Hide Menu

Ternyata Mudah! Biar Beda dari yang Lain, Simak Panduan 3 Cara Buat Case Custom HP Ini!

Panduan 3 Cara Buat Case Custom yang Mudah Buat HP Android dan iPhone, Cuma Butuh Gunting dan Lem!

Artikel Cara Buat Case Custom ini diposting diperbarui
8 Pembaca
Like
Cara Buat Case Custom 2024
© freepik.com/rawpixel-com

Case HP Sang Aksesoris Penting untuk Setiap Smartphone

Case HP Sang Aksesoris Penting untuk Setiap Smartphone
freepik.com/rawpixel-com

Saat ini, smartphone adalah barang yang paling penting di kehidupan semua orang. Itulah fakta yang tidak terbantahkan. Di mana dan kapan saja, Anda pasti tidak pernah melewatkan sedikitpun waktu untuk tidak membuka ponsel Anda,  entah sekedar scroll media sosial maupun membalas pesan di WhatsApp.

Seiring dengan pentingnya smartphone di kehidupan setiap orang, maka kebutuhan aksesoris untuk gawai pun juga meningkat, salah satunya adalah casing HP. Ini merupakan sebuah aksesoris yang tidak hanya berfungsi untuk memberikan perlindungan pada smartphone Anda, namun juga untuk mempercantik tampilan ponsel Anda.

Namun, pernahkah Anda berpikir untuk bikin casing HP custom Anda sendiri dengan desain yang “aku banget”? Emang bisa? Bisa dong, Hapeholic! Jika Anda penasaran bagaimana caranya, maka simak terus artikel ini karena tim Hapedia telah merangkum beberapa cara buat case custom yang mudah. Tunggu apalagi? Mulailah membaca!

A. Ulinnuha
Writer
Content Editor

Seorang pemikir yang penuh antusias, suka mengeksplorasi hal-hal baru, dan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik di setiap langkah kehidupannya. Sejak masuk di bangku kuliah, Adhit mulai tertarik dengan dunia kepenulisan. Ia kemudian banyak menghabiskan waktunya untuk menulis puisi, cerita-cerita sarat makna, dan beragam artikel dengan berbagai macam topik.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Hapedia. Meski Hapedia terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Hapedia. Silakan baca kebijakan editorial Hapedia untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

3 Cara Buat Case Custom - Terbaru 2024

Selain melindungi dan mempercantik smartphone, tahukah Anda bahwa ternyata case HP juga dapat mempengaruhi kepercayaan diri seseorang? Menurut penelitian dari Suwandi et al (2020) berjudul Rencana Bisnis Naturcase menyatakan bahwa casing HP yang punya desain unik, kece, serta anti-mainstream dapat membuat seseorang lebih percaya diri saat menggenggam HPnya.

Jadi, jika Anda ingin membuat casing HP yang unik, kece, dan berbeda dari yang lainnya, maka caranya adalah dengan menggunakan case HP custom. Lalu, seperti apa cara membuat custom casing HP sendiri? Penasaran? Berikut kami tampilkan 3 contoh cara desain case HP sendiri dengan 3 bahan yang berbeda, cocok buat HP Android maupun iPhone! 

1
Kertas Kado

Kertas Kado Bisa Bikin Tampilan Casing HP Anda Menarik!

Kertas Kado

2
Printed Paper

Custom Case HP Pake Foto Ayang atau Foto Idola? Kenapa Enggak!

Printed Paper

3
Sticker

Banyak Pilihan Sticker. Pilih dan Tempelkan di Case HP Biar Makin Kece

Sticker

Anda bisa percaya Hapedia. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Hapedia meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Kertas Kado Bisa Bikin Tampilan Casing HP Anda Menarik!
© freepik.com/rawpixel-com
1
Kertas Kado Bisa Bikin Tampilan Casing HP Anda Menarik!

Kertas Kado

Rekomendasi kami

Pertama adalah kertas kado. Siapa yang menyangka bahwa kertas kado bisa digunakan sebagai bahan untuk membuat case HP custom. Bagaimana cara membuatnya? Sebelum Anda mengetahuinya, ada baiknya Anda menyiapkan beberapa bahan, seperti case HP bening (baru atau bekas), gunting, pensil, dan lem.

Semua bahan sudah siap? Kalau begitu, ikuti cara-cara di bawah.

  1. Siapkan kertas kado dengan motif yang sesuai dengan selera dan preferensi Hapeholic
  2. Letakkan kertas kado tersebut di atas meja
  3. Kemudian, letakkan smartphone Anda di atas kertas kado tadi
  4. Setelah itu, gambar pola dari bodi smartphone Anda menggunakan pensil
  5. Selanjutnya, potong pola yang sudah Anda gambar menggunakan gunting
  6. Jika sudah, lubangi kertas kado yang sudah Anda potong mengikuti bentuk model kamera di HP 
  7. Semisal sudah, oleskan lem pada casing HP kemudian masukkan kertas kado yang sudah jadi ke dalam casing HP Anda
  8. Tunggu hingga kering
  9. Jika sudah kering, maka masukkan HP Anda ke case HP yang sudah Anda desain menggunakan kertas kado tadi
  10. Selesai!
Custom Case HP Pake Foto Ayang atau Foto Idola? Kenapa Enggak!
© istockphoto.com/forest_strider
2
Custom Case HP Pake Foto Ayang atau Foto Idola? Kenapa Enggak!

Printed Paper

Rekomendasi kami

Apakah Anda penasaran dengan cara membuat casing HP gambar sendiri? Well, cara tersebut bisa Anda lakukan dengan menggunakan bahan seperti kertas HVS/kertas foto/kertas folio, printer, gunting, dan case HP bening (baru atau bekas). Begini langkah-langkah bikin casing HP custom bergambar atau printed paper case.

  1. Pilih gambar yang sangat ingin Anda jadikan tampilan utama di printed paper case HP Anda.
  2. Anda bisa memilih foto diri sendiri, artis idola, karakter anime favorit, atau apapun itu. Anda juga memilih gambar hasil dari desain Anda sendiri. Usahakan untuk memilih gambar yang punya resolusi HD agar hasil cetak nanti bagus dan tajam.
  3. Sesuaikan ukuran dan dimensi gambar yang akan Anda cetak dengan ukuran casing HP bening yang sudah Anda siapkan sebelumnya.
  4. Anda bisa menyesuaikan ukuran gambar ini menggunakan penggaris.
  5. Jika sudah menemukan ukuran yang pas dan sesuai, maka segera cetak gambar yang sudah Anda pilih sebelumnya menggunakan mesin printer.
  6. Langkah selanjutnya adalah menggunting hasil print gambar tadi dan menyesuaikannya dengan ukuran case HP Anda.
  7. Semisal sudah benar, buatlah lubang pada hasil gambar yang sudah Anda print mengikuti modul kamera dari smartphone Anda
  8. Setelah itu, pasang dan masukkan hasil print gambar ke dalam case HP Anda.
  9. Selesai, itulah cara membuat casing HP bergambar sendiri yang bisa Anda lakukan di rumah. 
Banyak Pilihan Sticker. Pilih dan Tempelkan di Case HP Biar Makin Kece
© istockphoto.com/tmn-art
3
Banyak Pilihan Sticker. Pilih dan Tempelkan di Case HP Biar Makin Kece

Sticker

Rekomendasi kami

Cara buat case custom yang terakhir adalah dengan menggunakan sticker. Yup, sticker! Caranya pun sangat amat mudah karena Anda hanya perlu menyiapkan casing HP yang akan Anda tempeli stiker, entah itu yang silicon case bening, softcase dengan warna hitam, atau hardcase dengan desain yang polos.

Bahan selanjutnya yang harus Anda siapkan adalah stiker. Dalam memilih stiker, semua tergantung selera masing-masing. Anda bisa menggunakan stiker balon, glitter, kartun, anime, tulisan, tumblr chase aesthetic, dan model-model lainnya.

Namun, pastikan stiker yang akan Anda gunakan ini adalah yang tahan air alias waterproof, ya. Hal ini perlu untuk Anda perhatikan agar stiker tidak mudah rusak, mengelupas, dan tetap awet menempel di casing HP Anda.

Jika semua bahan di atas sudah siap, maka Anda tinggal menempelkan sticker-sticker tadi di bagian belakang atau back cover case HP yang sudah Anda siapkan sebelumnya. Entah Anda mau menempelkan sticker-sticker ini berdekatan atau berjauhan, tempelkan sekreatif Anda saja.

Tanya Jawab Seputar Cara Buat Case Custom

Di bawah ini adalah beberapa pertanyaan seputar cara buat case custom yang paling banyak ditanyakan oleh orang-orang. Jadi, sebelum Anda menutup artikel ini, cek dulu pertanyaan-pertanyaan di bawah.

Custom case HP itu apa?

Sesuai namanya, custom case HP merupakan sebuah casing HP yang bisa Anda customize atau desain sendiri sesuai selera Anda. Dengan custom case, Anda bisa mendesain casing HP dengan gambar foto pacar, artis idola, tulisan kanji Jepang, maupun ikon-ikon balon yang unik.

Casing hp terbuat dari bahan apa?

Jika maksud dari pertanyaan di atas adalah seputar bahan apa saja untuk membuat casing hp, maka jawabannya tergantung. Setiap casing HP itu dibuat dengan bahan yang berbeda-beda, silicon case yang terbuat dari silikon, softcase yang umumnya terbuat dari TPU, hardcase yang terbuat dari polycarbonate, maupun folio case yang terbuat dari bahan kulit.

Bagaimana cara membuat softcase HP bergambar?

Cara membuat softcase HP bergambar itu sangat mudah. Anda hanya perlu membeli beberapa sticker tahan air, setelah itu tempelkan sticker-sticker ini ke cover softcase HP Anda, dan selesai. Softcase HP Anda sudah tampil lebih unik dan keren!

Kesimpulan: Cara Buat Case Custom

Demikian panduan dari tim Hapedia seputar cara buat case custom. Bagaimanapun, menggunakan hiasan case custom pada smartphone dapat memberikannya tampilan yang unik, lucu, dan keren. Terlebih, bahan yang perlu Anda siapkan untuk bikin casing HP custom pun juga tidak banyak, hanya sebatas casing HP yang akan Anda desain, gunting, pensil, lem, dan selesai.

Sejatinya, selain bikin sendiri, Anda juga bisa mendapatkan custom case HP dengan membelinya lewat e-commerce. Ada banyak sekali nama toko yang menawarkan custom case yang bisa Anda design sendiri sesuai selera. Harga yang ditawarkan pun beragam dari yang murah sampai mahal tergantung bahan casing, baik itu plastik TPU, silikon, polikarbonat, kaca, kayu, carbon, dan lainnya.

Saat beli custom case di e-commerce, Anda cukup memilih jenis case HP, tentukan ukuran yang sesuai dengan back cover smartphone Anda, pilih gambar atau design yang ingin Anda tampilkan di case HP, dan selesai. Tunggu beberapa hari sampai pesanan custom case HP Anda sampai di depan rumah Anda. Jadi. Anda pilih desain sendiri atau beli yang sudah jadi? 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Hapedia adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Hapedia mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo