Hide Menu

Hati-Hati, Inilah 5 Bahaya Powerbank Kembung yang Jarang Disadari dan Disepelekan!

Sebelum 5 Efek Berbahaya Power Bank yang Melembung Ini Anda Rasakan, Sebaiknya Baca Artikel Ini Terlebih Dahulu!

Artikel Bahaya Powerbank Kembung ini diposting diperbarui
Pembaca
Like
Bahaya Powerbank Kembung 2024
© freepik.com

Penyebab Power Bank Melembung

Penyebab Power Bank Melembung
freepik.com

Meski saat ini sudah ada power bank yang berfungsi sebagai pengisi daya portabel, tapi yang namanya barang elektronik pasti akan mengalami kerusakan yang muncul akibat penggunaan. Salah satu kerusakan tersebut yaitu power bank yang gelembung.

Tidak sedikit orang yang melontarkan pertanyaan seperti kenapa power bank kembung. Sebab, tidak banyak orang juga yang mengetahui penyebab dari power bank yang digunakan melembung.

Penyebab dari power bank yang gelembung yaitu adanya proses electrolyte decomposition. Dekomposisi elektrolit adalah proses penumpukan gas kimia yang menyebabkan baterai power bank jadi menggembung.

Anda tahu gak akibat atau efek bahaya powerbank kembung? Faktanya, masih banyak masyarakat yang masih belum tahu dampak negatif dari kondisi power bank yang melembung, lho. Padahal dampak negatif dari perangkat pengisi daya yang gelembung ini akan berimbas pada power bank itu sendiri, ponsel, dan bahkan penggunanya.

Sini, tim Hapedia akan membagikan beberapa dampak negatif yang akan Anda rasakan jika tetap menggunakan power bank kembung. Mulai penasaran ‘kan? Baca penjelasan seputar dampak negatif dari baterai melembung di bawah. Selain itu, artikel ini juga akan merekomendasikan produk dan gambarnya. Jadi, baca sekarang, yuk!

D. P. Rachmadani
Writer
Content Writer

Seseorang yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Senang mendengar cerita siapa saja, dan suka dengan kucing.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Hapedia. Meski Hapedia terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Hapedia. Silakan baca kebijakan editorial Hapedia untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Bahaya Powerbank Kembung - Terbaru 2024

Salah satu bagian penting dari power bank itu adalah baterai. Menurut hasil penelitian oleh Avril Syura Fidiana, ia menyatakan bahwa baterai merupakan perangkat yang terdiri dari sel elektrokimia yang dapat berfungsi sebagai pengisian daya pada perangkat portabel (2021).

Nah, tapi bagaimana kalau baterai dari powerbank ini justru melembung? Apakah ada efeknya? Gak perlu berlama-lama lagi, simak penjelasan lengkap dari bahaya powerbank kembung di bawah ini. Check it out!

1
Baterai HP Terkuras

Harusnya Bertambah, Bukan Malah Berkurang

Baterai HP Terkuras

2
Overheat

Kalau Seperti Ini Sudah Pasti Rusak!

Overheat

3
Timbul Bau Gosong

Bisa Bikin Komponen HP Rusak, Lho!

Timbul Bau Gosong

4
Power Bank Terbakar

Timbul Karena Sel-Sel Baterai yang Mulai Putus

Power Bank Terbakar

5
Kemungkinan Bisa Meledak

Mending Ganti dengan yang Baru biar Lebih Aman!

Kemungkinan Bisa Meledak

Anda bisa percaya Hapedia. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Hapedia meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Harusnya Bertambah, Bukan Malah Berkurang
© freepik.com
1
Harusnya Bertambah, Bukan Malah Berkurang

Baterai HP Terkuras

Rekomendasi kami

Hal pertama yang akan Anda rasakan untuk mengetahui bahaya power bank kembung yaitu baterai HP yang dicas dengan power bank akan tersedot atau habis oleh perangkat pengisi daya. Padahal seharusnya persentase baterai ponsel menambah, bukannya berkurang.

Mengapa demikian? Ini terjadi karena baterai power bank sudah dalam keadaan drop atau memang batre tersebut aus dan sudah habis masanya. Jadi, pengisian daya yang Anda lakukan tidak akan efektif. 

Kalau Seperti Ini Sudah Pasti Rusak!
© freepik.com
2
Kalau Seperti Ini Sudah Pasti Rusak!

Overheat

Rekomendasi kami

Akibat yang ditimbulkan jika Anda menggunakan baterai powerbank kembung adalah overheat. Biasanya, ini terjadi karena adanya akumulasi penggunaan daya power bank yang jauh lebih tinggi, sehingga power bank jadi panas.

Power bank yang mengalami suhu meningkat seperti ini akan memberikan dampak pada kinerjanya sehingga jadi gak optimal. Selain itu, jika Anda masih menggunakan power bank dengan suhu panas, justru suhu tersebut akan ditransfer ke HP dan membuat HP ikut panas.

Anda gak perlu memasukkannya ke dalam kulkas untuk mengatasi masalah overheating. Tapi, cara terbaiknya yaitu tidak lagi menggunakan power bank tersebut untuk charge HP Anda. Sebab, power bank yang overheat ini juga menjadi salah satu ciri dari rusaknya power bank.

Bisa Bikin Komponen HP Rusak, Lho!
© freepik.com
3
Bisa Bikin Komponen HP Rusak, Lho!

Timbul Bau Gosong

Rekomendasi kami

Dampak negatif dari power bank yang bengkak atau gembung yaitu akan muncul aroma gak enak atau gosong. Aroma ini muncul karena aliran arus pendek kabel yang membuatnya panas, bahkan terbakar dan akhirnya timbul bau gosong tersebut.

Jika Anda mencium bau gosong saat sedang ngecas handphone pakai power bank, sebaiknya segera lepas kabel casan tersebut. Sebab, jika Anda biarkan justru akan merusak komponen internal smartphone Anda.

Timbul Karena Sel-Sel Baterai yang Mulai Putus
© freepik.com
4
Timbul Karena Sel-Sel Baterai yang Mulai Putus

Power Bank Terbakar

Dampak negatif lainnya dari power bank yang gelembung yaitu power bank bisa saja terbakar karena peningkatan suhu yang cukup signifikan. Ini berawal ketika para pengguna power bank melakukan overcharging pada power bank. Artinya, pengguna telah mengecas power bank berjam-jam lamanya meski persentase daya power bank sudah penuh.

Penyebab dari power bank yang dicas secara berlebihan akan membuat sel-sel baterai power bank mulai putus atau rusak. Dengan begitu, secara perlahan kerusakan ini akan membuat kapasitas baterai menurun secara drastis dan malah meningkatkan waktu ngecas power bank.

Mending Ganti dengan yang Baru biar Lebih Aman!
© freepik.com
5
Mending Ganti dengan yang Baru biar Lebih Aman!

Kemungkinan Bisa Meledak

Efek terakhir yang paling berbahaya dari power bank yang melembung yaitu adanya kemungkinan meledak. Kemungkinan seperti ini muncul karena adanya gas kimia dari aliran sumber listrik yang menumpuk dalam baterai power bank saat sedang mengecas power bank.

Jika penumpukan gas kimia tersebut tetap dibiarkan justru akan membuat power bank tersebut meledak. Jadi, buat para pengguna sebaiknya hati-hati dan secepatnya mengganti power bank lama dengan yang terbaru.

Tanya Jawab Seputar Bahaya Powerbank Kembung

Sebelum Anda menutup artikel ini, sebaiknya Anda membaca beberapa pertanyaan tentang power bank yang sudah tim Hapedia rangkum di bawah. Silakan cek!

Power bank yang bagus merk apa?

Berikut ini beberapa merek power bank terbaik, yaitu:

  1. Robot
  2. Baseus
  3. Redmi
  4. Samsung
  5. Uneed
  6. ACMIC

Kenapa power bank panas saat digunakan?

Ini terjadi karena pengisian daya berlebih, power bank yang gak sesuai dengan ponsel, dan lingkungan yang terlalu panas.

Bagaimana cara mengecas power bank yang benar?

Berikut ini beberapa tips menarik untuk ngecas power bank, yaitu:

  1. Cas power bank dengan aliran dari stopkontak.
  2. Pastikan tempat ngecas aman dengan suhu yang sejuk.
  3. Kenali arus power bank.
  4. Hindari pengisian daya power bank dalam kondisi drop.
  5. Jika lampu indikator power bank sudah menyala semua atau penuh, segera cabut dan sudahi proses cas power bank.

Apakah powerbank merusak baterai HP?

Apabila Anda terlalu sering ngecas HP dengan power bank, maka akan timbul masalah. Salah satunya adalah persentase daya HP gak stabil, terkadang daya HP tiba-tiba penuh, tiba-tiba habis, bahkan bisa sampai mati total. Sebenarnya cas HP menggunakan power bank boleh saja, tapi secukupnya dan seperlunya saja agar tidak ada efek yang timbul.

Bolehkah cas powerbank semalaman?

Tidak disarankan untuk mengecas power bank semalaman karena bisa merusak baterai power bank atau bahkan memicu kerusakan permanen.

Kesimpulan: Bahaya Powerbank Kembung

Demikianlah pembahasan dari tim Hapedia tentang bahaya powerbank kembung. Di pembahasan kali ini ada 5 efek negatif yang timbul, yaitu baterai HP terkuras, overheat, timbul bau gosong, power bank terbakar, dan yang terakhir kemungkinan bisa meledak. Dampak seperti ini gak hanya terjadi pada power bank aja, tapi juga bisa terjadi pada smartphone dan juga laptop. Jadi, Hapeholic harus berhati-hati, ya!

Atau mungkin Hapeholic mau ganti power bank dengan kapasitas yang lebih besar dan berkualitas? Anda bisa langsung pilih salah satu produk rekomendasi di atas dan klik link. Tunggu apa lagi? Segera check out produk pilihan Anda dan pakai power bank yang baru. Jangan lupa bagikan artikel ini juga ke bestie-bestie Anda supaya tahu bahayanya power bank kembung. Terakhir, semoga bermanfaat artikelnya!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Hapedia adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Hapedia mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo