Hide Menu

Apa Beda Powerbank Xiaomi Asli dan Palsu? Inilah 6 Perbedaannya yang Harus Anda Tahu!

Supaya Gak Kena Tipu, Sebaiknya Baca 6 Cara Cek Power Bank Xiaomi Asli vs Palsu di Artikel Ini!

Artikel Beda Powerbank Xiaomi Asli dan Palsu ini diposting diperbarui
Pembaca
Like
Beda Powerbank Xiaomi Asli dan Palsu 2024
© freepik.com

Kapasitas Power Bank Xiaomi

Kapasitas Power Bank Xiaomi
freepik.com

Xiaomi merupakan salah satu perusahaan elektronik terkemuka dari Tiongkok yang berdiri pada tahun 2010. Xiaomi atau Mi ini sudah banyak mengeluarkan produk elektronik dengan kualitas yang luar biasa.

Beberapa produk dari merk Xiaomi, yaitu smartphone, Mi TV, Mi WiFi, Mi Pad, dan Mi Power Bank. Produk power bank yang dikeluarkan oleh Xiaomi ini dibalut dengan bahan aluminium. Power bank yang dikeluarkan memiliki kapasitas baterai mulai dari 5200mAh, 10400mAh, dan 16000mAh.

Perangkat pengisi daya ini sudah banyak dijual di berbagai toko online maupun offline. Namun, saat ini ada oknum nakal yang membuat produk power bank Xiaomi tiruan yang dijual dengan harga yang jauh lebih murah.

Selain itu, gak sedikit orang yang salah membeli power bank palsu hanya karena tidak tahu beda powerbank Xiaomi asli dan palsu. Padahal power bank asli dan palsu memiliki perbedaan yang cukup signifikan, lho.

Hapeholic tahu gak ciri-ciri yang membedakan antara power bank Xiaomi yang original vs fake? Kalau belum, sebaiknya Anda baca artikel ini sampai selesai untuk mengetahui perbedaannya. Yuk, mulailah membaca!

D. P. Rachmadani
Writer
Content Writer

Seseorang yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Senang mendengar cerita siapa saja, dan suka dengan kucing.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Hapedia. Meski Hapedia terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Hapedia. Silakan baca kebijakan editorial Hapedia untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

6 Beda Powerbank Xiaomi Asli dan Palsu - Terbaru 2024

Menurut hasil penelitian oleh Suri Amilia tahun 2017, ia menyatakan bahwa banyak masyarakat di Kota Langsa yang menggunakan produk Xiaomi karena pengaruh dari merek, kualitas, dan juga harganya. 

Karena banyak masyarakat yang pakai power bank dari Xiaomi, tim Hapedia akan membagikan 6 hal beda powerbank Xiaomi asli dan palsu agar Anda tidak tertipu. Penasaran? Baca selengkapnya di bawah ini. Check it out!

1
Logo

Coba Cek Logo yang Ada di Dalamnya

Logo

2
Lampu Indikator

Perhatikan Sinar Lampunya, Terlalu Mencolok atau Tidak?

Lampu Indikator

3
Port USB

Lihat Ukuran dan Warna Port USB, Pasti Anda Akan Tahu Bedanya!

Port USB

4
Cek Security Code

Cara Paling Ampuh dan Terpercaya

Cek Security Code

5
Kualitas Baterai Power Bank

Coba Bongkar Body Power Bank, Anda akan Menemukan Kode Seri Baterai

Kualitas Baterai Power Bank

6
Harga Power Bank

Perbandingan Harga Jual yang Sangat Jauh

Harga Power Bank

Anda bisa percaya Hapedia. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Hapedia meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Coba Cek Logo yang Ada di Dalamnya
© freepik.com
1
Coba Cek Logo yang Ada di Dalamnya

Logo

Rekomendasi kami

Cara cek power bank Xiaomi yang asli dan palsu dapat Anda perhatikan dari bagian logo. Logo Mi ini bisa Anda temukan pada bagian body power bank. Biasanya, logo power bank yang asli memiliki tulisan yang tampak sangat jelas dan terasa timbul saat disentuh. Selain itu, logo Mi juga bisa Anda temukan di dalam port USB.

Logo yang ada di dalam port USB inilah yang jarang sekali pemalsu tidak sadari. Sedangkan logo dari power bank yang fake hanya ada pada bagian body saja. Buruknya, logo palsu terlihat seperti sticker, buram, dan bahkan tulisan logo tersebut juga cepat banget hilangnya.

Mungkin sebagian orang akan terkecoh dengan logo yang ada di body. Tapi, tidak dengan logo yang ada di dalam port USB. Jadi, sebaiknya Anda cek port USB dan lihat ada logonya atau tidak.

Perhatikan Sinar Lampunya, Terlalu Mencolok atau Tidak?
© freepik.com
2
Perhatikan Sinar Lampunya, Terlalu Mencolok atau Tidak?

Lampu Indikator

Selanjutnya, cara untuk membedakan power bank Xiaomi fake dan original adalah dari lampu indikator. Powerbank palsu memiliki lubang indikator yang cukup besar. Sementara power bank yang ori memiliki lubang indikator yang lebih kecil daripada yang palsu.

Meski yang asli memiliki lubang lampu indikator yang kecil, tapi ketika lampu tersebut nyala maka akan terlihat bersinar. Sinar yang dikeluarkan oleh lampu indikator power bank yang asli tidak akan semencolok terangnya lampu indikator power bank palsu.

Lihat Ukuran dan Warna Port USB, Pasti Anda Akan Tahu Bedanya!
© freepik.com
3
Lihat Ukuran dan Warna Port USB, Pasti Anda Akan Tahu Bedanya!

Port USB

Rekomendasi kami

Kemudian, Anda bisa juga membedakan antara yang asli dan palsu dari port USB. Power bank Xiaomi memiliki 2 port USB, yaitu port output dan juga input. Pada bagian port USB input, produk yang asli memiliki ukuran yang lebih kecil daripada yang palsu.

Selain itu, warna port USB input yang asli dan palsu juga berbeda. Port yang asli warnanya putih, sedangkan yang palsu warnanya hitam. Gak hanya warna port USB input aja yang berbeda, tapi warna port USB output juga memiliki perbedaan, lho. Warna port USB output adalah kecoklatan. Berbeda dengan port USB output yang palsu yang memiliki warna putih.

Cara Paling Ampuh dan Terpercaya
© freepik.com
4
Cara Paling Ampuh dan Terpercaya

Cek Security Code

Untuk dapat mengetahui power bank Xiaomi yang Anda beli asli atau palsu bisa dengan cara cek security code atau kode keamanan. Kode ini biasanya bisa dilihat pada bagian box. Cara ceknya juga gampang banget, ikuti langkahnya di bawah ini.

  1. Pertama, Anda harus gosok bagian pelindung security code untuk mengetahui kode rahasia yang akan Anda cek.
  2. Selanjutnya, masuk ke laman https://www.mi.com/verify.
  3. Setelah itu, masukkan 20 digit angka acak tersebut.
  4. Kalau sudah memasukkan kode tersebut, lanjut klik “Verifikasi”.

Ini menjadi salah satu cara yang paling ampuh dan efektif untuk mengetahui keaslian power bank Xiaomi yang Anda beli. Sebab, power bank Xiaomi yang palsu tidak memiliki security code pada box atau pada bagian power bank lainnya.

Coba Bongkar Body Power Bank, Anda akan Menemukan Kode Seri Baterai
© freepik.com
5
Coba Bongkar Body Power Bank, Anda akan Menemukan Kode Seri Baterai

Kualitas Baterai Power Bank

Perbedaan power bank Xiaomi asli vs palsu terletak pada kualitas baterai. Semua para produsen power bank pasti menggunakan baterai yang kualitasnya terbaik, seperti jenis baterai Grade Cell A. Baterai ini merupakan salah satu jenis baterai yang sering digunakan oleh brand Xiaomi untuk power bank.

Jika Anda bongkar power bank Xiaomi, maka Anda akan menemukan kode seri yang tertera pada baterai tersebut. Sedangkan power bank yang palsu menggunakan baterai dengan kualitas yang kurang bagus. Itulah mengapa produk power bank fake cepat rusak.

Perbandingan Harga Jual yang Sangat Jauh
© freepik.com
6
Perbandingan Harga Jual yang Sangat Jauh

Harga Power Bank

Rekomendasi kami

Perbedaan terakhir antara power bank Xiaomi asli vs palsu bisa Anda lihat dari segi harganya. Power bank Xiaomi original biasanya dijual dengan harga yang sudah disesuaikan dengan kapasitasnya.

Power bank dengan kapasitas baterai 10000mAh dijual mulai dari harga Rp 199 ribu sampai Rp. 249 ribu, sedangkan harga produk yang punya kapasitas 20000mAh itu Rp. 289 ribuan.

Sementara harga untuk power bank yang palsu sangat jauh berbeda dengan power bank Xiaomi yang asli. Jika penasaran, Anda bisa ngecek harganya di beberapa aplikasi shopping online.

Tanya Jawab Seputar Beda Powerbank Xiaomi Asli dan Palsu

Sebelum Hapeholic menutup artikel ini, sebaiknya luangkan waktu sedikit untuk membaca pertanyaan dan jawaban seputar power bank untuk menambah wawasan Anda. Let’s go!

Powerbank yang bagus merk apa?

Salah satu yang masuk dalam daftar power bank bagus adalah brand Xiaomi.

Berapa mAh power bank Xiaomi?

Xiaomi memiliki beberapa kapasitas power bank, yaitu 5200mAh, 10000 mAh, 16000mAh, dan 20000mAh.

Berapa lama power bank 50000 mAh?

Power bank dengan kapasitas 50000mAh bisa Anda gunakan untuk mengisi daya ponsel selama 5 sampai 7 hari.

Kesimpulan: Beda Powerbank Xiaomi Asli dan Palsu

Demikianlah pembahasan dari tim Hapedia tentang beda powerbank Xiaomi asli dan palsu. Ada 6 hal yang membedakan, yaitu logo, lampu indikator, port USB, security code, kualitas baterai power bank, dan harga. Tips ini juga bisa Anda gunakan untuk membedakan power bank dari merek lain seperti Bixtro, Robot, Oppo, dan Vivan.

Apa lagi yang Hapeholic tunggu? Segera cek power bank Xiaomi yang Anda miliki asli atau palsu. Jangan lupa share artikel ini ke orang-orang yang ada di sekitar Anda. Tujuannya supaya Anda dan orang-orang tersebut tidak lagi salah membeli power bank. Sayang ‘kan kalo sampai beli power bank Xiaomi yang palsu?

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Hapedia adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Hapedia mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo