Hide Menu

Ikuti Metode Terbaik 4 Cara Cek Kapasitas Powerbank dengan Aplikasi Ini, Mudah dan Akurat!

Artikel Ini Membagikan 4 Cara untuk Cek Kapasitas Power Bank Pakai Aplikasi Gratis, Lengkap!

Artikel Cara Cek Kapasitas Powerbank dengan Aplikasi ini diposting diperbarui
Pembaca
Like
Cara Cek Kapasitas Powerbank dengan Aplikasi 2024
© freepik.com

Ketentuan Power Bank yang Masuk Ke Kabin Pesawat

Ketentuan Power Bank yang Masuk Ke Kabin Pesawat
freepik.com

Power bank adalah salah satu alat pengisi daya portable yang wajib banget dibawa saat sedang melakukan perjalanan. Perangkat ini dapat Anda gunakan saat sedang jauh dengan stopkontak listrik. Dengan begitu, Anda gak perlu lagi bingung mencari charging station untuk ngecas HP.

Perangkat pengisi daya ini memiliki banyak sekali ukuran, mulai dari 1000mAh, 5000mAh, 10000mAh, 50000mAh, dan 99000mAh. Namun, ketika Anda hendak bepergian dengan naik pesawat, maka Anda harus mengikuti peraturan power bank yang sudah ditentukan oleh pihak maskapai penerbangan. Kapasitas tersebut tidak boleh lebih dari yaitu 32000mAh atau 160 Wh.

Maskapai penerbangan membolehkan para penumpang untuk membawa power bank masuk ke dalam kabin, tapi harus dengan kapasitas maksimal 20000mAh (100 Wh) atau kurang dari 200000mAh. Namun, apabila Anda ingin membawa power bank dengan kapasitas yang melebihi ketentuan, maka Anda harus meminta persetujuan dari pihak maskapai terlebih dahulu.

Lalu, apa Anda tahu cara cek kapasitas powerbank dengan aplikasi? Untuk itu, Anda sebaiknya baca artikel ini sampai habis karena tim Hapedia akan menjelaskannya di sini. Penasaran, ‘kan? Kalau gitu, yuk, mulai baca sekarang!

D. P. Rachmadani
Writer
Content Writer

Seseorang yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Senang mendengar cerita siapa saja, dan suka dengan kucing.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Hapedia. Meski Hapedia terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Hapedia. Silakan baca kebijakan editorial Hapedia untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

4 Cara Cek Kapasitas Powerbank dengan Aplikasi - Terbaru 2024

Menurut hasil penelitian oleh Weiping Diao et al pada tahun 2020 menyatakan bahwa fungsi power bank adalah untuk mengisi daya baterai pada perangkat elektronik portable seperti tablet dan handphone. Dalam penelitian tersebut juga menerangkan bahwa masih banyak kapasitas power bank yang gak sesuai dengan ekspektasi konsumen.

Gak hanya itu, terkadang tulisan dalam deskripsinya mencantumkan kapasitas yang besar. Tapi, setelah dicek ternyata kapasitasnya justru lebih kecil. Nah, supaya Anda tidak lagi tertipu dan bingung dengan kapasitas power bank yang dimiliki, sebaiknya Anda ikuti 4 cara cek kapasitas powerbank dengan aplikasi di bawah ini. Let’s go!

1
Pilih Aplikasi yang Dibutuhkan

Perhitungan Bakal Akurat Kalau Pakai Apk yang Tepat

Pilih Aplikasi yang Dibutuhkan

2
Koneksikan Power Bank ke HP

Hubungkan Pakai Kabel USB, Ya!

Koneksikan Power Bank ke HP

3
Buka Aplikasi

Ikuti Setiap Step-Step yang Muncul dalam Aplikasi!

Buka Aplikasi

4
Cek Kapasitas

Kalau Tahu Kapasitasnya Jadi Gak Khawatir Buat Dibawa ke Mana Saja!

Cek Kapasitas

Anda bisa percaya Hapedia. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Hapedia meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Perhitungan Bakal Akurat Kalau Pakai Apk yang Tepat
© freepik.com
1
Perhitungan Bakal Akurat Kalau Pakai Apk yang Tepat

Pilih Aplikasi yang Dibutuhkan

Rekomendasi kami

Cara pertama untuk mengetahui kapasitas power bank adalah Anda bisa menggunakan beberapa aplikasi batre Android untuk cek kapasitas powerbank. Berikut adalah beberapa rekomendasi aplikasi yang tim Hapedia maksud, yaitu:

  1. BatteryBot Battery Indicator
  2. Battery Monitor Widget
  3. Battery Percentage for Android Wear
  4. AccuBattery
  5. Battery Widget Reborn
  6. Ampere
  7. Battery HD
  8. Battery Life
  9. BatteryCare

Semua aplikasi tersebut bisa Anda dapatkan di Google Play Store secara gratis. Anda gak perlu khawatir karena semua aplikasi tersebut sudah banyak orang download dan digunakan. Selain itu, apk ini juga bisa menghitung kapasitas baterai power bank secara akurat dan bisa Anda gunakan kapan pun dan tanpa adanya batas penggunaan aplikasi.

Hubungkan Pakai Kabel USB, Ya!
© freepik.com
2
Hubungkan Pakai Kabel USB, Ya!

Koneksikan Power Bank ke HP

Rekomendasi kami

Anda sudah download aplikasinya? Kalau sudah, lanjut ke langkah selanjutnya, yaitu menghubungkan power bank dengan ponsel Anda. Di step kedua ini, Anda harus menggunakan kabel USB untuk dapat menghubungkan power bank dengan handphone.

Caranya, Anda colokkan ujung kabel USB sisi A ke powerbank, sedangkan ujung kabel B masukkan ke handphone. Sebelum lanjut ke langkah selanjutnya, pastikan bahwa kabel USB yang nyolok ke power bank dan handphone sudah masuk semua, ya!

Ikuti Setiap Step-Step yang Muncul dalam Aplikasi!
© freepik.com
3
Ikuti Setiap Step-Step yang Muncul dalam Aplikasi!

Buka Aplikasi

Rekomendasi kami

Power bank dan HP sudah terhubung, sekarang lanjutkan dengan buka aplikasi yang Anda install tadi. Setelah itu, Hapeholic tinggal ikuti semua step-step yang ada di dalam aplikasi tersebut. Pada bagian ini, Anda tidak membutuhkan waktu berjam-jam. Langkahnya selesai hanya dalam hitungan menit, lho.

Kalau Tahu Kapasitasnya Jadi Gak Khawatir Buat Dibawa ke Mana Saja!
© freepik.com
4
Kalau Tahu Kapasitasnya Jadi Gak Khawatir Buat Dibawa ke Mana Saja!

Cek Kapasitas

Rekomendasi kami

Setelah Anda install dan registrasi, kini Anda bisa langsung lihat di aplikasi tersebut berapa kapasitas power bank Anda. Setiap aplikasi memiliki design tampilannya masing-masing dalam menampilkan data persentase baterai (mAh), voltase, dan arus listrik (watt) yang dihasilkan saat power bank dihubungkan dengan handphone.

Dengan begitu, Anda dapat mengetahui berapa daya yang tersisa di power bank. Kalau sisa dari daya power bank sedikit, maka Anda bisa langsung recharge power bank. Namun, kalau ternyata daya masih banyak, maka Anda gak perlu cas power bank tersebut. Sebaliknya, langsung saja pakai untuk mengisi daya HP yang sudah berkurang banyak! 

Tanya Jawab Seputar Cara Cek Kapasitas Powerbank dengan Aplikasi

Cukup menarik ‘kan pembahasan kali ini tentang cara cek kapasitas powerbank dengan aplikasi? Nah, sebelum Hapeholic mengakhiri artikel ini, sebaiknya Anda luangkan waktu sedikit untuk membaca beberapa pertanyaan beserta jawaban seputar power bank. Yuk, langsung cek di bawah, ya!

Bagaimana cara mengetahui power bank penuh?

Untuk mengetahui daya power bank penuh, Anda bisa melihat lampu indikator yang ada pada power bank. Apabila semua lampu indikator tersebut nyala semua, itu artinya daya power bank sudah penuh atau full.

Berapa volt power bank 10000mah?

Jika kapasitas power bank 10000mAh, maka voltasenya adalah 3,7 volt.

Berapa lama daya tahan power bank 20000mAh?

Power bank dengan kapasitas 20000mAh bisa dipakai untuk ngecas sebanyak 3 sampai 4 kali. Dengan catatan, kapasitas baterai handphone 5000mAh, ya!

Apakah power bank 10000 mAh tahan berapa lama?

Power bank dengan kapasitas 10000mAh bisa digunakan rata-rata selama 10 jam atau 2 sampai 3 kali ngecas.

Powerbank yang bagus merk apa?

Berikut ini beberapa merek power bank rekomendasi yang bagus, yaitu Acmic, Samsung, Robot, Xiaomi, Uneed, dan Baseus.

Bolehkah menyimpan power bank di mobil?

Sebaiknya Anda tidak menyimpan power bank, laptop, HP, dan perangkat elektronik lainnya di dalam mobil. Sebab, menyimpannya dalam mobil bisa menaikkan suhu pada perangkat elektronik tersebut sehingga dapat memicu kebakaran dan meledak.

Apakah boleh bawa power bank 20000mAh?

Power bank yang dibawa ke kabin pesawat tidak boleh melebihi kapasitas yang sudah ditentukan, yaitu 100 Wh atau setara dengan 20000mAh. Pernyataan tersebut tertera dalam Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2018 oleh Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan.

Kesimpulan: Cara Cek Kapasitas Powerbank dengan Aplikasi

Demikian pembahasan tim Hapedia tentang cara cek kapasitas powerbank dengan aplikasi. Aplikasi yang digunakan untuk cek kapasitas power bank menjadi salah satu cara paling efektif dan sangat mudah untuk mengetahui daya baterai.

Cara cek kapasitas power bank pakai aplikasi ada 4, yaitu pilih aplikasi, koneksikan power bank ke HP, buka aplikasi, dan langkah terakhir cek kapasitas. Tips di atas menjadi cara yang paling ampuh dan terbaik agar Anda bisa mengetahui berapa kapasitas power bank.

Selain itu, ini juga bisa menjadi salah satu cara untuk menghindari kejadian kehabisan daya power bank saat sedang dalam perjalanan. Mungkin Hapeholic ada keinginan untuk membeli power bank di atas? Tenang aja, semua produk di atas original, bagus, dan harganya juga terjangkau. Jadi, happy shopping!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Hapedia adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Hapedia mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo