Hide Menu

Jangan Sampe Salah, Ikuti 6 Cara Edit Foto Light Painting Berikut Kalau Mau Hasilnya Bagus

Artikel Ini Membagikan 6 Cara untuk Teknik Light Painting yang Bisa Anda Praktekin. Penasaran? Yuk, Baca Sampai Selesai!

Artikel Cara Edit Foto Light Painting ini diposting diperbarui
4 Pembaca
Like
Cara Edit Foto Light Painting 2024
© freepik.com

Teknik Light Painting Itu Apa?

Teknik Light Painting Itu Apa?
freepik.com

Photography merupakan salah satu media seni yang memiliki kelebihannya sendiri jika dibandingkan dengan media seni lainnya. Selain itu, photography menjadi cara untuk mengabadikan setiap momen siapapun. Namun, untuk bisa mendapatkan hasil foto yang bagus, maka Anda membutuhkan tenik yang tepat, salah satunya teknik light painting.

Apa itu teknik light painting? Teknik ini merupakan kreasi foto yang memanfaatkan shutter speed untuk merekam jejak cahaya yang dibuat. Biasanya, teknik light painting dilakukan di malam hari atau pemotretan dilakukan dalam kondisi gelap dengan memanfaatkan gerakan sumber cahaya.

Apakah Hapeholic tertarik untuk membuat foto dengan teknik light painting? Kalau gitu, Anda harus tau cara edit foto light painting. Tenang aja, tim Hapedia akan membagikan caranya melalui artikel ini. Yuk, baca!

D. P. Rachmadani
Writer
Content Writer

Seseorang yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Senang mendengar cerita siapa saja, dan suka dengan kucing.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Hapedia. Meski Hapedia terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Hapedia. Silakan baca kebijakan editorial Hapedia untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

6 Cara Edit Foto Light Painting - Terbaru 2024

Menurut hasil penelitin oleh Vicky Firman dan Nurmanda pada tahun 2022, mereka menyatakan bahwa teknik fotografi yang populer adalah light painting. Teknik ini meliputi cara mengambil gambar dan cara edit.

Selain hasilnya epik, teknik light painting akan membutuhkan konsep, alat, dan pengaturan kamera yang tepat. Mulai penasaran dengan cara edit foto light painting? Jika iya, simak baik-baik inti artikel ini agar tahu tipsnya!

1
Tentukan Lokasi

Outdoor atau Indoor yang Penting Minim Pencahayaan

Tentukan Lokasi

2
Tentukan Konsep

Mau Tulisan, Pola, atau Spiral? Tentukan Segera!

Tentukan Konsep

3
Tentukan Objek Foto

Fokusnya Mau ke Model atau ke Cahaya?

Tentukan Objek Foto

4
Siapkan Kamera dan Tripod

Yang Penting HP Bisa Disetting Manual

Siapkan Kamera dan Tripod

5
Setting Kamera HP

Set Kamera ke Mode Manual

Setting Kamera HP

6
Ambil Gambar

Yuk, Ambil Foto dan Lihat Hasilnya! Pasti Keren!

Ambil Gambar

Anda bisa percaya Hapedia. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Hapedia meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Outdoor atau Indoor yang Penting Minim Pencahayaan
© freepik.com
1
Outdoor atau Indoor yang Penting Minim Pencahayaan

Tentukan Lokasi

Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu menentukan lokasi yang tepat agar hasil foto jadi keren. Biasanya, untuk melakukan teknik foto light painting membutuhkan tempat yang pencahayaannya kurang atau Anda bisa melakukannya di outdoor saat malam hari.

Selain itu, Anda juga bisa foto indoor dengan cara mematikan lampu utama ruangan yang akan dipakai. Mau di luar atau di dalam ruangan tidak masalah, asalkan kondisinya memungkinkan. Kenapa sih harus tempat yang minim cahaya?

Faktanya, untuk mendapatkan hasil foto light painting yang keren tidak boleh diganggu dengan cahaya lain. Bahkan sangat mungkin jika Anda ingin foto di pinggir kolam renang, di tengah hutan, atau di tengah-tengah perkebunan. Jadi, Hapeholic mau pemotretan di lokasi yang seperti apa?

Mau Tulisan, Pola, atau Spiral? Tentukan Segera!
© freepik.com
2
Mau Tulisan, Pola, atau Spiral? Tentukan Segera!

Tentukan Konsep

Rekomendasi kami

Langkah selanjutnya untuk cara light painting supaya hasilnya keren adalah Anda harus menentukan konsepnya. Anda bisa menuangkan ide kreatif yang ada di pikiran sebagai konsep dengan cara membuat cahaya berbentuk tulisan, spiral atau pola.

Untuk mewujudkan konsep unik tersebut, Anda bisa menggunakan lampu LED, flash HP, bulb, lilin, laser, senter, atau light stick. Sumber cahaya tersebut dapat menghasilkan warna yang berbeda-beda. Contohnya, lilin akan menghasilkan cahaya yang berwarna orange.

Fokusnya Mau ke Model atau ke Cahaya?
© freepik.com
3
Fokusnya Mau ke Model atau ke Cahaya?

Tentukan Objek Foto

Berikutnya, Anda juga harus menentukan konsep foto light painting. Pada step ini, Anda harus menentukan mau fokus pada model yang akan disinari atau hanya akan fokus pada cahayanya saja. Jika Anda memilih untuk menggunakan model, maka disarankan untuk Anda mengatur ISO rendah agar model tersebut kelihatan.

Yang Penting HP Bisa Disetting Manual
© freepik.com
4
Yang Penting HP Bisa Disetting Manual

Siapkan Kamera dan Tripod

Rekomendasi kami

Cara buat light painting yang bagus membutuhkan kamera dan tripod untuk mempermudah proses pengambilan gambar. Gunanya tripod pada cara foto light trail di HP adalah supaya kamera tetap stabil saat Anda melakukan pengambilan gambar dengan hasil yang tidak ada bayangannya.

Biasanya, kamera yang digunakan untuk foto light painting yaitu DSLR, kamera poket atau mirrorless, yang penting kamera tersebut bisa diatur manual. Jika sudah biasa, media tersebut bisa menghasilkan gambar yang sangat indah.

Namun bagaimana jika Hapeholic pemula yang belum punya kamera canggih? Jangan khawatir karena Anda juga bisa pake kamera smartphone dengan catatan Hapeholic harus punya aplikasi untuk setting kamera smartphone manual. Gampang, ‘kan? 

Set Kamera ke Mode Manual
© freepik.com
5
Set Kamera ke Mode Manual

Setting Kamera HP

Rekomendasi kami

Setelah Anda menyiapkan kamera dan tripod, kini Anda setting kamera dengan memilih mode manual. Tujuannya agar Anda bisa set the shutter speed, ISO, dan aperture sesuai dengan keinginan Anda. Simak penjelasan ketiga mode di bawah ini.

  • Aperture

Anda bisa set bukaan kamera ini di f/8 sampai f/11 supaya hasil foto tampak lebih tajam mulai dari ujung ke ujung.

  • Shutter Speed

Jika ponsel Anda tidak ada pengaturan shutter speed, Anda bisa download dan instal app yang mendukung shutter speed. Lalu, set waktu shutter speed di angka 10 sampai 30 detik. Hal ini bertujuan agar kamera HP Android Anda bisa menangkap jejak warna cahaya yang Anda buat.

  • ISO

Selanjutnya, set ISO menjadi rendah yaitu di angka 50 sampai 200 supaya hasil foto ada di kualitas yang maksimal dan terhindar dari noise.

Jika Anda sudah mengatur aperture, shutter speed, dan ISO itu artinya kamera sudah bisa Anda gunakan untuk memotret dengan hasil foto yang jernih, keren, dan bagus.

Yuk, Ambil Foto dan Lihat Hasilnya! Pasti Keren!
© freepik.com
6
Yuk, Ambil Foto dan Lihat Hasilnya! Pasti Keren!

Ambil Gambar

Setelah menentukan lokasi, konsep, objek foto, kamera, tripod sudah siap, dan Anda juga sudah set kamera sesuai dengan peraturan untuk foto light painting, Anda bisa langsung mengambil foto objek. 

Pastikan untuk memotret dengan konsep secara landscape atau potret agar hasil yang keren. Jangan lupa fokus pada objek yang Hapeholic inginkan, dan selamat karena Anda sudah menguasai teknik ini! 

Tanya Jawab Seputar Cara Edit Foto Light Painting

Kini, Anda sudah tau cara edit foto light painting. Untuk menambah pengetahuan Anda, alangkah baiknya jika Hapeholic tidak melewatkan section tanya jawab di bawah ini. Yuk, cek!

Apa itu light painting dalam fotografi?

Foto light painting merupakan kreasi foto yang menggunakan shutter speed dengan kecepatan lambat dan memanfaatkan gerakan dari sumber cahaya.

Apa saja 3 elemen dasar fotografi?

Elemen dasar fotografi yaitu aperture, ISO, dan shutter speed.

Apa itu teknik front light?

Teknik front light atau teknik pencahayaan dari depan yaitu pemotretan dimana objek foto berada di depan sumber cahaya sehingga objek akan terlihat jelas.

Teknik pencahayaan ada apa saja?

Ada 7 teknik pencahayaan dalan fotografi, yaitu

  • Light painting
  • Rim light
  • Back light
  • Top light
  • Ray of light
  • Side light
  • Oval light

Kesimpulan: Cara Edit Foto Light Painting

Demikianlah pembahasan tim Hapedia tentang cara edit foto light painting. Ada 6 cara untuk menggunakan teknik light painting, mulai dari menentukan lokasi, menentukan konsep, menentukan objek, siapkan kamera dan tripod, setting kamera HP, dan terakhir ambil gambar.

Untuk melakukan teknik ini, gunakan senter, flash HP, lilin, laser atau light stick sebagai sumber cahaya. Hapeholic bisa mendapatkan rekomendasi alat yang tersebut melalui link yang sudah tim Hapedia sediakan di atas. Semua produk di atas berasal dari toko-toko online terpercaya dengan kualitas terbaik, lho.

Jadi, jangan lupa juga buat ajak bestie-bestie Hapeholic untuk membaca artikel ini sebelum melakukan teknik light painting biar hasil fotonya keren dan anti gagal. Tim Hapedia harap semoga atikel ini bermanfaat, dan selamat mencoba!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Hapedia adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Hapedia mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo