Hide Menu

Awas Tertukar, Simak 4 Cara untuk Tahu Beda Headphone dan Headset yang Jarang Orang Tahu!

Ada 4 Cara Buat Bedain Headphone vs Headset, Baca Artikel Ini untuk Tahu Lebih Lengkapnya!

Artikel Beda Headphone dan Headset ini diposting diperbarui
1 Pembaca
Like
Beda Headphone dan Headset 2024
© freepik.com

Pengertian Headphone dan Headset

Pengertian Headphone dan Headset
freepik.com

Ternyata gak hanya earphone dan AirPods aja yang jadi perbincangan masyarakat di Indonesia, tapi beda headphone dan headset juga. Sebab, kedua perangkat audio ini memiliki bentuk yang mirip. Selain itu, gak sedikit juga orang yang gak tahu pengertian dari headset dan headphone

Apa Hapeholic salah satunya? Faktanya, headset merupakan gabungan antara headphone dan microphone. Alat ini dipakai untuk berbicara dan mendengarkan suara dari komputer atau alat komunikasi lain. Biasanya, orang Indonesia suka salah dalam tulisan dan juga pengejaan dari headset jadi handset.

Sedangkan headphone adalah salah satu perangkat audio dengan dua speaker. Headphone biasanya sudah lengkap dengan kabel yang bisa mengirim dan menerima sinyal. Ini berlaku jika headphone tersebut didesain tanpa kabel.

Kebanyakan headset itu digunakan oleh para gamers atau para pekerja seperti call center. Karena dengan menggunakan model headset, proses komunikasi dua arah bisa berjalan dengan aman tanpa gangguan.

Sementara headphone lebih banyak digunakan oleh orang-orang yang senang mendengar musik dan menonton film atau video. Hal ini terjadi karena aktivitas mendengarkan musik dan nonton film tidak membutuhkan komunikasi dua arah.

Selain kegunaannya, masih ada perbedaan antara headphone dan headsetlho. Penasaran? Baca aaja artikel ini untuk tahu jawabannya. Artikel ini juga memberikan produk rekomendasi sekaligus dengan gambarnya juga. Tunggu apa lagi? Yuk, baca sekarang!

D. P. Rachmadani
Writer
Content Writer

Seseorang yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Senang mendengar cerita siapa saja, dan suka dengan kucing.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Hapedia. Meski Hapedia terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Hapedia. Silakan baca kebijakan editorial Hapedia untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

4 Beda Headphone dan Headset - Terbaru 2024

Pernyataan di atas tentang pengertian dari headphone dan headset ini juga dijelaskan dalam sebuah jurnal yang dibuat oleh Jerio Madre pada tahun 2018. Jerio menyatakan bahwa headset adalah gabungan antara mikrofon dan headphone. Sedangkan headphone adalah perangkat audio yang memiliki sepasang speaker.

Kedua perangkat ini pun bisa pairing ke komputer, laptop, dan HP. Meski ada satu kesamaan, tapi headset dan headphone ini masih memiliki perbedaan yang begitu nyata. Gak usah lama-lama, langsung aja simak penjelasannya di bawah ini!

1
Bentuk

Sekilas Mirip tapi Ada Beda pada Tangkai Mikrofon

Bentuk

2
Fungsi

Ada Beberapa Fungsi yang Sama, tapi Ada Juga Satu Fungsi yang Beda

Fungsi

3
Konektivitas

Keduanya Memiliki Konektivitas Bluetooth, Namun Salah Satunya Bisa Menggunakan Kabel

Konektivitas

4
Daya Tahan

Kalau Mau Perangkat Audio yang Awet, Mending Pake Headset!

Daya Tahan

Anda bisa percaya Hapedia. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Hapedia meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Sekilas Mirip tapi Ada Beda pada Tangkai Mikrofon
© freepik.com
1
Sekilas Mirip tapi Ada Beda pada Tangkai Mikrofon

Bentuk

Rekomendasi kami

Mungkin jika Anda lihat sekilas, headset dan headphone terlihat mirip. Namun, ternyata keduanya memiliki perbedaan, lho. Yang membuat beda headset dan headphone yaitu ada pada bentuknya.

Headset hadir dengan dengan mikrofon internal. Selain itu, headset juga didesain khusus untuk memberikan output audio dan input audio. Sedangkan headphone saat pertama kali keluar tidak memiliki mikrofon seperti headset.

Tapi, sekarang headphone versi terbaru hadir dengan built in microphone, teknologi wireless, dan juga ANC. Meski begitu, kedua perangkat audio ini memiliki bentuk speaker yang bulat dan ukuran yang sama gede atau sama besarnya. Sehingga bagian speaker dapat menutup semua telinga Anda.

Ada Beberapa Fungsi yang Sama, tapi Ada Juga Satu Fungsi yang Beda
© freepik.com
2
Ada Beberapa Fungsi yang Sama, tapi Ada Juga Satu Fungsi yang Beda

Fungsi

Rekomendasi kami

Tidak sedikit orang yang memberi tanggapan bahwa headphone dan headset itu sama. Padahal jika Anda lihat dari segi fungsinya, ada perbedaannya atau kalau bahasa Inggrisnya difference antara headphone dan headset.

Headphone hanya berfungsi untuk mendengarkan audio saja seperi musik, streaming video, dan menonton film. Sementara headset memiliki fungsi yang dapat digunakan untuk komunikasi dua arah dan juga bisa untuk mendengarkan musik, streaming video, dan menonton film.

Walaupun ada perbedaan dari segi fungsi, tapi kedua perangkat ini bisa Anda sambungkan ke laptop, komputer, ataupun smartphone. Jadi, Anda tinggal membandingkan keduanya sesuai dengan kebutuhan. 

Keduanya Memiliki Konektivitas Bluetooth, Namun Salah Satunya Bisa Menggunakan Kabel
© freepik.com
3
Keduanya Memiliki Konektivitas Bluetooth, Namun Salah Satunya Bisa Menggunakan Kabel

Konektivitas

Rekomendasi kami

Perbedaan headphone dan headset selanjutnya bisa Anda lihat dari segi konektivitasnya. Pada awalnya, headset ini hadir dengan tipe konektivitas menggunakan kabel. Tapi, sekarang sudah ada yang menggunakan nirkabel atau Bluetooth.

Jadi, headset masa kini memiliki dua jenis konektivitas, yaitu jack 3,5 mm dan Bluetooth. Kedua konektivitas tersebut adalah cara pairing yang paling mudah. Sedangkan headphone hanya memiliki satu konektivitas saja, yaitu Bluetooth. Keuntungan dari konektivitas Bluetooth ini adalah tidak akan mengganggu aktivitas Anda dan lebih mudah untuk pairing.

Kalau Mau Perangkat Audio yang Awet, Mending Pake Headset!
© freepik.com
4
Kalau Mau Perangkat Audio yang Awet, Mending Pake Headset!

Daya Tahan

Rekomendasi kami

Cara membedakan headset vs headphone juga bisa Anda dapati pada daya tahannya. Karena headset memiliki dua konektivitas, ini menjadi keuntungan untuk headset itu tersendiri. Keuntungannya yaitu jika saat headset pakai konektivitas Bluetooth baterainya habis, maka bisa beralih menggunakan kabel jack. Dengan begitu, Anda bisa mencolokkannya kapan saja sesuai keinginan.

Berbeda dengan headphone yang hanya memiliki konektivitas Bluetooth, artinya perangkat audio ini menggunakan baterai dan hanya bisa bertahan beberapa jam saja selama penggunaan. Jadi, jika baterai headphone ini habis, maka Anda harus segera charging perangkat.

Tanya Jawab Seputar Beda Headphone dan Headset

Gimana? Menarik ‘kan pembahasan artikel tentang beda headphone dan headset? Nah, untuk menambah wawasan Hapeholic seputar perbedaan kedua perangkat audio ini, luangkan sedikit waktu Anda untuk membaca daftar pertanyaan dan jawaban yang sudah tim Hapedia rangkum di bawah ini. Check it out!

Headphone gunanya untuk apa?

Fungsi dari headphone yaitu untuk mendengarkan audio atau suara secara pribadi. Selain itu, ada fungsi lain dari headphone yakni memberikan kualitas suara yang jernih dan bagus.

Seperti apa bentuk headphone?

Bentuk headphone sangat mirip dengan headset, hanya saja headphone tidak memiliki tangkai mikrofon.

Headphone apa sama dengan headset?

Jika dilihat dari segi fungsi, headphone, headset, earphone, handsfree, earpiece, backphone, TWS, dan earbuds memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk mendengarkan musik. Tapi, yang membedakan dari semua perangkat audio tersebut adalah tangkai mikrofon, karena hanya headset yang punya mikrofon.

Apakah headphone perlu dicas?

Jawabannya, iya. Sebab, headphone saat ini sudah menggunakan baterai agar bisa digunakan.

Apakah headphone menggunakan Bluetooth?

Jawabannya tergantung karena ada yang wired dan wireless. Headphone yang memiliki fitur Bluetooth adalah jenis wireless. Fitur ini juga yang memudahkan para pengguna headphone wireless untuk menyambungkan ke gawai tanpa mengganggu aktivitas karena tidak ada kabel yang tertaut.

Kesimpulan: Beda Headphone dan Headset

Demikianlah pembahasan tentang beda headphone dan headset. Tim Hapedia membagikan 4 cara untuk membedakan keduanya mulai dari bentuk, fungsi, konektivitas, dan daya tahan. Nah, Hapeholic ‘kan sudah tahu perbedaannya, kini saatnya Anda mengambil keputusan mau pakai headphone atau headset.

Pastikan produk audio yang Anda pilih sesuai dengan aktivitas dan budget Anda, ya. Setelah Hapeholic memutuskan mau pakai yang mana, Anda tinggal klik link produk yang dipilih dan lalu check out. Gampang, ‘kan?

Oh iya, jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke bestie-bestie Anda biar bisa bedain yang mana headphone dan produk mana yang headset. Terakhir, tim Hapedia harap semoga artikel ini bermanfaat dan selamat berbelanja!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Hapedia adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Hapedia mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo