Hide Menu

Apa Beda Tempered Glass 5D 6D 9D? Inilah 6 Perbedaan yang Jarang Orang Ketahui. Yuk, Cek!

Penasaran dengan Perbedaan 5D, 6D, dan 9D? Sebaiknya Anda Baca Artikel Ini sampai Selesai biar Tahu Apa Bedanya!

Artikel Beda Tempered Glass 5D 6D 9D ini diposting diperbarui
Pembaca
Like
Beda Tempered Glass 5D 6D 9D 2024
© freepik.com

Fungsi Tempered Glass

Fungsi Tempered Glass
freepik.com

Sebelumnya, tim Hapedia sudah menjelaskan tentang perbedaan tempered glass vs screen protector dan perbedaan tempered glass asli dan palsu. Meski Anda sudah mengetahui perbedaan tersebut, tapi nyatanya di masyarakat masih banyak yang melontarkan pertanyaan lain. Pertanyaan itu seperti apa perbedaan tempered glass 5D dan 9D? 

Hapedia pasti sudah tahu dong fungsi dari tempered glass sendiri itu apa, ‘kan? Fungsinya adalah untuk melindungi layar ponsel dari benturan dan juga goresan. Mengapa layar ponsel harus mendapatkan perlindungan?

Hal ini disebabkan karena layar ponsel sangat rentan terhadap benturan dan goresan. Oleh sebab itu, menggunakan tempered glass akan membantu mencegah layar handphone pecah dan rusak akibat benturan.

Para produsen membuat tempered glass dengan berbahan dasar kaca. Tidak asal kaca, tapi kaca yang memiliki kualitas terbaiklah yang akan digunakan. Selain itu, produsen tempered glass juga memberikan lapisan nano oleophobic yang berfungsi untuk mencegah debu, bekas sidik jari, dan minyak menempel di layar HP.

TG jenis 5D, 6D, dan 9D memang terbuat dari bahan dan fungsi yang sama. Meski ada kesamaan, bukan berarti ketiga jenis tempered glass tersebut tidak memiliki perbedaan. Untuk tahu semua perbedaan dari tempered glass 5D, 6D, dan 9D, Anda harus membaca artikel ini sampai selesai.

Artikel ini gak hanya membahas perbedaan tempered glass jenis 5D, 6D, dan 9D, tapi juga merekomendasikan produk tempered glass terbaik beserta dengan gambarnya. Kalau gitu, yuk, langsung mulai membaca penjelasan beda tempered glass 5D 6D 9D!

D. P. Rachmadani
Writer
Content Writer

Seseorang yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Senang mendengar cerita siapa saja, dan suka dengan kucing.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Hapedia. Meski Hapedia terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Hapedia. Silakan baca kebijakan editorial Hapedia untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

6 Beda Tempered Glass 5D 6D 9D - Terbaru 2024

Menurut hasil penelitian oleh Melvin Wijaya pada tahun 2020 menyatakan bawah tempered glass memiliki peran penting untuk melindungi layar ponsel agar tetap aman meski terbentur atau tergores. Menggunakan tempered glass juga menjadi salah satu cara agar smartphone menjadi lebih awet.

Nah, karena Hapeholic sudah tahu peran penting dari tempered glass, kini saatnya Anda juga harus tahu 6 beda tempered glass 5D 6D 9D. Check this out!

1
Bentuk

Sekilas Keliatan Gak Ada Bedanya, tapi Coba Lihat Lebih Dekat!

Bentuk

2
Ketebalan

Ini akan Mempengaruhi Bagian Lainnya!

Ketebalan

3
Sensitivitas

Terlalu Tebal Justru Bikin Responnya Berkurang

Sensitivitas

4
Kenyamanan

Kalau Terlalu Tebal Juga Jadi Gak Nyaman, Lho!

Kenyamanan

5
Ketahanan

Tergantung dengan Ketebalan Tempered Glass

Ketahanan

6
Harga

Sesuai dengan Ketebalan dan Ketahanan Anti Gores Kaca

Harga

Anda bisa percaya Hapedia. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Hapedia meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Sekilas Keliatan Gak Ada Bedanya, tapi Coba Lihat Lebih Dekat!
© freepik.com
1
Sekilas Keliatan Gak Ada Bedanya, tapi Coba Lihat Lebih Dekat!

Bentuk

Rekomendasi kami

Mungkin jika dilihat dari tampak depan dan sekilas tempered glass 5D, 6D, dan 9D memiliki bentuk yang sama. Akan tetapi, pada nyatanya jika dilihat lebih dekat dan teliti, ketiga anti gores tersebut memiliki perbedaan dari bentuknya.

5D memiliki bentuk lengkungan normal, artinya lengkungan tersebut tidak sejelas bentuk lengkungan tempered glass 6D dan 9D. Tempered glass 6D memiliki lengkungan yang pas dan sesuai dengan lengkungan layar HP. Sedangkan 9D memiliki lengkungan yang jelas seperti layar HP AMOLED.

Ini akan Mempengaruhi Bagian Lainnya!
© freepik.com
2
Ini akan Mempengaruhi Bagian Lainnya!

Ketebalan

Rekomendasi kami

Cara membedakan tempered glass 5D, 6D, dan 9D bisa Anda lihat dari ketebalannya. Tempered glass 5D memiliki ketebalan sekitar 0,33 mm-0,40 mm, sedangkan tempered glass 6D ketebalannya sekitar 0,40 sampai 0,45 mm. Lalu, gimana dengan ketebalan anti gores 9D?

Anti gores ini memiliki tingkat ketebalan yang terbilang jauh lebih tebal jika dibandingkan dengan tempered glass 5D dan 6D, yaitu ketebalannya antara 0,45 mm sampai 0,50 mm. Dimensi ketebalan ini dapat mempengaruhi ke bagian lainnya, seperti respons dan kenyamanan penggunaan.

Terlalu Tebal Justru Bikin Responnya Berkurang
© freepik.com
3
Terlalu Tebal Justru Bikin Responnya Berkurang

Sensitivitas

Rekomendasi kami

Perbedaan pelindung layar kaca 5D, 6D, dan 9D bisa Anda ketahui dari sensitivitas dan responsif. Tingkat sensitivitas dan responsif dari anti gores 5D sangat bagus karena tingkat ketebalannya tidak terlalu tebal dan masih termasuk normal.

Namun, sensitivitas dan responsif 6D sangat kurang, sama seperti tempered glass 9D. Hal ini disebabkan karena ketebalan anti gores 9D yang Anda pasang di HP cukup tebal, sehingga responnya jadi lambat dan bisa jadi bikin HP ngelag.

Kalau Terlalu Tebal Juga Jadi Gak Nyaman, Lho!
© freepik.com
4
Kalau Terlalu Tebal Juga Jadi Gak Nyaman, Lho!

Kenyamanan

Rekomendasi kami

Selanjutnya, Anda bisa membedakan antara tempered glass 5D, 6D, dan 9D dari segi kenyamanan pengguna. Sebab, dari review sebagian orang yang pernah mencoba ketiga jenis tempered glass ini beranggapan bahwa jauh lebih nyaman menggunakan tempered glass 5D dan 6D.

Mengapa demikian? Itu karena 9D yang terlalu tebal dan respon yang kurang. Faktor kurang tersebutlah yang jadi sangat berpengaruh pada kenyamanan.

Tergantung dengan Ketebalan Tempered Glass
© freepik.com
5
Tergantung dengan Ketebalan Tempered Glass

Ketahanan

Untuk mengetahui perbedaan 5D, 6D, dan 9D lainnya bisa Anda temui pada ketahanannya terhadap benturan dan goresan. Pasalnya, tempered glass 9D memiliki tingkat ketahanan yang sangat jauh lebih baik daripada tempered glass 5D dan 6D.

Ketahanan ini berdasarkan dari ketebalan yang dimiliki oleh tempered glass. Semakin pelindung layar tersebut tebal, semakin kuat perlindungan. Sayangnya, ketebalan dari anti gores kaca 5D dan 6D ini sangat kurang, sehingga kedua jenis anti gores kaca ini cenderung lebih gampang pecah atau rusak.

Sesuai dengan Ketebalan dan Ketahanan Anti Gores Kaca
© freepik.com
6
Sesuai dengan Ketebalan dan Ketahanan Anti Gores Kaca

Harga

Perbedaan perlindungan layar dari bahan kaca jenis 5D, 6D dan 9D yang terakhir bisa Anda lihat dari segi harga. Anti gores 5D dijual dengan harga yang lebih murah daripada produk tempered glass 6D. Sedangkan, kaca tempered 9D dijual dengan harga yang terbilang mahal.

Mengapa harga setiap jenis tempered itu berbeda? Ini karena tempered glass 5D, 6D dan 9D memiliki ketebalan dan ketahanan yang disuguhkan berbeda-beda. Meski ada beberapa bagian yang berbeda,tapi kualitas yang diberikan tetap yang terbaik.

Tanya Jawab Seputar Beda Tempered Glass 5D 6D 9D

Wah, menarik ‘kan membahas beda tempered glass 5D 6D 9D? Kalau begitu, Hapeholic bisa meluangkan waktu sedikit lagi untuk membaca pertanyaan dan jawaban seputar tentang tempered glass di bawah ini. Check it out!

Apa perbedaan tempered glass 9D dan 9H?

Tempered glass 9D lebih menunjukkan ketebalan lapisan anti gores, sedangkan tempered glass 9H menunjukkan seberapa keras perlindungan layar.

Apa itu 9H di tempered glass?

Tempered glass 9H itu artinya tempered glass dengan tingkat kekerasan yang cukup keras dan mampu menahan goresan dari benda tajam apapun, kecuali benda yang berasal dari bahan alumunium.

Apa itu anti gores blue light?

Jenis tempered glass blue light atau anti sinar biru ini juga dikenal sebagai anti radiasi. Anti gores ini merupakan pelindung layar yang mampu menangkal radiasi dari handphone dan tetap menjaga kesehatan mata Anda.

Bagusan tempered glass apa anti gores?

Untuk menentukan lebih bagus tempered glass atau anti gores, Anda harus menentukannya dari daya tahan dan ketebalan kedua pelindung layar tersebut. Sebab, tempered glass memiliki ketebalan sekitar 0,3 mm sampai 0,5 mm, sedangkan anti gores hanya 0,1 mm.

Apa yang dimaksud tempered glass?

Tempered glass adalah salah satu nama aksesoris HP yang berguna untuk melindungi layar ponsel. Salah satu jenis tempered glass, yaitu anti radiasi (blue light) memiliki kelebihan yang dapat menjaga mata agar tidak terkena radiasi berlebih dari layar ponsel.

Kesimpulan: Beda Tempered Glass 5D 6D 9D

Demikianlah pembahasan tim Hapedia tentang 6 beda tempered glass 5D 6D 9D. Yuk, ingat kembali keenam perbedaannya dari bentuk, ketebalan, sensitivitas, kenyamanan, ketahanan, dan harga. Perbedaan ini berlaku untuk semua merk tempered glass seperti Nilkin, ZAGG, Rhinoshield, Ringke, Spigen, dan Whitestone Dome.

Hapeholic mau ganti tempered glass tapi takut salah beli? Jika takut salah beli tempered glass, Anda bisa membelinya lewat artikel ini dengan cara klik link produk yang sudah tim Hapedia sediakan di atas. Akhir kata, semoga artikel kali ini bermanfaat dan selamat berbelanja!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Hapedia adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Hapedia mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo