Hide Menu

Apa Saja yang Bikin Beda Hidrogel dan Tempered Glass? Inilah 6 Bagian yang Dimaksud

Perbedaannya Mulai dari Material, Design, Fitur, Daya Tahan, Responsivitas, dan Harga. Penjelasan Lebih Lengkap, Cek di Sini!

Artikel Beda Hidrogel dan Tempered Glass ini diposting diperbarui
Pembaca
Like
Beda Hidrogel dan Tempered Glass 2024
© freepik.com

Apa yang Dimaksud Tempered Glass dan Hydrogel?

Apa yang Dimaksud Tempered Glass dan Hydrogel?
freepik.com

Handphone Anda sudah dipakaikan anti gores belum? Kalau sudah, Anda pake anti gores jenis apa, tempered glass atau hydrogel? Atau jangan-jangan Anda masih gak tahu beda hidrogel dan tempered glass?

Tempered glass atau TG adalah salah satu aksesoris yang berguna untuk melindungi layar pada perangkat elektronik seperti HP. Anti gores ini terbuat dari beberapa lapis kaca yang dipanaskan dan dilengkapi dengan lapisan nano oleophobic. Lapisan nano oleophobic ini mampu melindungi layar handphone dari segala benturan agar tetap aman dan layar asli ponsel tidak pecah.

Gimana dengan hidrogel? Anti gores hydrogel juga berfungsi untuk melindungi layar HP, lho. Hanya saja, hidrogel terbuat dari bahan poliuretana termoplastik yang bersifat elastis dan lembut. Meski memiliki sifat yang seperti itu, hidrogel ini termasuk anti gores yang kuat dan tahan akan goresan dari benda-benda tajam.

Sampai sini, Hapeholic sudah paham perbedaannya? Supaya lebih paham dan lebih jelas, gimana kalau Anda membaca kelanjutan dari perbedaan antara tempered glass dan hydrogel di bawah ini? Tenang aja, tim Hapedia sudah meringkasnya agar mudah dimengerti oleh Anda. ReadyLet’s go!

D. P. Rachmadani
Writer
Content Writer

Seseorang yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Senang mendengar cerita siapa saja, dan suka dengan kucing.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Hapedia. Meski Hapedia terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Hapedia. Silakan baca kebijakan editorial Hapedia untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

6 Beda Hidrogel dan Tempered Glass - Terbaru 2024

Menurut hasil penelitian oleh Yan Hertz Lionathan tahun 2006, ia menyatakan bahwa sebagian orang menggunakan anti gores karena ada beberapa faktor yang mempengaruhi. Beberapa faktor tersebut yaitu kualitas pelayanan, kualitas produk, dan juga harga.

Karena adanya pengaruh dari kualitas produk, artinya Hapeholic harus tahu kualitas dari jenis-jenis anti gores. Seperti yang Anda tahu, setiap jenis anti gores memiliki perbedaan termasuk hidrogel dan tempered glass. Hapeholic tahu gak beda hidrogel dan tempered glass? Gak usah asal nebak, deh. Mending Anda baca dan simak baik-baik penjelasan di bawah ini. Yuk, cek!

1
Material

Satu Kuat dan yang Satunya Fleksibel. Pilih Mana?

Material

2
Design

Tipis atau Tebal, Sama-Sama Memberikan Perlindungan Layar HP

Design

3
Fitur

Ini Bisa Menjadi Kelebihan dan Kekurangan Jenis Anti Gores, Lho!

Fitur

4
Daya Tahan

Pilih yang Tahan Bentur atau Tahan Goresan?

Daya Tahan

5
Responsivitas

Tergantung Tebal atau Tipisnya Anti Gores

Responsivitas

6
Harga

Sudah Disesuaikan dengan Kualitas Masing-Masing Anti Gores

Harga

Anda bisa percaya Hapedia. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Hapedia meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Satu Kuat dan yang Satunya Fleksibel. Pilih Mana?
© freepik.com
1
Satu Kuat dan yang Satunya Fleksibel. Pilih Mana?

Material

Rekomendasi kami

Perbedaan hidrogel dan tempered glass bisa Anda ketahui dari bahan yang dipakai untuk membuat anti gores. Seperti namanya, tempered glass ini terbuat dari bahan kaca dengan melalui proses pemanasan. Tujuannya agar anti gores kaca ini menjadi lebih kuat.

Sedangkan hydrogel screen protector terbuat dari bahan TPU atau poliuretana termoplastik. Bahan ini memiliki sifat lembut, kuat, dan elastisitasnya juga tinggi. Bahan ini juga yang akhirnya membuat anti gores ini lebih mudah dipasang dan dapat menyesuaikan dengan bentuk layar ponsel.

Tipis atau Tebal, Sama-Sama Memberikan Perlindungan Layar HP
© freepik.com
2
Tipis atau Tebal, Sama-Sama Memberikan Perlindungan Layar HP

Design

Rekomendasi kami

Perbedaan hydrogel vs tempered glass selanjutnya dari segi design. Tempered glass memiliki design kaku yang sesuai dengan fungsinya, yaitu untuk melindungi layar asli ponsel dari benturan. Sebagian tempered glass memiliki bentuk yang melengkung pada bagian ujung layar. Tujuannya agar tidak menimbulkan bias cahaya pada bagian samping HP saat dilihat.

Sementara hydrogel desainnya terlihat lebih menyatu dengan layar asli HP dan mengikuti kontur dari bentuk HP itu sendiri. Ini karena anti gores hidrogel memiliki ukuran yang sangat tipis.

Ini Bisa Menjadi Kelebihan dan Kekurangan Jenis Anti Gores, Lho!
© freepik.com
3
Ini Bisa Menjadi Kelebihan dan Kekurangan Jenis Anti Gores, Lho!

Fitur

Rekomendasi kami

Untuk membedakan antara hydrogel vs tempered glass lainnya juga bisa dari fitur. Hydrogel sudah dilengkapi dengan fitur aqua shield dan anti glare. Fitur ini berfungsi untuk menahan bekas sidik jadi akibat tertahan debu dan mencegah goresan pada layar.

Sayangnya, tempered glass gak punya fitur yang seperti itu. Artinya perbedaan pada bagian fitur ini menjadi sebuah kelebihan bagi hydrogel, tapi menjadi sebuah kekurangan bagi tempered glass.

Pilih yang Tahan Bentur atau Tahan Goresan?
© freepik.com
4
Pilih yang Tahan Bentur atau Tahan Goresan?

Daya Tahan

Selanjutnya, mari lihat perbedaan tempered glass vs hydrogel dari daya tahan. Pada bagian ketahanan ini, kedua jenis anti gores ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Seperti yang sudah diketahui bahwa tempered glass terbuat dari bahan kaca, itu berarti anti gores ini memiliki dua lapisan yang secara otomatis dapat meningkatkan perlindungan. Tempered glass ini mampu menahan benturan akibat jatuh atau tertindih sekalipun.

Sedangkan hydrogel terbuat dari bahan elastis yang dapat mengembang. Oleh sebab itu, anti gores dari hidrogel ini lebih bisa menahan terhadap goresan dari benda-benda tajam, meski dalam waktu yang cukup lama.

Tergantung Tebal atau Tipisnya Anti Gores
© freepik.com
5
Tergantung Tebal atau Tipisnya Anti Gores

Responsivitas

Perbedaan lainnya bisa Anda temui pada responsivitas dari kedua anti gores. Anti gores kaca memiliki ketebalan yang berbeda-beda, seperti 3D, 5D, 9D, dan 9H. Semakin tebal tempered glass dapat berpengaruh pada responsivitasnya.

Sedangkan anti gores hydrogel memiliki ketebalan yang jauh lebih tipis dari tempered glass, yaitu sekitar 100 nanometer. Sehingga, pengguna smartphone yang menggunakan anti gores ini terlihat seperti tidak menggunakan anti gores. Tingkat ketebalan yang sangat tipis seperti hidrogel justru dapat meningkatkan sensitivitas dan respon pada layar.

Sudah Disesuaikan dengan Kualitas Masing-Masing Anti Gores
© freepik.com
6
Sudah Disesuaikan dengan Kualitas Masing-Masing Anti Gores

Harga

Perbedaan terakhir terdapat pada harga jual anti gores. Harga yang ditawarkan oleh para penjual sudah sesuai dengan kualitas yang ada pada anti gores kaca dan hidrogel. Hydrogel screen guard biasanya dijual dengan harga yang lebih mahal daripada tempered glass.

Meski harga tempered glass terjangkau, bukan berarti gak ada tempered glass dengan harga yang mahal. Apalagi tempered glass memiliki bentuk yang mengikuti bentuk layar ponsel dengan tepian yang melengkung.

Tanya Jawab Seputar Beda Hidrogel dan Tempered Glass

Hapeholic sudah mengetahui informasi seputar beda hidrogel dan tempered glass. Untuk menambah informasi seputar tempered glass dan hidrogel, maka luangkan waktu Anda untuk membaca pertanyaan dan jawaban di bawah yang sudah tim Hapedia rangkum. Yuk, cek!

Apakah hydrogel lebih baik dari tempered glass?

Dari beberapa review ada yang menyatakan bahwa hidrogel justru dapat melindungi layar gadget dari goresan. Namun, tempered glass juga memiliki kualitas terbaik untuk melindungi layar ponsel dari benturan. Untuk menentukan lebih bagus mana, itu tergantung dari penggunanya.

Apakah hydrogel bisa retak?

Gak hanya hidrogel aja yang tahan retak, tapi tempered glass juga mampu menahan retakan akibat jatuh.

Bagusan tempered glass apa anti gores?

Jika melihat dari ketahanan terhadap minyak, debu, dan goresan, maka lebih bagus tempered glass daripada anti gores berbahan plastik.

Apakah tempered glass tahan benturan?

Benar, pada dasarnya tempered glass dikenal dengan ketahanannya terhadap benturan dan juga goresan dari benda-benda tajam.

Kesimpulan: Beda Hidrogel dan Tempered Glass

Demikianlah pembahasan tim Hapedia tentang beda hidrogel dan tempered glass. Hapeholic bisa membedakannya dengan 6 cara, yaitu melihat keduanya dari sisi material, design, fitur, daya tahan, responsivitas, dan harga yang ditawarkan.

Selain itu, perbedaan ini juga bisa Anda gunakan untuk compare jenis-jenis anti gores seperti anti spy, matte, ceramic (keramik), anti radiasi (blue light), dan rhinoshield. Perbedaan ini berlaku untuk semua merk anti gores, seperti Gorilla Glass. 

Kalau anti gores Hapeholic sudah pecah atau rusak, mending cepetan ganti dengan anti gores yang baru. Anda bisa membelinya melalui artikel ini dengan klik link produk yang sudah tim Hapedia sediakan. Akhir kata, happy shopping!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Hapedia adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Hapedia mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo