Hide Menu

Jangan Asal Beli, Perhatikan Dulu 5 Faktor Beda OPPO A dan F yang Jarang Orang Tahu!

Sebelum Membeli HP Oppo, Coba Simak 5 Perbedaan Seri A dan Seri F. Baca Penjelasan Lengkapnya di Artikel Ini, Ya!

Artikel Beda OPPO A dan F ini diposting diperbarui
2 Pembaca
Like
Beda OPPO A dan F 2024
© freepik.com

Sejarah Merek Smartphone Oppo

Sejarah Merek Smartphone Oppo
freepik.com

Saat ini, ada banyak sekali jenis smartphone yang tersebar di pasaran, terutama smartphone merk Oppo. Pasti para Hapeholic ada yang pakai HP Oppo, ‘kan? Bahkan mungkin ada juga yang sedang memakai Oppo Band di lengan. Sebegitu terkenalnya merk ini, apakah Anda tahu sejarah brand yang satu ini? 

Oppo merupakan salah satu perusahaan elektronik dan alat komunikasi seluler yang memiliki kantor pusat di Dongguan, Guangdong, Tiongkok. Merek Oppo pertama kali berdiri pada tahun 2004. Sejak saat itu, smartphone Oppo semakin berkembang dan maju sehingga produknya bisa tersebar ke seluruh bagian negara di dunia.

Brand ini menjadi merek smartphone teratas pada tahun 2019 di Tiongkok dengan menduduki posisi nomor 5 di seluruh dunia. Awalnya, Oppo membuat dan menjual amplifier, blu-ray player, dan headphone. Pada tahun 2008, brand ini mulai merambah ke smartphone dan produk HP pertamanya diberi nama A103.

Tak lama setelah itu, produk tipe-tipe Oppo lainnya pun menyusul dengan spek yang semakin berkembang. Produk smartphone dari Oppo yang berhasil mencuri perhatian masyarakat yaitu Oppo Seri A dan Oppo Seri F.

Kendati datang dari satu merk yang sama, kedua seri ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Lalu, apa Anda tahu beda Oppo A dan F apa aja? Pasti belum tahu, ya? Kalau mau tahu perbedaannya, baca artikel ini sampai selesai, ya!

D. P. Rachmadani
Writer
Content Writer

Seseorang yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Senang mendengar cerita siapa saja, dan suka dengan kucing.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Hapedia. Meski Hapedia terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Hapedia. Silakan baca kebijakan editorial Hapedia untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Beda OPPO A dan F - Terbaru 2024

Menurut hasil penelitian oleh Avi Lenita Capriati dan Handojo Djoko W pada tahun 2021, ternyata ada banyak masyarakat yang ingin membeli produk smartphone Oppo karena pengaruh dari harga dan kualitas dari smartphone tersebut.

Memang, ponsel dari merk ini fiturnya banyak dan bisa Anda miliki dengan mudah karena harganya terjangkau. Tapi, Hapeholic nggak boleh asal pilih HP. Pelajari dulu fitur yang ditawarkan. Daripada buang-buang waktu, mending segera simak penjelasan lebih lengkap tentang beda Oppo A dan F di bawah. Let’s scroll down!

1
Kamera HP

Memiliki Keunggulan Masing-Masing tapi Hasilnya Tetap Sama Bagusnya

Kamera HP

2
Design HP

Keduanya Tetap Menjadi Smartophone Incaran Banyak Orang

Design HP

3
Layar HP

Sama-Sama Memiliki Kontras yang Tajam

Layar HP

4
Kapasitas Baterai

Meski Kapasitasnya Berbeda, Kedua Baterai dari HP Ini Tetap Layak

Kapasitas Baterai

5
Harga HP

Ditawarkan dengan Harga yang Sesuai Dengan Spek

Harga HP

Anda bisa percaya Hapedia. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Hapedia meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Memiliki Keunggulan Masing-Masing tapi Hasilnya Tetap Sama Bagusnya
© freepik.com
1
Memiliki Keunggulan Masing-Masing tapi Hasilnya Tetap Sama Bagusnya

Kamera HP

Rekomendasi kami

Perbedaan antara Oppo seri A dan F yang pertama terletak pada kamera. Handphone Oppo seri F memiliki kamera yang unggul dan lebih canggih dengan resolusi tinggi. Ada fitur OIS dan night mode yang menjadi alasan untuk Anda eksplor lebih jauh. Fasilitas ini yang membuat Anda secara tidak langsung mendapatkan pengalaman lebih dalam dunia fotografi.

Sementara itu, Oppo varian A juga gak kalah saing pada fitur kamera. Rata-rata kamera belakang seri A memiliki ukuran 8 MP dan kamera wide 48 MP. Meski begitu, Oppo A Series atau F Series sama-sama memiliki keunggulannya masih-masing pada fitur kamera sehingga dapat menghasilkan foto yang bagus dan epik.

Keduanya Tetap Menjadi Smartophone Incaran Banyak Orang
© freepik,com
2
Keduanya Tetap Menjadi Smartophone Incaran Banyak Orang

Design HP

Rekomendasi kami

Selanjutnya, Anda bisa mengetahui perbedaan antara Oppo A Series vs Oppo F Series dari desainnya. Oppo F Series memiliki design premium dengan sentuhan modern. Sedangkan Oppo A Series memiliki design yang menarik meskipun sangat sederhana.

Walaupun keduanya memiliki design yang jauh berbeda, tapi keduanya memiliki kesan dan look masing-masing. Bahkan, masih banyak orang baik anak-anak maupun dewasa yang tertarik untuk memiliki HP Oppo dari Seri A dan F. 

Sama-Sama Memiliki Kontras yang Tajam
© freepik.com
3
Sama-Sama Memiliki Kontras yang Tajam

Layar HP

Rekomendasi kami

Jika Anda mencari perbandingan antara Oppo Seri A dan Seri F, maka Anda bisa lihat dari layar HP. Layar smartphone seri F memiliki ukuran yang besar, tajam, dan menggunakan teknologi canggih seperti AMOLED yang membuatnya menjadi lebih menarik.

Di sisi lain, Oppo Seri A memiliki layar yang menggunakan teknologi IPS LCD. Meski Oppo Seri A masih menggunakan IPS LCD, tapi kontras yang ditawarkan sama tajam dengan Oppo Seri F.

Meski Kapasitasnya Berbeda, Kedua Baterai dari HP Ini Tetap Layak
© freepik.com
4
Meski Kapasitasnya Berbeda, Kedua Baterai dari HP Ini Tetap Layak

Kapasitas Baterai

Rekomendasi kami

Jika Anda ingin compare spesifikasi antara Oppo Seri A dengan Oppo Seri F bisa dari kapasitas baterai. HP Oppo Seri A memiliki kapasitas baterai yang bermacam-macam dari 2900 mAh, 3000 mAh, 4000 mAh, dan 5000 mAh. Salah satu tipe HP Oppo Seri A dengan kapasaitas baterai 5000mAh yaitu HP Oppo A5.

Sedangkan model HP Oppo Seri F memiliki kapasitas baterai satu tingkat di bawah Seri A, jumlahnya mentok di 4025 mAh. Adapun beberapa model HP Oppo F Series dengan kapasitas baterai 2500 mAh yaitu Oppo F1, kapasitas 3500 mAh yaitu Oppo F9, dan kapasitas baterai 4000 mAh dimiliki oleh Oppo F11.

Walaupun keduanya memiliki kapasitas baterai yang berbeda, tapi keduanya menyediakan baterai yang layak dan bisa digunakan sehari-hari. Jadi, Anda tinggal memilih salah satu yang cukup untuk Hapeholic gunakan dalam melakukan aktivitas tanpa takut harus cas HP terus-menerus. 

Ditawarkan dengan Harga yang Sesuai Dengan Spek
© freepik.com
5
Ditawarkan dengan Harga yang Sesuai Dengan Spek

Harga HP

Rekomendasi kami

Perbedaan terakhir antara Oppo F Series dengan Oppo A Series yang harus Hapeholic tahu ada pada harganya. Oppo Seri A menawarkan harga yang sangat terjangkau dengan design yang sederhana dan kapasitas baterai yang cukup besar.

Sementara itu, Oppo F Series memiliki fitur dan spek premium. Jika dibandingkan dengan Oppo A Series, Oppo F dijual dengan harga yang lebih mahal. Kendati keduanya dijual dengan harga yang beda, keduanya tetap menawarkan spek dewa.

Tanya Jawab Seputar Beda OPPO A dan F

Sebelum Anda menutup artikel ini, alangkah baiknya Hapeholic tidak melewatkan section tanya jawab yang sudah tim Hapedia siapkan di bawah untuk menambah wawasan. Yuk, cek!

Apa saja jenis-jenis Oppo lama ?

Adapun jenis-jenis HP Oppo lama yaitu Oppo A31, Oppo Reno 10X Zoom, Oppo Reno, Oppo F11 Pro, Oppo A12, Oppo A54, Oppo A5 2020, Oppo A9 2020, Oppo A53, Oppo A3S, dan Oppo A7.

Apa arti Reno pada HP Oppo?

Oppo Reno launching pada Juni 2019. Reno merupakan singkatan dari Creative and Innovation. Dibuatnya nama Reno bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas setiap penggunanya.

Oppo punya seri apa saja?

Macam-macam seri HP Oppo yaitu Find X, Reno, A, K, NEO, Mirror, dan lain-lain. 

OPPO asli made in apa?

Brand Oppo berasal dari Tiongkok yang terdaftar pada tahun 2001. Merek ini berhasil menjual lebih dari 200.000 outlet ritel pada tahun 2016.

Oppo Seri A itu apa?

Oppo A Series adalah smartphone yang dikeluarkan oleh brand Oppo dengan fitur kamera utama 50 MP dan kamera depan 15 MP. Selain itu, Seri A ini memiliki kapasitas baterai 5000 mAh dan ukuran layar 6.59 inci dengan teknologi IPS LCD.

Kesimpulan: Beda OPPO A dan F

Demikianlah pembahasan seputar beda Oppo A dan F. Anda bisa membedakan macam2 Oppo Seri A dan F dengan melihatnya dari kamera HP, design HP, layar HP, kapasitas baterai, dan terakhir harga HP. Walaupun kedua seri handpohone Oppo ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan, tapi keduanya tetap dilirik oleh masyarakat di luar sana.

Apabila Hapeholic tertarik dengan produk smartphone merek Oppo di atas, Anda tinggal tentukan tipenya, langsung klik link yang sudah tim Hapedia sediakan di atas, lalu check out. Semua produk di atas berasal dari toko-toko online terpercaya dengan harga terjangkau plus kualitasnya juga terbaik. Tim Hapedia harap artikel ini bermanfaat untuk Anda yang sedang mencari HP baru. Selamat belanja!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Hapedia adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Hapedia mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo