Hide Menu

Yuk, Coba 7 Cara Agar Kamera Android Seperti DSLR Berikut, Hasilnya Jernih dan Bagus!

Artikel Ini Membagikan 7 Cara Setting Kamera untuk Hasil Foto dan Video yang Jernih Hanya dengan HP. Penasaran? Yuk, Cek!

Artikel Agar Kamera Android Seperti DSLR ini diposting diperbarui
2 Pembaca
Like
Agar Kamera Android Seperti DSLR 2024
© freepik.com

Para Traveler Wajib Hukumnya Mengabadikan Foto dan Video

Para Traveler Wajib Hukumnya Mengabadikan Foto dan Video
freepik.com

Para Hapeholic suka traveling dan photography? Bagi para traveler wajib hukumnya untuk memotret pemandangan yang baru saat sedang liburan. Untuk mengambil foto atau video dengan hasil yang jernih dan estetik, Anda membutuhkan kamera dengan kualitas terbaik. Contohnya, Anda bisa menggunakan kamera DSLR untuk mengambil foto dan video.

Tapi, ribet gak sih kalau harus bawa-bawa kamera DSLR setiap mau melakukan perjalanan liburan? Karena kurang praktis dan cukup fragile, sebagian orang mengakali kondisi ini agar tetap bisa mengabadikan pemandangan hanya dengan kamera HP saja.

Saat ini, teknologi sudah semakin berkembang dan sangat maju, terutama pada smartphone. Oleh sebab itu, sekarang Anda gak usah lagi repot-repot bawa kamera DSLR karena hasil foto kamera HP bisa mirip dengan kamera DSLR, lho. 

Untuk bisa bikin hasil foto dan video jernih dan estetik seperti DSLR, Anda harus setting kamera HP. Lalu, gimana cara agar kamera Android seperti DSLR? Penasaran? Kalau gitu, Hapeholic harus baca artikel ini sampai selesai. Tim Hapedia akan kasih tahu caranya! Yuk, mulai!

D. P. Rachmadani
Writer
Content Writer

Seseorang yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Senang mendengar cerita siapa saja, dan suka dengan kucing.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Hapedia. Meski Hapedia terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Hapedia. Silakan baca kebijakan editorial Hapedia untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

7 Agar Kamera Android Seperti DSLR - Terbaru 2024

Ternyata penting untuk mengabadikan setiap momen, apalagi jika bisa menghasilkan hasil foto dan video yang jernih, bagus, dan estetik. Gak usah berlama-lama, simak baik-baik beberapa cara agar kamera Android seperti DSLR di bawah ini. Check it out!

1
Gunakan Aplikasi

Silakan Pilih Salah Satu yang Terbaik!

Gunakan Aplikasi

2
Gunakan Shooting RAW

Cek Ponsel! Butuh Aplikasi Tambahan atau Tidak?

Gunakan Shooting RAW

3
Gunakan ISO

Tergantung dengan Cahaya yang Diterima

Gunakan ISO

4
Terapkan Exposure Triangle

Bisa Bikin Hasil Foto Jadi Lebih Terang, Lho!

Terapkan Exposure Triangle

5
Atur White Balance

Menentukan Ketepatan Warna Objek yang Difoto

Atur White Balance

6
Atur Shutter Speed

Dapat Mengatur Durasi Cahaya untuk Mencapai Sensor

Atur Shutter Speed

7
Pakai Aperture

Bisa Bikin Latar Belakang atau Depan Jadi Blur

Pakai Aperture

Anda bisa percaya Hapedia. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Hapedia meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Silakan Pilih Salah Satu yang Terbaik!
© freepik.com
1
Silakan Pilih Salah Satu yang Terbaik!

Gunakan Aplikasi

Kamera seperti Canon adalah salah satu kesayangan bagi para fotografer. Tapi jika tidak punya medianya, ada cara buat kamera HP seperti Canon yang efektif. Caranya harus menggunakan aplikasi pendukung yang bisa Anda download di AppStore dan Google Play Store.

Berikut beberapa aplikasi dan penjelasannya.

  • After Focus

Pertama, Anda bisa menggunakan aplikasi After Focus. Jika Anda memotret dengan aplikasi ini, jangan lupa untuk menambahkan efek blur seperti kamera DSLR. Lalu, gimana cara setting kamera HP dengan After Focus?

Anda hanya perlu menandai bagian mana yang ingin diblur dan bagian mana yang ingin Anda fokuskan. Gampang, ‘kan? App ini juga tidak membutuhkan memori yang besar, lho. Sayangnya, untuk mendapatkan fiturnya, Anda harus membayar sekitar Rp 21 ribuan.

  • Camera 360

Aplikasi Camera 360 memiliki banyak sekali filter yang bisa merubah foto selfie Anda menjadi lebih cantik dan tampan.  Dengan aplikasi ini, kulit yang berjerawat, flek hitam, bahkan kulit kusam pun bisa berubah menjadi sangat mulus. Selain itu, plikasi ini bisa Anda dapatkan secara gratis di Google Play Store dan AppStore, lho.

  • Fast Burst Camera

Ketiga, Anda bisa menggunakan apk Fast Burst Camera. Aplikasi ini bisa merekam banyak foto aksi Anda saat melompat dalam satu waktu dengan hasil yang sempurna. Namun, untuk menggunakannya, Anda harus download dan membayar sekitar Rp 55 ribuan.

  • HD Camera Ultra

Jika Anda ingin hasil jepretan memiliki kualitas seperti DSLR, maka Anda bisa menggunakan aplikasi HD Camera Ultra. Aplikasi ini bisa bikin hasil jepretan menjadi lebih sempurna, bagus, dan jernih. HD Camera Ultra juga bisa Anda download dan instal secara gratis.

  • Perfectly Clear

Jika Anda membutuhkan aplikasi yang menyediakan fitur menarik seperti memutihkan gigi, menyeimbangkan warna kulit, mencerahkan mata, mendeteksi wajah, mata hingga senyuman, maka Anda perlu download aplikasi Perfectly Clear. Untuk bisa menggunakannya, Anda harus membayar sekitar Rp 31 ribuan.

  • Camera FV-5

Atau jika Anda membutuhkan aplikasi dengan fitur intervalometer, white balance, mode metering, mode fokus, dan autofocus, download saja Camera FV-5. Sebab, aplikasi ini menyediakan fitur-fitur tersebut dan Anda harus membayar Rp 49 ribuan jika ingin menggunakannya.

  • Google Camera

Aplikasi gratis yang bisa bikin kamera Anda menghasilkan foto seperti DSLR yaitu Google Camera atau GCam. Dengan aplikasi ini, Anda bisa merangkai beberapa foto dalam satu bingkai, lho.

  • Camera MX

Pilihan terakhir, Anda bisa menggunakan Camera MX. Aplikasi ini bisa bikin hasil jepretan Anda menjadi bagus dengan menambahkan efek dan animasi di foto Anda. Selain itu, Camera MX juga bisa memotong video dan membuat video menjadi lebih menarik.

Cek Ponsel! Butuh Aplikasi Tambahan atau Tidak?
© freepik.com
2
Cek Ponsel! Butuh Aplikasi Tambahan atau Tidak?

Gunakan Shooting RAW

Rekomendasi kami

Cara setting kamera HP agar bagus dan meningkatkan kualitas foto Anda yaitu dengan menggunakan Shooting RAW. Metode ini merupakan cara mengambil gambar tanpa harus mengkompres gambar yang sudah Anda ambil.

Perhatikan cara mengatur Shooting RAW di bawah ini.

  1. Open aplikasi kamera yang ada di ponsel.
  2. Klik pengaturan kamera yang berada di sisi kiri layar.
  3. Setelah itu, ubah format .jpeg menjadi format .raw (.dng).

Namun, jika pengaturan tersebut tidak memungkinkan, maka Hapeholic membutuhkan aplikasi tambahan. Beberapa aplikasi yang mendukung Shooting RAW yaitu Kamera Pro, RAW+, Kamera Halida, ProShot, Adobe Lightroom, Kamera Pro 7, dan VSCO. Semua aplikasi tersebut bisa Anda dapatkan di Google Play Store dan AppStore.

Tergantung dengan Cahaya yang Diterima
© freepik.com
3
Tergantung dengan Cahaya yang Diterima

Gunakan ISO

Rekomendasi kami

ISO merupakan salah satu fitur kamera untuk menentukan tingkat sensitivitas sensor terhadap cahaya yang diterima. Jadi, jika cahaya yang diterima kamera rendah, maka hasil foto akan gelap. Sebaliknya, jika cahaya yang diterima tinggi, maka hasil fotonya akan terang.

Gimana cara mengatur ISO kamera HP yang benar? Pertama-tama, klik ikon ISO pada setting kamera. Kemudian, atur ISO sambil menyesuaikan cahaya yang bisa diterima kamera.

Bisa Bikin Hasil Foto Jadi Lebih Terang, Lho!
© freepik.com
4
Bisa Bikin Hasil Foto Jadi Lebih Terang, Lho!

Terapkan Exposure Triangle

Rekomendasi kami

Exposure triangle merupakan salah satu faktor penting dalam dunia fotografi. Fungsinya yaitu untuk mengatur pilihan kamera sehingga foto bisa terlihat cukup terang. Untuk menerapkan exposure triangle, Anda harus mengatur kamera smartphone secara manual.

Selain itu, exposure triangle merupakan jumlah cahaya per satuan yang dapat mencapai sensor kamera. Apabila gambar yang Anda ambil sensornya tidak terkena cahaya yang cukup dan gelap, maka disebut under-expose, dan gambar yang terlihat sangat terang disebut dengan over-expose.

Exposure triangle memiliki kesinambungan antara shutter speed, ISO, dan aperture yang berpengaruh pada kualitas foto. Bagi Hapeholic yang ingin menemukan keseimbangan tiga elemen tersebut bisa mencobanya dengan memotret landscape

Menentukan Ketepatan Warna Objek yang Difoto
© freepik.com
5
Menentukan Ketepatan Warna Objek yang Difoto

Atur White Balance

Rekomendasi kami

Cara setting kamera HP agar bagus hasil jepretannya adalah mengatur white balance. Sebab, white balance menjadi salah satu kunci utama yang harus Hapeholic perhatikan untuk mendapatkan ketepatan warna dan atmosfer yang sempurna.

Selain itu, white balance dapat menentukan suhu warna pada gambar untuk memastikan warna dari objek sesuai dengan kondisi cahaya aslinya. White balance memiliki beberapa mode, seperti:

  1. Daylight/Sunny, mode ini biasanya dipakai untuk potret gambar di luar ruangan dengan menggunakan cahaya matahari.
  2. Fluorescent, digunakan untuk pengambilan gambar di dalam ruangan dengan memanfaatkan cahaya dari lampu Neon atau TTL.
  3. Auto White Balance (AWB), mode AWB ini bekerja secara automatis untuk keseimbangan warna yang pas.
  4. Cloudy, untuk mode ini juga menggunakan cahaya dari matahari tapi tidak secara langsung supaya hasil foto terlihat lebih hangat.
  5. Tungsten, mode yang digunakan di dalam ruangan yang membutuhkan cahaya dari lampu pijar.
  6. Colour Temperature, untuk mode ini bisa disesuaikan dengan kondisi cahaya lokasi pengambilan gambar.

Hapeholic bisa memilih mode mana yang mau digunakan. Tapi, jangan lupa untuk Anda pilih mode yang sesuai dengan kondisi dan cahaya pengambilan gambar, ya!

Dapat Mengatur Durasi Cahaya untuk Mencapai Sensor
© freepik.com
6
Dapat Mengatur Durasi Cahaya untuk Mencapai Sensor

Atur Shutter Speed

Rekomendasi kami

Jika ingin kamera HP Android Anda seperti DSLR, coba atur shutter speed. Karena shutter speed merupakan salah satu pengaturan kamera yang dapat mengatur durasi jeda jendela sensor. Selain itu, shutter speed juga berfungsi untuk menentukan berapa lama waktu shutter tetap terbuka untuk mencapai sensor.

Bisa Bikin Latar Belakang atau Depan Jadi Blur
© freepik.com
7
Bisa Bikin Latar Belakang atau Depan Jadi Blur

Pakai Aperture

Rekomendasi kami

Aperture memiliki fungsi untuk mengontrol seberapa sempit atau lebar lubang diafragma pada sistem kamera HP. Diafragma merupakan suatu lubang yang harus dilewati oleh cahaya untuk mencapai sensor. Aperture yang lebih lebar bisa meningkatkan exposure yang dapat mengurangi kedalaman bidang dan bikin latar belakang atau depan menjadi blur dan terlihat estetik.

Paparan di atas sama dengan penelitian Andhika Eka Hermawan tahun 2019. Ia menyatakan bahwa aperture bisa Anda atur sempit atau lebar untuk mengendalikan ketajaman atau mengurangi kedalaman bidang objek yang Anda potret.

Tanya Jawab Seputar Agar Kamera Android Seperti DSLR

Cara agar kamera Android seperti DSLR yang sudah tim Hapedia jabarkan cukup mudah, bukan? Nah, untuk menambah pengetahuan Anda seputar kamera, sebaiknya jangan lewatkan section tanya jawab di bawah ini. Yuk, cek!

Apa itu ISO di kamera HP?

International Organization of Standardization atau ISO merupakan salah satu pengaturan kamera digital untuk mengatur kecerahan foto dengan cara meningkatkan sinyal elektronik dengan mengumpulkan banyak cahaya yang mengenai sensor gambar pada kamera.

Bagaimana cara membuat kamera HP menjadi bagus?

Cara setting kamera HP agar bagus yaitu Anda harus melindungi lensa kamera. Utamakan untuk tidak bersentuhan langsung dengan kamera, bersihkan lensa secara berkala, update software, dan jangan lupa jaga kondisi fisik smartphone Anda.

Apa itu S pada kamera HP?

Ikon S atau mode shutter priority pada kamera snartphone merupakan mode untuk mengatur shutter speed sesuai dengan keinginan Anda.

Apa itu EV pada kamera HP?

Exposure Value atau EV akan menunjukkan seberapa banyak cahaya yang diterima sensor kamera.  Semakin tinggi nilai EV maka gambar semakin terang, dan nilai EV yang rendah membuat foto terlihat gelap. Pengaturan mode EV ini tergantung dari aperture dan shutter speed.

Kesimpulan: Agar Kamera Android Seperti DSLR

Demikian akhir pembahasan tim Hapedia tentang cara agar kamera Android seperti DSLR. Ada 7 cara supaya hasil foto kamera HP seperti DSLR yaitu dengan menggunakan aplikasi tambahan, menggunakan shooting RAW, menggunakan ISO, menerapkan exposure triangle, mengatur white balanceshutter speed, dan terakhir pakai aperture.

Hapeholic bisa memilih dan mengaktifkan salah satu dari APK (aplikasi) yang tim Hapedia rekomendasikan. Gak usah buang-buang waktu, segera coba tips yang di atas supaya foto terbaru Anda terlihat jernih dan bagus. Jangan lupa bagikan juga artikel ini ke teman-teman Hapeholic, ya. Tim Hapedia harap semoga artikel ini bermanfaat, dan selamat mencoba!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Hapedia adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Hapedia mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo