Hide Menu

Tunggu! Sebelum Menentukan Bagusan Samsung atau iPhone, Simak 6 Perbedaannya Dulu di Sini!

Sebelum Membeli HP Samsung atau iPhone, Bedakan Dulu Keduanya dengan 6 Cara. Baca Selengkapnya di Artikel Ini!

Artikel Bagusan Samsung atau iPhone ini diposting diperbarui
1 Pembaca
Like
Bagusan Samsung atau iPhone 2024
© freepik.com

Merek Smartphone yang Terkenal di Dunia

Merek Smartphone yang Terkenal di Dunia
freepik.com

Anda pasti sudah sangat familiar dengan merk smartphone Samsung dan iPhone. Iya, ‘kan? Kedua merek tersebut merupakan merek terkemuka dan paling terkenal di dunia. Selain smartphone, kedua ini juga mengeluarkan produk elektronik lain. Beberapa produk tersebut yaitu laptop, tablet, earbud, perangkat smart home, band, dan lain-lain.

Seperti yang banyak orang tau, perusahaan Samsung dan Apple meluncurkan produk smartphone yang berkualitas tinggi. Meski sama-sama memiliki kualitas terbaik, tapi keduanya memiliki perbedaan yang signifikan di beberapa bagian, lho. Inilah yang membuat banyak orang bingung untuk menilai bagusan Samsung atau iPhone.

Nah, untuk dapat menilai kedua HP tersebut, Anda harus tahu perbedaannya. Apa Anda tahu perbedaan HP Samsung dan iPhone? Untuk mengetahui perbedaan tersebut, sebaiknya Anda baca artikel ini terlebih dahulu. Yuk, simak sekarang!

D. P. Rachmadani
Writer
Content Writer

Seseorang yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Senang mendengar cerita siapa saja, dan suka dengan kucing.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Hapedia. Meski Hapedia terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Hapedia. Silakan baca kebijakan editorial Hapedia untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

6 Bagusan Samsung atau iPhone - Terbaru 2024

Menurut hasil penelitian oleh Firda Naufal Azizah pada tahun 2021, ia menyatakan bahwa keperibadian merk Apple dan Samsung memiliki peran penting untuk menunjukkan citra merek tersebut. Faktor tersebut pun mempengaruhi masyarakat untuk membeli produk dari Samsung dan Apple.

Nah, sebelum Anda memutuskan untuk membeli produk dari Samsung dan Apple, alangkah baiknya jika Anda mengetahui perbedaan antara kedua brand smartphone tersebut. Jika sudah tahu, Hapeholic jadi bisa menentukan lebih bagusan Samsung atau iPhone. Kalau penasaran, berikut penjelasannya. 

1
Design Handphone

Ciri Khas Bezel yang Berbeda

Design Handphone

2
Operating System

Kenali Kekurangan dan Kelebihan Kedua OS

Operating System

3
Baterai HP

Keduanya Memiliki Performa dan Fitur Baterai yang Baik

Baterai HP

4
Keamanan Smartphone

Bagian Penting untuk Menjaga Data Pengguna Ponsel

Keamanan Smartphone

5
Kamera Smartphone

Perbedaan yang Jelas pada Spek Kamera Belakang dan Depan

Kamera Smartphone

6
Harga Smartphone

Harga Sudah Disesuaikan dengan Kualitas Ponsel

Harga Smartphone

Anda bisa percaya Hapedia. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Hapedia meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Ciri Khas Bezel yang Berbeda
© freepik.com
1
Ciri Khas Bezel yang Berbeda

Design Handphone

Rekomendasi kami

Untuk menentukan iPhone dan Samsung bagus mana, Anda harus tahu dulu perbedaan antara Samsung vs iPhone pertama yang bisa Anda lihat dari desainnya. Design HP Samsung Galaxy S23 dan iPhone 14 hampir mirip karena keduanya memiliki ukuran layar 6.1 inch.

Namun, design Samsung S23 dan iPhone 14 sangat berbeda, bisa Anda lihat dari tampak depan bahwa Samsung S23 memiliki ciri bezel yang sangat tipis. Samsung S23 juga memiliki kamera depan yang menggunakan dot display dengan ukuran kecil yang berada tepat di atas tengah layar ponsel.

Sementara itu, iPhone 14 memiliki ciri bezel yang sedikit lebih tebal dan panel layar depan dengan ukuran kotak yang cukup besar. Jika membahas mengenai kemiripan design, gak hanya Samsung Galaxy S23 dan iPhone 14 saja yang mirip, tapi Samsung Galaxy A03 dan iPhone 11 juga mirip, lho.

Kenali Kekurangan dan Kelebihan Kedua OS
© freepik.com
2
Kenali Kekurangan dan Kelebihan Kedua OS

Operating System

Rekomendasi kami

Cara lain untuk memutuskan mending iPhone atau Samsung bisa Anda nilai dengan melihat perbedaan pada operating system (OS). Hal ini merupakan salah satu bagian penting yang harus Anda pertimbangkan.

Samsung dan Apple menggunakan operating system yang berbeda. Apple menggunakan iOS dan Samsung menggunakan Android. Sudah pasti kedua operating system ini punya kelebihan dan kekurangan. Agar lebih jelas, simak perbandingannya di bawah. 

a. Android

Kelebihan

  1. OSnya Open Source yang dikembangkan oleh pihak developer.
  2. Bisa dimodifikasi dan kustomisasi.
  3. Mudah dipahami karena OS ini bisa Anda perbaiki jika terjadi kerusakan sistem.
  4. OS ini bisa berjalan dengan banyak pilihan jenis spesifikasi hardware yang tersedia.
  5. Banyak support dari berbagai macam aplikasi.
  6. Menjadi OS tercepat dan responsif.
  7. Fleksibel, cocok untuk berbagai macam jenis alat elektronik.

Kekurangan

  1. Proses kerja sistemnya terlalu berat dan membutuhkan RAM yang cukup banyak.
  2. OS yang dimodifikasi cenderung kurang optimal dan gak stabil.
  3. Baterai handphone jadi cepat boros.
  4. Harus selalu terhubung dengan koneksi internet.
  5. OS yang digabungkan dengan spesifikasi hardware buruk, justru bikin OS jadi kurang responsif.

b. Apple

Kelebihan

  1. Support dari teknologi e-SIM.
  2. Memiliki kinerja OS yang mencapai 70% dan ini termasuk sangat cepat.
  3. Bisa restore dan backup dengan cepat dan lebih baik.
  4. Selalu dukung update terbaru.
  5. Memiliki fitur screen time.
  6. Memberikan informasi yang lebih lengkap.

Kekurangan

  1. Tidak ada pengaturan mode jaringan.
  2. Tidak support beberapa aplikasi.
  3. OS ini membuat baterai handphone jadi lebih boros.
Keduanya Memiliki Performa dan Fitur Baterai yang Baik
© freepik.com
3
Keduanya Memiliki Performa dan Fitur Baterai yang Baik

Baterai HP

Rekomendasi kami

Perbandingan selanjutnya ada pada bagian baterai smartphone. Samsung Galaxy S22 Ultra memiliki kapasitas baterai 5000 mAh dan iPhone 14 Pro Max kapasitas baterainya 4323 mAh. Di sisi lain, Samsung S22 Ultra memiliki fitur fast charging dengan daya 45 watt. iPhone 14 Pro Max juga menawarkan pengisian cepat yang membutuhkan waktu 30 menit.

Dari perbandingan ini, mungkin Anda bingung lebih bagus iPhone atau Samsung karena keduanya memiliki keunggulan baterai yang sama. Keunggulan tersebut yaitu kedua merek HP ini sudah dilengkap dengan fast charging, performa baterai yang bagus dan awet. Namun, yang membandingkan adalah kapasitas baterai Samsung lebih besar daripada iPhone. 

Bagian Penting untuk Menjaga Data Pengguna Ponsel
© freepik.com
4
Bagian Penting untuk Menjaga Data Pengguna Ponsel

Keamanan Smartphone

Rekomendasi kami

Perbandingan lainnya ada pada keamanan smartphone. Keamanan juga menjadi salah satu bagian penting untuk setiap pengguna HP Samsung dan Apple karena kedua smartphone ini memiliki aturan sendiri untuk melindungi data pengguna.

HP Samsung memiliki keamanan yang kurang jika dibandingkan dengan HP iPhone. Sebab, Android menggunakan Open Source yang mengizinkan para penggunanya untuk memasang banyak aplikasi dari sumber lain selain Google Play Store. Hal ini dapat meningkatkan resiko mengunduh apk yang berbahaya.

Seiring berkembangnya teknologi, Android pun melakukan perbaikan untuk dapat mengatasi masalah tersebut. Android mulai mengenalkan Google Play Protect untuk malware sebelum download apk.

Sementara itu, HP iPhone justru kebalikan dari Android yang menggunakan ekosistem yang cenderung tertutup. Ini membuat banyak aplikasi harus melewati proses peninjauan lebih sebelum akhirnya terunduh. Tujuan dari peninjauan tersebut yaitu untuk mengurangi resiko download apk berbahaya dan membatasi fleksibilitas platform.

Perbedaan yang Jelas pada Spek Kamera Belakang dan Depan
© freepik.com
5
Perbedaan yang Jelas pada Spek Kamera Belakang dan Depan

Kamera Smartphone

Rekomendasi kami

Kemudian, bagian lain yang harus Anda pertimbangkan yaitu camera. Samsung Galaxy Note 20 memiliki kamera dengan spesifikasi 64MP x 12MP x 12MP dan iPhone 12MP x 12MP x 12 MP. Dari sini, apa Anda sudah bisa menentukan lebih bagus Samsung atau iPhone?

Jangan langsung memutuskan karena spesifikasi tadi hanya untuk kamera belakang atau kamera utama. Anda harus mempertimbangkan juga kamera depan kedua ponsel tersebut. Samsung Galaxy Note 20 memiliki resolusi lensa kamera depan 10MP. Sementara resolusi kamera depan iPhone 12 itu  12MP.

Di sisi lain, perbedaan dari kedua smartphone yaitu iPhone memiliki kualitas fotografi dengan cahaya rendah yang superior dan Samsung justru punya fungsi zoom dengan kualitas terbaik.

Buat Anda yang suka selfie bisa pake iPhone 12. Namun, jika Anda lebih suka foto dengan tema natural dan ingin mencoba berbagai mode kamera, Anda boleh pakai Samsung Galaxy Note 20.

Harga Sudah Disesuaikan dengan Kualitas Ponsel
© freepik.com
6
Harga Sudah Disesuaikan dengan Kualitas Ponsel

Harga Smartphone

Rekomendasi kami

Terakhir, untuk memutuskan bagusan iPhone atau Samsung bisa Hapeholic bandingkan dari harganya. Bukan hal yang mengejutkan bahwa iPhone dijual dengan harga yang mahal, mulai dari Rp 3,8 jutaan sampai Rp 34 jutaan. Sedangkan Samsung menawarkan mulai dari harga Rp 1,5 jutaan sampai Rp 26 jutaan.

Nah, dari hasil perbedaan harga yang cukup jauh bisa menjadi salah satu alasan Anda memilih satu di antara keduanya dan membelinya. Memang harganya cukup mahal, namun harga HP Samsung dan iPhone ini sesuai dengan spesifikasi dan kualitas ponsel yang diberikan oleh kedua merek tersebut.

Tanya Jawab Seputar Bagusan Samsung atau iPhone

Itu tadi cara membedakan Samsung vs iPhone. Selanjutnya, mari baca juga section tanya jawab seputar Samsung dan iPhone di bawah ini. 

HP Samsung apa yang mirip iPhone?

Memang smartphone dari merek Samsung dan Apple ada yang mirip. Salah satunya yaitu Samsung Galaxy A03 dan iPhone 11. Kemiripan tersebut bisa Anda lihat dari kamera, body, dan resistensinya.

Apa sih kelebihan iPhone dibanding Android?

Kelebihan yang dimiliki iPhone adalah memiliki performa yang baik, menggunakan sistem operasi iOS, ekosistem Apple, fitur yang lebih mumpuni, dan ada sistem keamanan.

iPhone 11 mirip dengan Samsung apa?

iPhone 11 memiliki kemiripan dengan Samsung Galaxy A03.

Kesimpulan: Bagusan Samsung atau iPhone

Demikianlah pembahasan tentang cara menilai bagusan Samsung atau iPhone. Sebelum menilai, Anda harus membedakan keduanya dengan 6 cara, yaitu lihat design handphone, operating system, baterai HP, keamanan smartphone, dan harga. Hasil compare Samsung dan iPhone juga bisa Anda temui di Versus, lho.

Tim Hapedia sudah memberikan tips untuk menilai antara HP Samsung dan iPhone. Lalu, apa yang para Hapedia tunggu? Segera tentukan pilihan smartphone melalui rekomendasi di atas dengan klik link produknya. Buktikan pula kelebihan dan kekurangannya. Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Hapedia adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Hapedia mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo