Hide Menu

Ingin Tahu Beda Tempered Glass dengan Screen Protector? Simak 5 Perbedaannya di Sini!

Bahan, Sensitivitas, Daya Tahan, Pemasangan, dan Harga Menjadi Pembedanya. Simak Selengkapnya di Artikel Ini!

Artikel Beda Tempered Glass dengan Screen Protector ini diposting diperbarui
Pembaca
Like
Beda Tempered Glass dengan Screen Protector 2024
© freepik.com

Pengertian Tempered Glass dan Screen Protector

Pengertian Tempered Glass dan Screen Protector
freepik.com

Layar pada handphone merupakan bagian penting dan sangat vital. Layar ini gak hanya berfungsi untuk menampilkan sistem saja, tapi juga sebagai pemberi informasi dan juga navigasi. Selain itu, layar menjadi penentu sebuah informasi akan terlihat jelas atau tidak saat ditampilkan.

Ditambah lagi, layar ponsel juga sangat rentan yang artinya gampang sekali retak jika terkena benturan atau jatuh. Untuk menjaga layar ponsel tetap agar tidak pecah atau retak ketika terbentur, maka Anda bisa menggunakan pelindung layar seperti tempered glass (TG) atau screen protector agar layar tetap aman. Pelindung ini juga ada yang dibuat untuk melindungi bagian belakang HP, lho.

Apa Anda tahu beda tempered glass dengan screen protector? Kedua pelindung layar ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Namun, sebelum itu, Anda harus tahu pengertian dari tempered glass dan screen protector

Tempered glass adalah pelindung layar HP yang terbuat dari kaca yang berlapis. Pelindung layar ini dilengkapi dengan lapisan nano oleophobic yang berfungsi sebagai penangkal minyak, debu, kotoran, dan bekas sidik jari.

Sedangkan screen protector atau spy protector merupakan pelindung layar yang gak hanya memiliki fitur anti gores saja, tapi juga akan membatasi sudut pandang. Screen protector memiliki kekurangan, yaitu akan menimbulkan distorsi cahaya warna pelangi yang akan mengganggu pemandangan.

Tempered glass dan screen protector memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk melindungi layar HP. Tapi keduanya juga memiliki perbedaan. Penasaran dengan perbedaannya? Sebaiknya Anda baca artikel ini untuk mengetahui perbedaannya secara lengkap. Artikel ini juga akan merekomendasikan produk pelindung layar beserta gambarnya. Yuk, simak sekarang!

D. P. Rachmadani
Writer
Content Writer

Seseorang yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Senang mendengar cerita siapa saja, dan suka dengan kucing.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Hapedia. Meski Hapedia terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Hapedia. Silakan baca kebijakan editorial Hapedia untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Beda Tempered Glass dengan Screen Protector - Terbaru 2024

Menurut hasil penelitian Stacey Pareira et al tahun 2019, meski layar HP sudah dirancang agar tahan goresan dan pecah, tapi tetap saja layar bisa saja rusak atau retak. Untuk menjaga layar ponsel tidak retak akibat benturan atau jatuh, gunakan pelindung layar seperti screen protector dan tempered glass.

Di antara keduanya, mana yang harus Hapeholic gunakan? Gak perlu berlama-lama lagi, berikut beda tempered glass dengan screen protector yang harus Anda ketahui. Pelajari dengan baik agar Anda tahu mana yang harus menempel di gadget. Check it out!

1
Bahan

Ukuran Ketebalan Beda, Sama Tipisnya

Bahan

2
Sensitivitas

Semakin Tebal Produk, Semakin Rendah Tingkat Responnya

Sensitivitas

3
Daya Tahan

Lebih Tahan Benturan dan Goresan atau Tidak?

Daya Tahan

4
Pemasangan

Mau yang Mudah dengan Bezel atau Manual Lebih Sulit?

Pemasangan

5
Harga

Sudah dengan Kualitas dan Bentuk

Harga

Anda bisa percaya Hapedia. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Hapedia meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Ukuran Ketebalan Beda, Sama Tipisnya
© freepik.com
1
Ukuran Ketebalan Beda, Sama Tipisnya

Bahan

Rekomendasi kami

Perbedaan anti gores dan tempered glass yang pertama bisa Anda lihat dari bahannya. Tempered glass terbuat bahan kaca dengan ketebalan 0,3 sampai 0,5 mm. Tempered glass ini dibuat dengan melewati tahap pemanasan termal dan pendinginan. Proses pembuatan itulah yang membuat tempered glass jadi tahan banting walaupun ukurannya terbilang tipis.

Sementara hydrogel screen protector biasanya terbuat dari bahan plastik mika yang memiliki ukuran ketebalan berbeda jauh dengan tempered glass, yaitu 0,1 mm. Ditambah lagi, pelindung layar ini dilengkapi dengan fitur Anti Glare yang dapat mencegah goresan pada layar HP. Keduanya sama-sama memiliki ketebalan yang tipis, tapi hanya saja tempered glass lebih kuat daripada anti gores biasa.

Semakin Tebal Produk, Semakin Rendah Tingkat Responnya
© freepik.com
2
Semakin Tebal Produk, Semakin Rendah Tingkat Responnya

Sensitivitas

Rekomendasi kami

Bedanya anti gores dan tempered glass bisa Anda rasakan dari segi sensitivitas. Pelindung layar berbahan kaca ini memiliki ketebalan 0,3-0,5 mm. Ukuran ketebalan pelindung ini dapat berpengaruh terhadap tingkat responsif layar gadget. Semakin tebal ukuran pelindung, maka tingkat responnya akan berkurang.

Berbeda dengan screen guard yang memiliki ketebalan yang lebih tipis dari tempered glass. Jika anti gores ini dipasang di layar ponsel juga tidak akan terlihat kalau menggunakan anti gores. Karena ukuran anti gores sangat tipis, maka tingkat responsifnya justru jauh lebih baik dari tempered glass.

Lebih Tahan Benturan dan Goresan atau Tidak?
© freepik.com
3
Lebih Tahan Benturan dan Goresan atau Tidak?

Daya Tahan

Rekomendasi kami

Cara membedakan tempered glass vs hydro screen protector terletak pada daya tahan kedua perlindungan layar terhadap benturan dan goresan. Tempered glass memiliki daya tahan yang lebih tinggi dan mampu memberikan perlindungan pada layar terhadap benturan dan goresan.

Sedangkan hydro screen protector mampu menahan goresan dan benturan tapi tidak seperti tempered glass. Meski tempered glass lebih tebal dan keras, namun saat terkena benturan yang cukup kuat pelindung layar tersebut akan pecah dengan potongan kaca yang besar.

Tapi, kerusakan akibat benturan tersebut tidak akan merusak layar ponsel, hanya merusak pelindung kacanya saja. Sementara hidrogel lebih bersifat fleksibel. Jika terkena benturan, anti gores ini akan lebih menyerap dan bisa meminimalisir dampak secara langsung ke layar HP.

Mau yang Mudah dengan Bezel atau Manual Lebih Sulit?
© freepik.com
4
Mau yang Mudah dengan Bezel atau Manual Lebih Sulit?

Pemasangan

Rekomendasi kami

Perbedaan tempered glass dan anti gores lainnya bisa Anda lihat dari cara pemasangan. Anti gores biasanya proses pemasangannya lebih sulit dari tempered glass. Sebab, tempered glass memiliki beberapa pilihan untuk pemasangan.

Kebanyakan tempered glass sudah dilengkapi dengan bezel atau perekat lengkap. Perekat ini bertujuan mempermudah proses pemasangan. Sementara anti gores biasa tidak perlu banyak usaha. Justru Anda bisa memasang anti gores lebih mudah. 

Sudah dengan Kualitas dan Bentuk
© freepik.com
5
Sudah dengan Kualitas dan Bentuk

Harga

Rekomendasi kami

Perbedaan hydrogel screen protector vs tempered glass terakhir yaitu dari segi harga. Kedua anti gores ini memang dijual dengan harga yang sama-sama mahal, tapi terkadang hydro screen protector ini lebih mahal dari tempered glass.

Tapi, ada juga tempered glass yang lebih mahal dari anti gores hidrogel. Ini karena tempered glass memiliki bentuk yang mengikuti struktur layar ponsel termasuk yang sedikit melengkung (AMOLED).

Beberapa jenis tempered glass yaitu gorilla glass, anti spy, matte, ceramic, anti glare, anti radiasi (blue light), dan rhinoshield. Semua jenis tempered glass tersebut dijual dengan harga yang berbeda-beda. Meski dijual dengan harga yang berbeda, tapi semuanya memiliki kualitas yang terbaik.

Tanya Jawab Seputar Beda Tempered Glass dengan Screen Protector

Hapedia ingin mendapatkan informasi lebih seputar tempered glass dan screen protector? Wah, pas banget karena di section ini tim Hapedia akan memberikan informasi lain seputar pelindung layar. Daripada Anda tambah penasaran, lebih baik baca daftar pertanyaan dan jawaban di bawah ini dengan seksama!

Apakah tempered glass bisa melindungi layar HP?

Tempered glass dapat melindungi layar ponsel Anda meski terbentur. Selain itu, pelindung layar kaca ini juga akan membuat tampilan layar handphone jadi gak gampang dilihat orang lain, meski di tempat umum.

Apakah hydrogel lebih baik dari tempered glass?

Dari beberapa review menyatakan bahwa hydrogel screen protector ini lebih bagus daripada tempered glass. Hal ini karena hydrogel memiliki bahan yang elastis dan terlihat menyatu dengan layar ponsel.

Apa kelebihan dari tempered glass?

Kelebihan dari tempered glass yaitu memiliki daya tahan yang lebih baik dan mampu melindungi layar HP dari goresan dan benturan.

Tempered glass apakah mudah pecah?

Tempered glass memang terbuat dari kaca yang mungkin bisa saja pecah. Pelindung layar ini bisa saja pecah akibat benturan yang terlalu keras.

Kesimpulan: Beda Tempered Glass dengan Screen Protector

Demikianlah pembahasan tim Hapedia tentang beda tempered glass dengan screen protector. Dengan Hapedia mengetahui perbedaan kedua jenis pelindung layar ini, tim Hapedia harap Anda gak lagi bingung dalam memilih dan membeli salah satu produk tersebut.

Jadi, gimana Hapeholic? Sudah menentukan mau pakai pelindung layar yang mana? Kalau sudah, Anda bisa langsung membelinya dengan cara klik link produk dan check out. Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda dan selamat berbelanja.

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Hapedia adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Hapedia mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo