ponsel Anda agar mengizinkan pembuatan koneksi.

Tergantung Jangkauan dan Frekuensi yang Dibutuhkan
© freepik.com
3
Tergantung Jangkauan dan Frekuensi yang Dibutuhkan

Membutuhkan Daya

Rekomendasi kami

Untuk cara pemakaian headset Bluetooth, Anda harus memperhatikan bagian penting headset yaitu masa pakai baterai. Biasanya, untuk mengirim dan menerima sinyal headset, Anda membutuhkan daya baterai yang cukup besar agar nyaman diterima di telinga.

Selain itu, sinyal Bluetooth jangkauan dan frekuensinya pendek, sehingga membutuhkan daya untuk bisa digunakan. Sifat sinyal Bluetooth dengan daya rendah akan membatasi jangkauan yang diperbolehkan antara headset dan handphone. Jarak maksimum antara headset dan HP hanya sekitar 164 kaki saja dan dilanjut dengan variasi pada teknologi Bluetooth yang asli.

Supaya Lebih Enjoy Mendengarkan Musik atau Telepon
© freepik.com
4
Supaya Lebih Enjoy Mendengarkan Musik atau Telepon

Fitur Noise Cancelling

Rekomendasi kami

Kualitas suara yang bagus memiliki hubungan yang rekat dengan koneksi Bluetooth yang baik juga. Tapi, karena keterbatasan melekatnya pada mikrofon dan lubang yang kecil membuat kualitas suara Anda jadi terganggu.

Para produsen headset selalu menggunakan peredam suara dengan tujuan agar bisa menciptakan kualitas suara yang jernih, baik, dan sedikit interferensi. Selain itu, mereka juga menggunakan berbagai macam teknologi yang berbeda-beda agar dapat meningkatkan kualitas suara earphone.

Selain itu, produsen juga menambahkan pengaturan microphone ganda. Hal ini bertujuan untuk menyaring kebisingan asing atau bocornya suara luar yang masuk ke telinga. Itulah cara kerja headset Bluetooth agar dapat memberi Anda kenyamanan saat mengenakannya. 

Tanya Jawab Seputar Cara Kerja Headset Bluetooth

Eits, tunggu dulu! Tim Hapedia sudah merangkum beberapa pertanyaan untuk menambah wawasan Anda mengenai cara kerja headset Bluetooth. Apa aja sih pertanyaannya? Simak di bawah! 

Bagaimana cara pakai headset Bluetooth?

Simak cara memakai headset Bluetooth di bawah ini.

  1. Nyalakan headset Bluetooth dengan menekan tombol power.
  2. Setelah menyala, masuklah ke mode pasang.
  3. Kemudian, hidupkan fitur Bluetooth pada perangkat seperti laptop, komputer, dan handphone.
  4. Selanjutnya, pindai perangkat dan cari nama headset milik Anda.

Setelah Anda menghubungkan headset Bluetooth, kini Anda bisa langsung mendengarkan musik atau menerima panggilan telepon.

Bagaimana cara mengetahui headset Bluetooth penuh?

Untuk mengetahui baterai headset Bluetooth sudah penuh atau belum dengan melihat lampu indikatornya. Jika masih berkelap-kelip maka proses charging masih berjalan. 

Berapa lama waktu cas headset Bluetooth?

Biasanya, waktu untuk mengecas headset Bluetooth sampai full membutuhkan waktu selama 1 sampai 3 jam.

Bagaimana cara menghubungkan headset Bluetooth dengan HP?

Cara untuk pemakaian headset Bluetooth yang benar yaitu:

  1. Pastikan Bluetooth pada headset dalam posisi nyala.
  2. Kemudian, setting headset Bluetooth dengan mode pairing.
  3. Setelah itu, nyalakan fitur Bluetooth di handphone.
  4. Selanjutnya, pindai perangkat Bluetooth dengan handphone.
  5. Lalu, sambungkan headset dengan handphone.

Apakah headset Bluetooth harus dicharge?

Headset Bluetooth harus dicas karena perangkat ini bisa nyala karena menggunakan daya dari baterai. Oleh karena itu, Anda harus rajin-rajin cas headset agar bisa terus digunakan.

Berapa lama ngecas TWS baru?

Jika Anda punya TWS baru, maka Anda bisa ngecas perangkat tersebut selama 90 sampai 120 menit. Namun, setelah itu, Anda bisa cas dalam waktu 60 menit saja.

Bagaimana cara mematikan headset Bluetooth?

Anda hanya perlu menekan tombol power pada headset selama 3 detik. Setelah itu, tunggu sampai lampu indikatornya berkedip dan mati. Namun, cara ini mungkin hanya bisa hanya berlaku pada beberapa merek saja.

Kesimpulan: Cara Kerja Headset Bluetooth

Demikianlah pembahasan tentang cara kerja headset Bluetooth. Tim Hapedia menjelaskan 4 cara kerjanya, yaitu dari sinyal Bluetooth, pairing, membutuhkan daya, dan yang terakhir adalah peran fitur noise cancelling.

Cara di atas bisa juga Anda gunakan untuk perangkat audio dengan Bluetooth lainnya, lho. Adapun beberapa perangkat audio yang tim Hapedia maksud yaitu headphone, earbuds, dan handsfree. Jadi, apakah Anda sudah paham cara kerja perangkat ini? 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Hapedia adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Hapedia mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo