Hide Menu

Mau Jual HP Gak Tahu Harga Pasarannya? Inilah 3 Cara Cek Harga HP Sendiri, Gak Bakal Rugi!

Penjelasan Seputar 3 Cara Cek Harga HP Sendiri, Bisa Lewat Aplikasi Cek Harga HP atau Situs Jual Beli HP Second!

Artikel Cara Cek Harga HP Sendiri ini diposting diperbarui
10 Pembaca
Like
Cara Cek Harga HP Sendiri 2024
© freepik.com

Punya HP Bekas? Jual Aja biar Untung!

Punya HP Bekas? Jual Aja biar Untung!
freepik.com

Punya HP bekas Samsung seperti Galaxy J2 Prime, J5 Pro, J7 Prime, A10 Black, A20, atau mungkin Samsung Note 10 Plus? Nah, kalau misalkan Anda punya handphone second keluaran tahun 2018, 2019, 2021, atau 2022 yang sudah tidak Anda pakai, Anda bisa loh menjualnya. Daripada geletakan di rumah, gak ada salahnya kalau dijual, ‘kan? Lebih untung!

Namun, biasanya, alasan kenapa kebanyakan orang tidak mau menjual HP lama mereka adalah karena ketidaktahuan harga jual HP yang sesuai. Apakah Anda salah satunya?

Kalau begitu, biarkan tim Hapedia membantu Anda. Lewat artikel ini, tim Hapedia akan memberitahu Anda beberapa cara cek harga HP sendiri biar Anda tahu harga pasaran HP seken Anda. Jadi, bacalah!

A. Ulinnuha
Writer
Content Editor

Seorang pemikir yang penuh antusias, suka mengeksplorasi hal-hal baru, dan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik di setiap langkah kehidupannya. Sejak masuk di bangku kuliah, Adhit mulai tertarik dengan dunia kepenulisan. Ia kemudian banyak menghabiskan waktunya untuk menulis puisi, cerita-cerita sarat makna, dan beragam artikel dengan berbagai macam topik.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Hapedia. Meski Hapedia terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Hapedia. Silakan baca kebijakan editorial Hapedia untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

3 Cara Cek Harga HP Sendiri - Terbaru 2024

Pada dasarnya, cara cek harga HP sendiri paling umum yang bisa Anda lakukan adalah dengan bertanya langsung ke toko jual beli HP atau konter HP dekat rumah. Anda bisa membawa HP Android atau iPhone seken yang ingin Anda jual ke sana dan tanyakan berapa harga pasaran yang pantas.

Namun, di era teknologi yang maju seperti sekarang, Anda tentu lebih suka cara yang mudah tanpa mengharuskan Anda keluar rumah, bukan? Oleh karena itu, Anda bisa cek harga HP Anda menggunakan beberapa aplikasi cek harga HP second.

Terhitung, ada tiga aplikasi cek harga HP yang bisa Anda gunakan, seperti Tokopedia, Blibli, serta situs Laku6. Penasaran bagaimana caranya? Terus scroll ke bawah kalau begitu!

1
Tokopedia

Pakai Fitur Tukar Tambah, Harga HP Otomatis Keluar

Tokopedia

2
Blibli

Fitur Tukar Tambah Blibli Bisa Anda Gunakan untuk Cek Harga HP

Blibli

3
Laku6

Buka Situsnya, Masukkan Model HP yang Mau Anda Jual, dan Jreng! Harga HP Anda Muncul

Laku6

Anda bisa percaya Hapedia. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Hapedia meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Pakai Fitur Tukar Tambah, Harga HP Otomatis Keluar
© tokopedia.com
1
Pakai Fitur Tukar Tambah, Harga HP Otomatis Keluar

Tokopedia

Rekomendasi kami

Cara cek harga HP sendiri yang pertama bisa Anda lakukan melalui aplikasi Tokopedia. Selain tempat jual beli, Anda juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengecek harga HP yang ingin Anda jual. Caranya juga mudah karena Anda hanya perlu menggunakan fitur Tukar Tambah yang Tokopedia sediakan.

Tanpa banyak cincong, begini caranya:

  1. Buka aplikasi Tokopedia di HP Anda.
  2. Masuk ke kolom pencarian, kemudian cari dan pilihlah smartphone baru yang ingin Anda beli.
  3. Jika sudah, scroll ke bawah dan pilih tombol Tukar Tambah.
  4. Ikuti saja panduan yang muncul dan biarkan sistem Tokopedia melakukan pengecekan terhadap bagus tidaknya HP Anda serta apakah spesifikasi HP Anda memenuhi syarat untuk dijual.
  5. Setelah proses pengecekan selesai, sistem Tokopedia akan secara otomatis memberikan harga jual untuk merk dan model smartphone Anda.
  6. Selesai, Anda kini sudah tahu berapa harga pasaran dari HP yang akan Anda jual.
Fitur Tukar Tambah Blibli Bisa Anda Gunakan untuk Cek Harga HP
© blibli.com
2
Fitur Tukar Tambah Blibli Bisa Anda Gunakan untuk Cek Harga HP

Blibli

Rekomendasi kami

Mirip dengan Tokopedia, Blibli yang merupakan aplikasi jual beli online juga menyediakan fitur Tukar Tambah atau Trading. Selain bisa Anda gunakan untuk melakukan transaksi pembelian dengan cara tukar tambah, Anda bisa memanfaatkan fitur ini untuk mengecek harga pasaran dari HP Anda.

Lalu, gimana caranya? Cek poin-poin di bawah untuk mengetahuinya!

  1. Buka aplikasi Blibli di handphone Anda.
  2. Cari dan temukan produk HP yang ingin Anda beli.
  3. Perhatikan apakah produk tersebut memiliki label Tukar Tambah. Jika ada, bisa segera Anda klik.
  4. Setelah itu, tekan tombol “Ajukan Tukar Tambah” yang ada di bagian bawah deskripsi produk HP.
  5. Ikuti langkah-langkah selanjutnya, seperti memasukkan lokasi, merek dan tipe smartphone lama Anda, serta nomor IMEI.
  6. Jika semua informasi di atas sudah masuk, harga HP lama Anda akan muncul di layar.
  7. Selesai!
Buka Situsnya, Masukkan Model HP yang Mau Anda Jual, dan Jreng! Harga HP Anda Muncul
© laku6.com
3
Buka Situsnya, Masukkan Model HP yang Mau Anda Jual, dan Jreng! Harga HP Anda Muncul

Laku6

Rekomendasi kami

Cara cek harga HP sendiri yang terakhir adalah melalui Laku6. Untuk Anda yang belum tahu, Laku6 merupakan online marketplace berbasis website yang memungkinkan Anda untuk menjual HP dengan harga terbaik.

Bagusnya, Anda bisa memanfaatkan situs ini untuk mengecek harga HP Anda. Begini caranya:

  1. Masuk ke situs Laku6 lewat www.laku6.com dan cari menu “Cek Harga”.
  2. Jika sudah, Anda nantinya akan diarahkan menuju situs lainnya bernama MauJual.
  3. Scroll sedikit ke bawah, Anda nantinya akan menemukan kolom pencarian “Cek Harga Model HP”.
  4. Silakan klik kolom tersebut, dan masukkan nama merk dan tipe model smartphone Anda. Atau, Anda bisa juga klik ikon merek-merek HP terlaris yang ada di bawah kolom pencarian, seperti Samsung, OPPO, iPhone, Vivo, Xiaomi, dan banyak lagi.
  5. Jreng! Harga HP Anda akan muncul di layar.

Perlu untuk Anda ketahui, situs Laku6 ini juga memberikan layanan luas yang menjangkau seluruh kota-kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Surabaya, Medan, Yogyakarta, Bandung, dan lain-lainnya. Jadi, Anda bisa melakukan tukar tambah dengan mudah dan tidak ribet sama sekali! 

Tanya Jawab Seputar Cara Cek Harga HP Sendiri

Itulah 3 aplikasi harga HP yang bisa Anda gunakan untuk cek harga HP second Anda dengan mudah. Apakah sudah selesai? Tentu belum. Sebelum Anda pergi ke section akhir artikel ini, luangkan sejenak waktu Anda untuk membaca beberapa pertanyaan di bawah.

Jual HP di aplikasi apa?

Kalau Anda berencana untuk menjual HP Samsung Galaxy, OPPO, atau iPhone yang sudah lama tidak Anda pakai, di bawah ini adalah beberapa daftar rekomendasi aplikasi untuk jual HP.

  • OLX
  • Tokopedia
  • MauJual
  • Carousell
  • Facebook Marketplace

Apakah Laku6 bisa dipercaya?

Jawabannya iya, Laku6 adalah situs terpercaya yang bisa Anda pertimbangkan jika Anda berencana untuk menjual maupun membeli HP bekas.

Apa saja yang harus dicek ketika membeli HP bekas?

Dalam transaksi jual beli HP bekas, ada banyak permasalahan yang kemungkinan akan Anda temui, salah satunya adalah penipuan (Sri. A. W, 2020). Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui hal-hal yang harus Anda perhatikan dan cek ketika membeli HP bekas, seperti:

  1. Kondisi fisik
  2. Layar atau LCD
  3. Baterai
  4. Konektivitas, dan
  5. Kamera

Apakah jual hp di Tokopedia aman?

Tentu saja, sebagai salah satu platform belanja populer di Indonesia, Tokopedia sangat aman untuk Anda jadikan tempat tujuan menjual handphone.

Kesimpulan: Cara Cek Harga HP Sendiri

Selesai sudah pembahasan seputar cara mengecek harga HP. Sebagai penutup, ada tiga aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk mengecek harga pasaran HP Anda, yaitu Tokopedia dan Blibli lewat fitur Tukar Tambah, serta situs jual beli HP bekas bernama Laku6.

Jika tertarik menggunakan layanan tersebut, jangan lupa untuk membersihkan ponsel Anda. Lepaskan case dan berikan produk yang terbaik sebelum menjual HP agar orang yang membeli merasa puas. 

Jadi, apakah sekarang Anda sudah tahu bagaimana cara cek harga HP sendiri lewat aplikasi cek harga HP second? Jika sudah, Anda kini tentunya sudah tahu berapa harga pasaran dari HP seken Anda, ‘kan? Apakah murah di bawah 1 juta atau justru masih mahal di angka 2 juta ke atas? Coba kasih tahu tim Hapedia dengan menulis komen di bawah, ya!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Hapedia adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Hapedia mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo