Hide Menu

Biar Gak Nyesel Belakangan, Cari Tahu 7 Cara Beli iPhone Bekas yang Aman, Gak Dapat Fake!

Panduan Lengkap Tentang Cara Beli iPhone Bekas yang Aman, Mulai dari Cek Kondisi Fisik sampai Kesehatan Baterai

Artikel Cara Beli iPhone Bekas yang Aman ini diposting diperbarui
6 Pembaca
Like
Cara Beli iPhone Bekas yang Aman 2024
© freepik.com

iPhone Bekas, Solusi Terbaik Buat Anda yang Ingin Punya iPhone dengan Harga Terjangkau

iPhone Bekas, Solusi Terbaik Buat Anda yang Ingin Punya iPhone dengan Harga Terjangkau
freepik.com

Dewasa ini, iPhone nampaknya memiliki daya tarik spesial yang membuatnya banyak dilirik oleh orang-orang di Indonesia. Saking besarnya daya tarik dari iPhone, tidak sedikit orang yang rela mengeluarkan budget untuk membeli iPhone second alias bekas pakai daripada iPhone baru.

Hal ini wajar karena harga iPhone second jauh lebih murah dibandingkan dengan iPhone baru. Artinya, membeli iPhone dengan kondisi bekas pakai menjadi solusi terbaik untuk Anda yang ingin mendapatkan ponsel buatan Apple ini dengan harga yang lebih terjangkau.

Meski begitu, sama seperti ketika Anda membeli HP Android seken, maka membeli HP iPhone second ada tips-tipsnya juga. Lalu, bagaimana cara beli iPhone bekas yang aman? Artikel ini akan memberitahukannya lewat 7 cara membeli iPhone bekas di bawah. Jadi, terus scroll ke bawah biar tahu!

Perbedaan iPhone Resmi Indonesia vs Ex-Internasional

Perbedaan iPhone Resmi Indonesia vs Ex-Internasional
freepik.com

Sebelum Anda mengetahui tips beli iPhone bekas yang aman, ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu mengenai perbedaan iPhone resmi dari distributor Indonesia dengan iPhone ex-inter atau eks-international.

Memahami perbedaan ini akan membantu Anda untuk mendapatkan iPhone bekas berkualitas dengan kondisi yang bagus. Berikut perbedaannya. 

  • Asal Peredaran Barang

Sesuai namanya, iPhone resmi Indonesia merupakan jenis ponsel iPhone yang diimpor serta diedarkan di Indonesia oleh distributor resmi. Adapun toko distributor resmi iPhone yang ada di Indonesia adalah iBox dan Digimap. Saat dijual dalam kondisi bekas, iPhone jenis ini umum disebut dengan iPhone ex-iBox atau iPhone ex-Digimap.

Sebaliknya, iPhone ex-internasional merupakan jenis ponsel iPhone yang diedarkan di Indonesia oleh pengecer ataupun pengguna dari luar negeri. Biasanya, iPhone ex-inter berasal dari negara-negara seperti Singapura, Jepang, Australia, dan Amerika Serikat.

  • Nomor Model iPhone

Perbedaan yang kedua terletak pada nomor model atau model number iPhone. Secara umum, setiap jenis perangkat iPhone memiliki kode khusus untuk menunjukkan asal wilayah ataupun negara tempat iPhone tersebut diedarkan.

Biasanya, iPhone resmi Indonesia memiliki nomor model dengan kode PA/A, ID/A, SA/A, dan FE/A di akhir. Sementara itu, iPhone ex-inter memiliki nomor model dengan kode ZP/A (berasal dari Singapura), LL/A atau LLA (berasal dari Amerika Serikat), JA (berasal Jepang), dan X/A (berasal dari Australia dan Selandia Baru).

  • Status Registrasi IMEI

Nomor IMEI atau International Mobile Equipment Identity menjadi faktor yang membedakan iPhone resmi Indonesia dengan iPhone ex-inter. Biasanya, IMEI dari rata-rata iPhone ex-inter tidak terdaftar di dalam database Kementrian Perindustrian dan Direktorat Jenderal Bea Cukai. Sedangkan IMEI dari iPhone resmi Indonesia sudah pasti terdaftar.

Nah, perangkat telekomunikasi seperti iPhone jika nomor IMEI tidak terdaftar ke dalam database pemerintah, maka perangkat tersebut rentan terkena blokir. Kalau sudah terblokir, otomotis iPhone Anda tidak akan bisa mengakses sinyal jaringan seluler dari semua kartu operator di Indonesia seperti Telkomsel, IM3, XL, dan sebagainya.

  • Harga

Perbedaan terakhir antara iPhone resmi Indonesia dengan iPhone ex-internasional terletak pada harganya. Dengan kondisi yang sama, baik itu baru ataupun seken, iPhone ex-inter memiliki harga yang jauh lebih murah ketimbang iPhone resmi Indonesia. Selisih harganya bisa sekitar 1 sampai 2 juta rupiah.

A. Ulinnuha
Writer
Content Editor

Seorang pemikir yang penuh antusias, suka mengeksplorasi hal-hal baru, dan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik di setiap langkah kehidupannya. Sejak masuk di bangku kuliah, Adhit mulai tertarik dengan dunia kepenulisan. Ia kemudian banyak menghabiskan waktunya untuk menulis puisi, cerita-cerita sarat makna, dan beragam artikel dengan berbagai macam topik.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Hapedia. Meski Hapedia terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Hapedia. Silakan baca kebijakan editorial Hapedia untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

7 Cara Beli iPhone Bekas yang Aman - Terbaru 2024

Gimana? Sudah tahu perbedaan antara iPhone resmi Indonesia dan iPhone ex-inter? Melihat perbedaan antar keduanya, tim Hapedia sangat merekomendasikan Anda untuk membeli iPhone second yang berasal dari distributor resmi Indonesia. Selain lebih aman dari risiko pemblokiran IMEI, iPhone seken dari distributor resmi juga punya kualitas yang sudah terpercaya.

iPhone sendiri merupakan smartphone buatan perusahaan Apple yang memiliki citra khas karena sistem operasinya yang berbeda, kualitas kameranya yang menakjubkan, serta desainnya yang compact namun mewah (Akbar. M. F. D et al, 2016). Aspek-aspek ini juga yang membuat banyak orang tertarik memiliki ponsel ini meski dalam kondisi second-hand alias bekas.

Apakah Anda salah satunya? Jika memang Anda tertarik untuk meminang iPhone bekas, di bawah ini adalah 7 tips beli iPhone bekas yang bisa Anda lakukan. Silakan cek!

1
Pilih Seri iPhone yang Masih Recommended

Jangan Pilih iPhone Series 6 ke Bawah, Pilihlah IPhone dengan Series 7 ke Atas

Pilih Seri iPhone yang Masih Recommended

2
Riset Harga iPhone Second

Biar Gak Nyesel Belakangan, Riset Harga Biar Dapat iPhone dengan Harga Terbaik

Riset Harga iPhone Second

3
Cek Kondisi Fisik

Cek Sinyal, Tombol Home, Tombol Volume, Speaker, dan Charger

Cek Kondisi Fisik

4
Periksa Nomor Seri IMEI

Biar Tahu Keaslian iPhone, Cek Nomor Seri IMEI

Periksa Nomor Seri IMEI

5
Periksa Apple ID dan Kinerja iPhone

Pastikan Apple ID Sudah Kosong dan Jangan Lupa Cek Kinerja iPhone

Periksa Apple ID dan Kinerja iPhone

6
Cek Kesehatan Baterai atau Battery Health

Jangan Pilih iPhone dengan Status Kesehatan Baterai "Service"

Cek Kesehatan Baterai atau Battery Health

7
Tanyakan Riwayat Perbaikan dan Garansi

Biar Tahu Kondisi iPhone, Tanyakan Riwayat Perawatan dan Kebijakan Garansi

Tanyakan Riwayat Perbaikan dan Garansi

Anda bisa percaya Hapedia. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Hapedia meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Jangan Pilih iPhone Series 6 ke Bawah, Pilihlah IPhone dengan Series 7 ke Atas
© freepik.com
1
Jangan Pilih iPhone Series 6 ke Bawah, Pilihlah IPhone dengan Series 7 ke Atas
Rekomendasi kami

Cara beli iPhone second yang pertama adalah dengan memilih seri iPhone yang masih recommended untuk pemakaian 2 sampai 3 tahun ke depan. Pada tips pertama ini, tim Hapedia sangat merekomendasikan Anda untuk memilih dan membeli iPhone dengan seri 7 ke atas.

Jadi, Anda tidak disarankan untuk membeli iPhone dari series 6, 6s, 6s Plus, 5, atau bahkan series 4. Kenapa? Karena iPhone dengan seri-seri tersebut memiliki spesifikasi yang sudah jadul jika dibandingkan dengan seri iPhone lainnya yang kini sudah sampai seri 15.

Biar Gak Nyesel Belakangan, Riset Harga Biar Dapat iPhone dengan Harga Terbaik
© freepik.com
2
Biar Gak Nyesel Belakangan, Riset Harga Biar Dapat iPhone dengan Harga Terbaik

Riset Harga iPhone Second

Ah, harusnya aku beli iPhone dari toko ini, harganya lebih murah. Anda tentu tidak ingin menggerutu seperti ini setelah membeli iPhone seken dengan harga yang lebih mahal dari harga pasaran, ‘kan? Oleh karena itu, cara beli HP iPhone bekas yang kedua adalah melakukan riset harga.

Mulailah dengan membandingkan harga iPhone dalam kondisi seken dengan harga barunya. Periksa juga harga jual iPhone seken yang ada di pasaran. Setelah itu, tentukan berapa kira-kira harga yang pantas untuk iPhone seken yang akan Anda beli.

Oh iya, jangan tergiur dengan iPhone yang dibanderol dengan harga sangat murah, ya Hapeholic. Pasalnya, kemungkinan produk tersebut memiliki sesuatu yang tidak beres, entah karena iPhone jenis ex-inter maupun HDC (Handphone Copy Draw), battery health yang sudah rendah, dan lain-lainnya.

Cek Sinyal, Tombol Home, Tombol Volume, Speaker, dan Charger
© freepik.com
3
Cek Sinyal, Tombol Home, Tombol Volume, Speaker, dan Charger

Cek Kondisi Fisik

Rekomendasi kami

Tips selanjutnya dalam membeli iPhone bekas adalah dengan memeriksa kondisi fisik iPhone. Hal ini bisa Anda lakukan jika Anda beli iPhone lewat transaksi COD (Cash on Delivery) atau datang langsung ke toko-toko terpercaya yang menjual iPhone bekas dengan kualitas yang masih bagus.

Lalu, hal apa saja yang harus dicek saat membeli iPhone seken? Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda lakukan.

  • Masukkan kartu SIM dan cek apakah jaringan selulernya ada atau tidak.
  • Check tombol Home dan tingkat responsitivitasnya. Pastikan tombol Home masih berfungi dengan sangat baik.
  • Coba periksa tombol power dan tombol volume, lalu pastikan kedua tombol tersebut masih berfungsi.
  • Lakukan tes speaker, dengarkan apa suara yang keluar masih bagus.
  • Periksa kondisi charger iPhone dan kabel USB, apakah asli dan berfungsi dengan baik.
  • Terakhir, check bodi iPhone, pastikan bahwa bodinya masih mulus dan tidak ada lecet di bagian layar maupun bagian belakang.
Biar Tahu Keaslian iPhone, Cek Nomor Seri IMEI
© freepik.com
4
Biar Tahu Keaslian iPhone, Cek Nomor Seri IMEI

Periksa Nomor Seri IMEI

Setelah Anda mengecek kondisi fisik iPhone, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mengecek seri nomor IMEI beserta kode nomor modelnya. Pertama, cek seri nomor IMEI. Anda bisa mengecek nomor IMEI ini dengan pergi ke Settings>General>About. Pastikan nomor IMEI yang tertera sama dengan nomor IMEI yang tertulis di kotak iPhone.

Jika nomor seri IMEI sudah benar, kini Anda bisa lanjut ke cara selanjutnya, yaitu cek kode nomor model. Cara ceknya juga sama dengan cara cek nomor IMEI yang mana Anda bisa pergi ke Settings>General>About. Jika nomor model iPhone berakhiran dengan kode PA/A, ID/A. SA/A, dan FE/A, maka iPhone seken tersebut merupakan produksi Indonesia.

Sementara itu, misalkan Anda menemukan kode di akhir dari nomor model adalah LL/A, maka iPhone seken tersebut merupakan jenis iPhone ex-internasional yang berasal dari Amerika Serikat. Di bawah ini adalah beberapa kode iPhone lainnya. Cek biar tahu!

  • ZA/A: Singapura
  • ZP/A: Hongkong
  • CA/A: Kanada
  • CH/A: Cina
  • J/A: Jepang
  • MY/A: Malaysia
  • X/A: Australia dan Selandia Baru
Pastikan Apple ID Sudah Kosong dan Jangan Lupa Cek Kinerja iPhone
© freepik.com
5
Pastikan Apple ID Sudah Kosong dan Jangan Lupa Cek Kinerja iPhone

Periksa Apple ID dan Kinerja iPhone

Rekomendasi kami

Cara beli iPhone bekas yang aman selanjutnya adalah memeriksa kinerja dari iPhone. Namun, sebelum itu, Anda harus memastikan bahwa Apple ID dari pengguna sebelumnya sudah kosong. Hal ini perlu Anda lakukan agar Anda dapat mengoperasikan iPhone dengan lancar tanpa kendala.

Pasalnya, jika masih ada Apple ID yang terdaftar, maka Anda bakal kesulitan untuk mengoperasikan perangkat iPhone dengan bebas karena masih aktifnya fitur Activation Lock dan iCloud dari pengguna sebelumnya.

Misalkan Apple ID sudah kosong, maka Anda bisa segera mengecek kinerja dari iPhone second-hand yang akan Anda beli ini. Di bawah ini adalah komponen-komponen umum yang harus Anda cek.

  • Layar: Masuk ke aplikasi Notes kemudian pastikan layar iPhone benar-benar putih tanpa ada bekas noda sedikitpun. Selain itu, pastikan juga touchscreen dari iPhone seken tersebut masih responsif dan berfungsi dengan baik.
  • Kamera: Cek kamera dengan semua fungsi-fungsinya. Jepret beberapa objek dan lihatlah kualitasnya. Jangan lupa juga untuk mengecek kondisi lensa kamera, apakah ada goresan atau tidak.
  • Konektivitas: Periksa kinerja konektivitas dari iPhone second-hand. Apakah sinyal jaringan seluler, koneksi WiFi, GPS, maupun Bluetooth berfungsi dengan baik.
Jangan Pilih iPhone dengan Status Kesehatan Baterai
© freepik.com
6
Jangan Pilih iPhone dengan Status Kesehatan Baterai "Service"

Cek Kesehatan Baterai atau Battery Health

Sudah cek bodi dan kinerja dari iPhone? Kalau begitu, Anda kini bisa pergi lagi ke menu “Setting” dan pilihlah menu “Battery”. Di sana, Anda bisa mengecek kondisi baterai dari iPhone bekas. Misalkan status pada menu tersebut menunjukkan status kesehatan baterai “Service”, maka sudah dipastikan bahwa iPhone tersebut memiliki kondisi baterai yang buruk.

Dengan ini, cara memilih iPhone second yang keenam adalah memastikan bahwa battery health iPhone tidak dalam status “Service”. Selain itu, Anda juga perlu mencoba fungsi baterai iPhone dengan mengecasnya. Jika persentase daya baterai tidak bertambah ketika Anda mengecasnya, maka itu tanda bahwa baterai iPhone bekas tersebut sudah rusak.

Biar Tahu Kondisi iPhone, Tanyakan Riwayat Perawatan dan Kebijakan Garansi
© freepik.com
7
Biar Tahu Kondisi iPhone, Tanyakan Riwayat Perawatan dan Kebijakan Garansi

Tanyakan Riwayat Perbaikan dan Garansi

Rekomendasi kami

Tips beli iPhone bekas yang terakhir adalah menanyakan riwayat perawatan dan kebijakan garansi. Anda bisa memulainya dengan menanyakan riwayat perawatan kepada si penjual, apakah iPhone second-hand yang mau Anda beli pernah diperbaiki dan komponen apa saja yang diperbaiki.

Selain informasi perawatan, Anda juga bisa menanyakan informasi perihal kebijakan garansi. Informasi perihal garansi ini akan membantu Anda untuk mengetahui apakah penjual adalah pembeli pertama serta informasi status garansi yang masih berlaku atau tidak.

Tanya Jawab Seputar Cara Beli iPhone Bekas yang Aman

Anda tentunya sudah tahu tips-tips beli iPhone bekas yang aman dan bagus setelah membaca 7 tips di atas, ‘kan? Kalau begitu, demi menambah wawasan Anda seputar iPhone bekas, silakan cek pertanyaan-pertanyaan di bawah.

Apa saja yang harus diperhatikan saat membeli iPhone second?

Berikut adalah hal-hal yang harus Anda cek saat beli iPhone second.

  • Nomor IMEI
  • Kode model number iPhone
  • Tombol home dan tombol volume
  • Layar
  • Fungsi kamera
  • Kesehatan baterai

Gimana cara cek iPhone asli?

Karena banyaknya iPhone HDC alias KW, maka penting juga bagi Anda untuk mengecek keaslian iPhone. Untuk mengecek apakah iPhone yang Anda beli asli atau tidak, berikut adalah cara-caranya.

  • Cek aplikasi AppStore. Jika yang muncul adalah Google Play Store, maka iPhone tersebut adalah iPhone palsu alias HDC.
  • Periksa sistem operasi. Jika sistem operasinya tertulis Android, maka itu adalah produk iPhone palsu.
  • Cek nomor seri IMEI. Setiap iPhone asli memiliki nomor IMEI yang sudah terdaftar di Kementrian Perindustrian dan Bea Cukai. Silakan cek nomor IMEI tersebut.
  • Bandingkan harga. Umumnya, iPhone palsu atau HDC memiliki harga yang terlalu jauh dari harga iPhone asli. Jadi, jangan mudah tergiur dengan iPhone yang punya harga murah meriah, ya.

Apa bedanya iPhone iBox dan Inter?

Sesuai namanya, iPhone iBox merupakan jenis perangkat iPhone yang dijual dan didistribusikan oleh iBox. iBox sendiri merupakan toko reseller dan distributor resmi produk-produk Apple seperti iPhone, iPad, Apple Watch, dan lainnya. Sementara itu iPhone inter merupakan jenis iPhone yang berasal dari luar negeri.

iPhone asli kodenya apa?

Biasanya, iPhone asli yang baru memiliki nomor seri yang dimulai dengan huruf M.

Dimana tempat beli iPhone terbaik dan terpercaya?

Misalkan Anda ingin beli iPhone baru, berikut adalah beberapa toko yang bisa Anda masukkan ke dalam list toko iPhone terpercaya.

  • iBox
  • Digimap
  • Planet Gadget, dan
  • Erafone

Sementara jika Anda mencari toko terpercaya yang menjual iPhone second berkualitas, berikut adalah daftar tokonya.

  • BStore
  • Eka Cellular, dan
  • GoodPonsel

Kesimpulan: Cara Beli iPhone Bekas yang Aman

Demikian akhir dari artikel seputar 7 cara beli iPhone bekas yang aman. Dengan mengikuti 7 tips di atas, Anda akan lebih mudah dalam membeli iPhone second dengan kualitas yang masih bagus.

Jangan sampai tertipu karena Anda bisa jadi menyesal di kemudian hari. Praktikkan semua cara yang telah tim Hapedia jelaskan, dan belilah HP seken yang masih bagus kualitasnya. Semoga artikel ini bermanfaat!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Hapedia adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Hapedia mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo