Hide Menu

Anda Pencinta Photography? Jangan Lewatkan 5 Cara Foto Shutter Speed di Android Ini!

Artikel Ini Memberikan Cara Foto Menggunakan Shutter Speed dengan Hasil yang Keren di HP, Penasaran? Yuk, Baca sampai Bawah!

Artikel Cara Foto Shutter Speed di Android ini diposting diperbarui
3 Pembaca
Like
Cara Foto Shutter Speed di Android 2024
© freepik.com

Shutter Speed Itu Apa Sih?

Shutter Speed Itu Apa Sih?
freepik.com

Saat ini, teknologi sudah semakin berkembang dan semakin canggih sehingga sudah banyak sekali smartphone keluaran terbaru. Produk baru tersebut pun mengalami peningkatan yang cukup drastis, terutama pada konfigurasi kamera.

Hal ini yang buat Anda menjadi lebih mudah untuk mengatur kamera HP secara manual, dari aperture, ISO, shutter speed, dan pengaturan lainnya. Namun, sebagian orang ada yang belum mengetahui apa itu shutter speed. Apa Anda tahu shutter speed?

Shutter speed merupakan salah satu pengaturan kamera yang dapat mengatur durasi jeda jendela sensor. Shutter speed akan terbuka jika terkena paparan cahaya dan akan kembali menutup saat cahaya meredup.

Fungsi shutter speed di HP bisa bikin kamera mengumpulkan cahaya lebih banyak. Dengan begitu, hasil foto akan lebih maksimal. Selain itu, shutter speed juga identik dengan simbol yang berupa angka seperti 1/25, 1/60, dan 1/100. Angka tersebut adalah tanda kecepatan memotret objek yang bergerak.

Setelah tahu pengertian dari shutter speed, apa Anda ingin tahu juga cara foto shutter speed di Android? Kalau gitu, pas banget karena tim Hapedia akan menjelaskannya di artikel iniYuk, baca sampai bawah!

D. P. Rachmadani
Writer
Content Writer

Seseorang yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Senang mendengar cerita siapa saja, dan suka dengan kucing.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Hapedia. Meski Hapedia terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Hapedia. Silakan baca kebijakan editorial Hapedia untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Cara Foto Shutter Speed di Android - Terbaru 2024

Sudah dijelaskan di atas bahwa shutter speed akan terbuka jika terkena paparan cahaya dan akan kembali menutup saat cahaya meredup. Penjelasan tersebut sesuai dengan penelitian oleh Jimmy Pratama et al pada tahun 2022. Ia menyatakan bahwa kecepatan buka dan tutupnya jendela sensor shutter speed tergantung dari banyaknya cahaya.

Kalau gitu, mari belajar bersama agar hasil foto Hapeholic semakin bagus. Gak usah lama-lama, simak baik-baik cara foto shutter speed di Android melalui penjelasan di bawah. Let’s go!

1
Unduh Aplikasi

Anda Bisa Mencoba Salah Satunya!

Unduh Aplikasi

2
Buka Kamera

Klik Ikon Kamera di HP Anda!

Buka Kamera

3
Masuk ke Pengaturan

Setting Ada di Sisi Kiri Layar HP

Masuk ke Pengaturan

4
Atur Shutter

Atur Sesuai dengan Keinginan Anda

Atur Shutter

5
Ambil Gambar

Segera Foto Objek yang Anda Suka

Ambil Gambar

Anda bisa percaya Hapedia. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Hapedia meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Anda Bisa Mencoba Salah Satunya!
© freepik.com
1
Anda Bisa Mencoba Salah Satunya!

Unduh Aplikasi

Langkah pertama, Anda bisa download dan instal aplikasi shutter speed seperti ProShot, Manual Camera, Footej Camera, dan Camera FV-5 Lite secara gratis di Google Play Store atau AppStore. Berikut penjelasan dari masing-masing aplikasi rana. 

  • ProShot

ProShot merupakan salah satu aplikasi kamera yang memberikan kontrol secara penuh atas shutter speed. Aplikasi ini memberikan fitur seperti mode manual, semi-manual atau otomatis, balance putih, eksposur, pengaturan ISO, dan fitur menarik lainnya.

  • Manual Camera

Manual Camera juga menawarkan kontrol penuh untuk semua pengaturan kamera HP Anda, termasuk shutter speed. Aplikasi ini sangat cocok bagi para pemula dan profesional karena memiliki fitur antarmuka pengguna yang cukup mudah untuk digunakan.

  • Footej Camera

Footej Camera merupakan aplikasi kamera Android premium yang menawarkan kontrol fokus, pengaturan ISO, dan kontrol manual atas shutter speed. Aplikasi ini juga memiliki fitur antarmuka pengguna seperti Manual Camera yang intuitif dan mudah dipahami.

Karena fiturnya yang praktis, aplikasi ini cocok untuk semua pengguna dari amatir sampai profesional. Selain itu, Footej Camera mendukung format file timelapse, RAW, dan mode burst, sehingga memberikan banyak pilihan kreatif untuk para fotografer.

  • Camera FV-5 Lite

Aplikasi ini merupakan aplikasi kamera profesional yang dibuat tahun 2012. Aplikasi Camera FV-5 Lite dikembangkan oleh para fotografi amatir dan para pakar fotografi dengan menawarkan kontrol lengkap seperti kamera profesional.

Biasanya, aplikasi-aplikasi di atas akan diunduh dan diinstal jika smartphone tidak memiliki pengaturan shutter speed. Dengan Anda menggunakan aplikasi di atas akan bikin hasil potret jadi gambar yang sangat keren dan bagus meskipun Anda foto pada malam siang atau malam hari.

Klik Ikon Kamera di HP Anda!
© freepik.com
2
Klik Ikon Kamera di HP Anda!

Buka Kamera

Rekomendasi kami

Langkah selanjutnya untuk menggunakan shutter speed kamera HP adalah Anda harus membuka aplikasi kamera yang sudah ada di smartphone dengan cara klik ikon dengan gambar kamera. Jika sudah, lanjutkan ke langkah berikutnya. 

Setting Ada di Sisi Kiri Layar HP
© freepik.com
3
Setting Ada di Sisi Kiri Layar HP

Masuk ke Pengaturan

Rekomendasi kami

Langkah ketiga dari cara mengatur shutter speed di HP yaitu dengan menekan setting yang berupa ikon P atau tiga garis horizontal atau roda gigi. Biasanya, ikon setting ini terletak pada bagian kiri layar. Jika sudah menemukan tanda pengaturan, klik Mode Program, maka akan muncul ikon P dan S. Anda bisa pilih ikon S.

Atur Sesuai dengan Keinginan Anda
© freepik.com
4
Atur Sesuai dengan Keinginan Anda

Atur Shutter

Saat ini, Anda telah berhasil download aplikasi, instal, dan mengatur kamera. Sekarang shutter speed smartphone sudah masuk pada kamera sidebar sehingga Anda akan lebih mudah mengatur shutter speed.

Hapeholic bisa mengatur waktu shutter seperti 1 detik atau 3 detik, dan akan muncul nilai preset yang bisa Anda pilih. Tidak hanya mengambil cahaya, shutter juga bisa bekerja sesuai dengan perintah yang sudah Anda atur sesuai dengan metode yang diinginkan.

Segera Foto Objek yang Anda Suka
© freepik.com
5
Segera Foto Objek yang Anda Suka

Ambil Gambar

Rekomendasi kami

Karena shutter speed sudah diatur sesuai dengan keinginan Anda, itu berarti shutter speed sudah bisa Anda gunakan untuk mengambil berbagai macam objek dengan hasil yang jernih dan keren. Anda bisa memotret dengan posisi portrait maupun landscape

Contoh objek dengan landscape shot seperti pemandangan pantai, langit sunset, orang bergaya, dan cahaya bintang di malam hari. Tidak hanya objek atau benda mati, Anda juga bisa menggunakan teknik foto light painting untuk merekam objek yang bergerak atau trail dengan shutter speed yang lambat.

Tanya Jawab Seputar Cara Foto Shutter Speed di Android

Gimana, Anda sudah memutuskan foto pakai shutter speed? Kalau gitu, jangan buru-buru menutup artikel ini. Sebaiknya Hapeholic tidak melewatkan section tanya jawab yang sudah tim Hapedia rangkum di bawah ini. Yuk, cek!

Apa itu shutter speed pada kamera HP?

Shutter speed atau yang sering disebut dengan rana adalah pengaturan durasi jendela sensor. Sensor ini akan terbuka dan menangkap banyak cahaya sebelum memotret objek.

Bagaimana pengaturan shutter speed dapat mempengaruhi hasil foto?

Shutter speed akan terbuka lama jika banyak intensitas cahaya yang masuk ke dalam sensor, sehingga foto Anda akan lebih terang.

Apa fungsi shutter speed pada kamera?

Rana atau shutter speed berfungsi untuk menangkap suatu objek yang bergerak cepat dengan hasil tidak blur. Jadi, foto yang Hapeholic ambil pun terlihat bagus. 

Kesimpulan: Cara Foto Shutter Speed di Android

Demikian pembahasan tentang cara foto shutter speed di Android. Untuk menggunakan shutter speed Anda bisa ikuti tips di atas mulai dari unduh aplikasi, buka kamera, masuk ke pengaturan, atur shutter, dan yang terakhir ambil gambar.

Anda bisa memilih salah satu aplikasi shutter speed atau pakai saja shutter speed yang ada di ponsel Anda. Tunggu apa lagi? Segera jepret objek menarik di depan Anda dengan shutter speed, dijamin hasilnya keren dan bagus banget. Selamat mencoba!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Hapedia adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Hapedia mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo